Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengurus Surat Pindah Kuliah Bagi Mahasiswa Antar Kampus

Bagaimana cara mengurus surat pindah antar universitas atau perguruan tinggi yang baik dan benar? Kali ini blog membahas panduan dan persyaratan apa saja yang harus kau penuhi sebelum menetapkan untuk pindah alasannya sesuatu alasan.

Sebelumnya ada aneka macam alasan yang mungkin sanggup menciptakan kau harus pindah kuliah. Seperti contohnya alasan pribadi, jarak yang cukup jauh, pengakuan yang tidak terang alasan lain yang menyebabkan kau tidak ingin kuliah di institusi tersebut

Mungkin sebagian dari teman kurang memahami atau bahkan tidak mengerti, apakah mahasiswa sanggup pindah kampus atau tidak. Tentunya kau tidak sanggup melaksanakan perpindahan kampus dengan leluasa.

Karena terdapat peraturan dari pemerintah dalam hal ini undang-undang nomor 12 tahun 2012 wacana pendidikan tinggi yang mengatur perpindahan mahasiswa, yang hanya sanggup dilakukan apabila memenuhi persyaratan yaitu, kegiatan studi yang sama antar jenis pendidikan tinggi atau perguruan tinggi

Baca juga : Hapalin 20 Pertanyaan Sidang Skripsi untuk Mahasiswa Beserta Jawabannya

Adapun perguruan tinggi di sini sanggup berupa universitas negeri atau pun universitas swasta. Pada dasarnya kampus diberikan kewenangan atau otoritas sendiri untuk mengatur penetapan norma dan kebijakan operasional terkait pendidikan penelitian dan dedikasi masyarakat.

Selain itu, setiap kampus juga mempunyai kewenangan terhadap kebijakan yang menyangkut organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, dan sarana prasarana.

Cara dan Persyaratan Perpindahan Antara Kampus


Bagaimana cara mengurus surat pindah antar universitas atau perguruan tinggi yang baik dan Cara Mengurus Surat Pindah Kuliah Bagi Mahasiswa Antar Kampus

Terkait dengan proses perpindahan antar kampus, sangat besar lengan berkuasa dengan kebijakan dan hukum yang sudah ditetapkan antar kampus asal dan tujuan.

Namun, secara umum persyaratan pindah antar perguruan tinggi sanggup dijelaskan sebagai berikut :

Langkah 1

Untuk menjadi mahasiswa pindahan, maka teman harus membaca terlebih dahulu syarat yang dibentuk oleh kampus tujuan, biar nantinya sanggup diterima. Syarat ini berbeda setiap kampus, namun secara umum sanggup berlaku :

Berasal dari kampus negeri dan atau swasta yang kegiatan studi berakreditasi A
Terdaftar dan aktif paling kurang selama 4 (empat) semester di Perguruan Tinggi asal
Mempunyai nilai IPK minimal 2.75
Perpindahan mahasiswa antar kegiatan studi hanya dibolehkan satu kali
Memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan lainnya sebagai mana ditetapkan oleh Universitas dan Fakultas dan Program yang bersangkutan

Langkah 2

Mengajukan permohonan yang ditujukan kepada Rektor Universitas dengan tembusan kepada Dekan Fakultas dan Program Studi yang dituju, sehabis memperoleh izin pindah dari Perguruan Tinggi asal.
Mengajukan permohonan pindah kepada Dekan Fakultas atau Program asal dan Fakultas atau Program yang dituju
Mendapat izin pindah dari Dekan atau Ketua Program asal dan diterima oleh fakultas yang dituju;
Perpindahan kegiatan studi ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.

Langkah 3

Mendaftar pada BAAK sesuai mekanisme yang berlaku
Diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang berlaku di Universitas
Kredit mata kuliah yang dibawa mahasiswa pindahan, dievaluasi oleh fakultas atau kegiatan yang bersangkutan untuk diakui dan disahkan oleh Rektor
Membayar dukungan training pendidikan dan biaya manajemen lainnya sebagai mana layaknya mahasiswa baru

Langkah 4

Kamu juga harus ingat bahwa mahasiswa yang telah dinyatakan gagal studi (drop out) biasanya tidak sanggup diberikan surat keterangan pindah, tetapi sanggup diberikan surat keterangan pernah kuliah di Universitas oleh Rektor dan transkrip nilai yang telah diambilnya dikeluarkan oleh Dekan

Langkah 5

Permohonan harus dilampiri dengan berkas dibawah ini :

Daftar nilai orisinil yang diperoleh dari Universitas asal, dengan mencamtumkan perolehan SKS dan IPK
Surat pindah dari Universitas asal
Persetujuan orang tua/wali/instansi
Surat keterangan tidak pernah melaksanakan pelanggaran peraturan dari Universitas asal

Contoh Surat Pindah Kuliah


Berikut referensi surat keterangan pindah kuliah yang sanggup kau gunakan sebagai salah satu persyaratan untuk pindah antar kampus atau perguruan tinggi. Kamu sanggup unduh dan edit sesuai dengan kebutuhan mu.



Kamu sanggup download referensi surat keterangan pindah kuliah diatas DISINI

Hal : Permohonan Pindah Kuliah Pekanbaru, 17 Juni 2019

Kepada : Yth.Bapak Pembantu Rektor 1
Cq.Kepala BAAK UNRI
Di- Pekanbaru.

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat/Tgl.Lahir : Palembang, 25 Desember 1994
NPM/NIM : 093110483
Fakultas/ Jurusan : Teknik/ Sipil
Alamat : Jl. Soebrantas No.5 Panam - Pekanbaru

Dengan ini saya mengajukan permohonan pindah kuliah dari fakultas teknik UNRI ke salah satu perguruan tinggi di-Palembang. Sebagai materi pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

1. Poto Copy Kartu Mahasiswa
2. Poto Copy KRS/ KHS terakhir

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, dan atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.


Baca juga : Kata Motivasi Sidang Skripsi Mahasiswa Akhir sebagai Penyemangat

Setelah kau membaca uraian mengenai cara dan persyaratan perpindahan kampus di atas, Semoga kau sanggup mengurusnya dengan baik dan mempersiapkan persyaratan yang sudah ada di kampus masing-masing. Terima kasih sudah berkunjung di blog , Jangan lupa untuk share artikel ini di media umum kalian
Sumber https://www.kosngosan.com/