Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Sosial





Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya sanggup dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, lembaga dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media umum yang paling umum dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media umum sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Klasifikasi
Media sosial teknologi mengambil banyak sekali bentuk termasuk majalah, lembaga internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein membuat sketsa pembagian terstruktur mengenai untuk banyak sekali jenis media umum dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial :
Proyek kolaborasi
Website mengizinkan usernya untuk sanggup mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. misalnya wikipedia
Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini menyerupai curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. misalnya twitter
Konten
para user dari pengguna website ini salingub meng-share konten – konten media, baik menyerupai video, ebook, gambar, dan lain – lain. misalnya youtube .
Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk sanggup terhubung dengan cara membuat informasi langsung sehingga sanggup terhubung dengan orang lain. Informasi langsung itu sanggup menyerupai foto – foto. teladan facebook
Virtual game world
Dunia virtual, di mana mengreplikasikan lingkungan 3D, di mana user sanggup muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. misalnya game online.
Virtual social world
Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama menyerupai virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, misalnya second life.
Ciri - ciri
Media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun sanggup keberbagai banyak orang misalnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang memilih waktu interaksi
Perkembangan
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut :
  • 1978 Awal dari inovasi Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk sanggup berafiliasi dengan orang lain memakai surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan memakai saluran telepon yang terhubung dengaan modem
  • 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website biar halaman website tersebut sanggup di kanal dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sesungguhnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih mengatakan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
  • 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini mengatakan penggunanya untuk sanggup membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini sanggup memuat hal perihal apapun. termasuk hal langsung ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga sanggup di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada dikala itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media umum menjadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berkhasiat untuk bersosial, LinkedIn juga berkhasiat untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace mengatakan akomodasi dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang populer hingga hingga dikala ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang mempunyai anggota terbanyak.
  • 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, alasannya ialah pengguna dari Twitter hanya sanggup mengupdate status atau yang berjulukan Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini dibutuhkan sanggup menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang berjulukan google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Pertumbuhan
Pesatnya perkembangan media umum sekarang dikarenakan semua orang menyerupai sanggup mempunyai media sendiri. Jika untuk mempunyai media tradisional menyerupai televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media umum sanggup mengakses memakai media umum dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media umum dengan bebas sanggup mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan banyak sekali model content lainnya.

No
Nama situs
Jumlah member
1
facebook
250.000.000
2
myspace
122.000.000
3
twitter
80.500.000
4
linkedin
50.000.000
5
ning
42.000.000



-Berbagi Ilmu Itu Lebih Baik-

Sumber http://fanirahmsari.blogspot.com/