Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi Dan Manfaatnya

Seperti yang kita diketahui, kalau ibu hamil memang membutuhkan aneka macam nutrisi ibarat protein, kalori, mineral dan vitamin. Semua vitamin dibutuhkan dan baik untuk menjaga kesehatan ibu tetepi ada beberapa vitamin yang lebih-lebih dianjurkan daripada vitamin-vitamin lainnya, ibarat vitamin C. 

Pada awal kehamilan ibu-ibu banyak mengosumsi buah yang banyak mengandung vitamin, hal ini bisa menawarkan dampak aktual bagi ibu dan bayinya. Manfaat-manfaat penting yang terkandung dalam vitamin C untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut :

Meningkatkan fungsi paru-paru pada janin
Pada ibu hamil yang pernah mempunyai riwayat sebagai perokok, atau saat hamil pun tetap merokok, tentunya mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan alasannya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup maka sanggup membantu dalam menjaga kesehatan paru-paru janin. 

 kalau ibu hamil memang membutuhkan aneka macam nutrisi ibarat protein Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi dan Manfaatnya
Untuk ibu hamil yang merokok usahakan untuk berhenti dulu merokok minimal selama proses kehamilan biar kondisi janin tetap terjaga.

Menyerap zat besi
Vitamin C sanggup membantu ibu hamil untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk tubuh, biar tubuh ibu hamil tetap sehat, fit, dan tidak lemas.

Sebagai sumber nutrisi
Ibu hamil harus harus memenuhi nutrisi yang dianjurkan biar tidak kekurangan nutrisi selama kehamilan alasannya yaitu ibu hamil memenuhi nutrisi untuk 2 tubuh dan bukan untuk dirinya sendiri. Dalam nutrisi yang dibutuhkan terdapat kombinasi antara protein, kalori, mineral dan vitamin.

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh
Mengonsumsi banyak vitamin C sanggup membantu biar ibu tetap bugar dan sehat. Karena kalau ibu lemas akhir kekurangan vitamin C maka akan besar lengan berkuasa juga bagi janinnya.

Menjaga keselamatan janin
Vitamin C juga berkhasiat untuk menjaga keselamatan janin dengan cara melawan benjol yang bisa membahayakan keselamatan janin, membuang racun yang membahayakan ibu dan juga bayi serta membantu menjaga kekuatan plasenta.

Artikel Terkait : Tips Memilih Vitamin C Untuk Ibu Hamil 

Vitamin C sanggup kita peroleh dari buah dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung vitamin C yaitu :

1. Buah jambu biji
Kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat dibanding kandungan vitamin C pada jeruk manis. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kulit wajah berjerawat, menurunkan kolesterol serta mengobati diare.


2. Buah kiwi
Kandungan vitamin C pada buah kiwi sebanding dengan kandungan vitamin C pada jambu biji. Buah ini termasuk buah yang mengandung vitamin C sangat tinggi. Buah ini berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi, mengobati tanda-tanda impotensi, menjaga stamina tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.


3. Buah kelengkeng
Kadar vitamin C dalam buah kelengkeng menciptakan kelengkeng termasuk pada buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini berkhasiat untuk penderita insomnia. Karena buah ini menjadikan efek ketagihan, jadi vitamin C sanggup terpenuhi dengan mengonsumsi buah ini alasannya yaitu efek ketagihan tadi. Tapi jangan khawatir buah ini kondusif dikonsumsi dalam porsi banyak untuk orang dewasa.

4. Buah pepaya
Buah pepaya mengandung banyak vitamin C hingga 2 kali lipat kandungan vitamin C pada jeruk. Buah ini berkhasiat untuk mengurangi penimbunan lemak di tubuh, membantu proses pencernaan protein, dan meningkatkan kualitas sperma.

5. Paprika merah
Kandungan vitamin C dalam paprika merah bisa mencapai 4 kali lipat dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Tapi sayangnya paprika merah bukanlah buah yang sanggup dikonsumsi ibarat buah-buah yang lainnya alasannya yaitu paprika merah termasuk golongan dari bumbu dapur. Khasiat dari paprika merah yaitu sanggup mencegah katarak pada mata.

6. Brokoli
Brokoli termasuk dalam golongan sayuran. Sehingga harus dipadukan dengan bahan-bahan lain untuk mengonsumsinya. Brokoli berkhasiat untuk mencegah kanker, detoksifikasi, mencegah gangguan lambung, bisa merawat kesehatan kulit, mencegah anemia, dan mencegah penyakit jantung.

7. Kubis
Kubis yaitu sayuran yang kalau masih segar bisa untuk lalapan dan juga bisa diolah menjadi aneka jenis makanan. Kubis berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker, selain itu juga sanggup mencegah sariawan alasannya yaitu kandungan vitamin C di dalamnya.

8. Buah stroberi
Dengan mengonsumsi 8 buah stroberi setiap harinya maka kebutuhan vitamin C anda terpenuhi, sanggup dibayangkan betapa banyaknya kandungan vitamin C di dalam buah stroberi ini. Stroberi sanggup memutihkan gigi, mengatasi panas dalam, dan sebagai obat jerawat alami. Namun alasannya yaitu rasanya sangat masam, buah ini jarang dikonsumsi secara langsung.


9. Kembang kol
Kandungan vitamin C pada kembang kol hampir sama dengan kandungan vitamin C dalam kubis. Kembang kol berkhasiat untuk mencegah kanker ibarat kanker usus, kanker payudara, dan tumor. Karena banyaknya vitamin C, sayuran ini bisa melengkapi kebutuhan vitamin C anda tanpa ditambah dengan buah.

10. Buah jeruk
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk merupakan kandungan yang paling sedikit kalau dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Sayangnya buah ini sangat gampang ditemui jd orang-orang biasanya mengonsumsi buah jeruk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C nya. Buah jeruk berkhasiat untuk menjaga imunitas dan mengobati penyakit flu.

11. Buah tomat
Tomat bisa dimakan secara langsung, dijus atau juga bisa dipakai untuk materi memasak dan menciptakan sambal. Tomat mempunyai kandungan vitamin C dibawah jeruk, yang artinya tidak terlalu banyak.

12. Cabe
Cabe yaitu sayuran atau bumbu dapur yang mempunyai rasa pedas. Kaprikornus jarang orang yang mengonsumsi cabai secara langsung. Jenis cabai sangat banyak dan rata-rata mengandung vitamin C yang sangat tinggi ibarat cabai merah, cabai rawit, cabai hijau, dan lain-lain.

13. Buah apel
Kandungan vitamin C dalam buah apel hanya sedikit. Buah apel berkhasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menstabilkan imunitas tubuh serta mengurangi adanya alergi pada tubuh.


Nah, itulah manfaat dan apa-apa saja yang mengandung vitamin C. Vitamin C memang sangat baik untuk kesehatan tetapi harus pada dosis yang benar. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dan kelebihan kadar amannya, bisa mengakibatkan keguguran. 

Konsultasikan kepada dokter tiap kali anda kontrol kehamilan biar nutrisi ibu hamil terpenuhi dan tidak ada keluhan lain yang membahayakan janin.