Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Statemen Kondisi If Dan Switch Dalam Java

Penerapan statemen kondisi If  dan switch dalam java

Pada pertemuan ini, Anda diperkenalkan statemen kendali atau struktur kontrol yang merupakan statemen dalam java yang mengizinkan pengguna untuk menentukan proses untuk menjalankan suatu blok instruksi dan mengabaikan blok instruksi lainnya. Dalam Java terdapat dua statemen kendali yang sanggup digunakan, adalah If dan Switch. Dua jenis statemen kendali ini akan di praktekkan dalam pertemuan ini.

Tujuan

  1. Memperkenalkan struktur kendali dalam Java.
  2. Membuat aktivitas yang di dalamnya terdapat statemen kendali If ataupun Switch.
Penerapan statemen kondisi If 
  • Buat sebuah aktivitas java dengan nama praktikum2_1.java dan berikan nama class.
  • Pendeklarasian dan inisialisasi variabel yang akan digunakan 
  •  Berikan kondisi If menyerupai yang terlihat pada instruksi aktivitas berikut untuk diagnosis penyakit sederhana
  • Dalam instruksi tersebut terdapat kondisi If bersarang, yang mana di dalam kondisi If terdapat statemen If lagi. Dalam lisan kecerdikan sanggup memakai beberapa ekspresi, dengan proteksi penghubung operator kecerdikan menyerupai and (&&), or (||), not(!),dan lainnya.
  • Compile dan run file java yang tersimpan. Jika sesuai dengan instruksi aktivitas yang dicontohkan, maka akan memperlihatkan keluaran "Berikan obat turun panas".
Penerapan statemen kondisi Switch
  1. Buatlah sebuah aktivitas java dengan nama praktikum2_2.java dan berikan nama classserta penggunaan package library "java.io".
  2. Lakukan pendeklarasian dan inisialisasi dari variabel yang akan digunakan.
  3. Berikan tampilan hidangan masakan dan penyimpanan dari pesanan yang dimasukan olehpengguna, memakai instruksi berikut.
  4. dalam baris ke-16 dan ke-19 terdapat fungsi konversi ke tipe data yang dipakai (Integer dan Character), dikarenakan data masukan dari pengguna melalui keyboard akan bertipe String. Selanjutnya masukkan statemen kondisi Switch untuk mendeteksi pilihan hidangan yang diberikan oleh pengguna, dan untuk menentukan berapa biaya yang harus dibayar.

  5. dalam instruksi terlihat statemen Switch bersarang menyerupai pada statemen If pada latihan sebelumnya. Ekspresi kecerdikan dalam Switch hanya sanggup mendapatkan data dengan tipe Integer dan Character, dan lisan kecerdikan yang dipakai hanya mendapatkan kondisi persamaan sama dengan (==). Setiap kondisi yang terpenuhi diakhiri dengan break; untuk mengambarkan selesai dari statemen yang harus dijalankan. Dan terdapat kondisi default: yang akan memperlihatkan keputusan saat semua kondisi yang diberikan tidak terpenuhi. Compile dan run file java yang tersimpan.