Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Responsive Guitexture Di Unity (Guitexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Hai Sobat blogger.. Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel. Mungkin sekitar 1 bulan saya sama sekali tidak ngurus blog. Ini alasannya ialah saya sedang sangat sibuk seminar kiprah final di kampus saya, sampai-sampai hampir tidak ada waktu buat ngeblog. Ok lah.. kali ini saya sudah kembali dengan artikel wacana Responsive GUITexture di Unity. Apa itu dan bagaimana cara membuatnya, kita simak saja artikel di bawah.
GUITexture merupakan salah satu component di Unity yang berfungsi untuk menciptakan texture 2D ibarat menu, button, dsb. GUITexture cukup gampang dipakai alasannya ialah tampilannya terlihat terang dikala game belum di running, tidak ibarat OnGUI yang mengharuskan game di running semoga tampilannya terlihat di layar. Untuk menata letak GUITexture memakai Pixel Inset, dimana Pixel Inset merupakan kelas Rect dengan parameter x, y, width, dan height. 

Secara default GUITexture di Unity mempunyai ukuran dan margin yang fix, yaitu ditentukan memakai Pixel Inset ibarat dijelaskan di atas. GUITexture tidak bersifat responsive sehingga ukuran GUITexture bersifat tetap, berapapun ukuran layarnya. Hal ini seringkali dikeluhkan oleh Unity programmer alasannya ialah seringkali GUITexture yang telah disusun secara rapi sanggup menjadi sangat kacau jikalau dijalankan pada perangkat dengan resolusi layar yang berbeda dengan PC yang dipakai dikala proses develop. 

Ok.. Langsung saja ke intinya. Dari problem di atas, kemudian bagaimana solusinya? Pada artikel kali ini saya akan sedikit mengembangkan Asset yang saya buat sendiri untuk menciptakan GUITexture menjadi bersifat Responsive auto-resize, sehingga akan selalu terlihat sama pada resolusi layar berapapun sesuai dengan proses desainnya. Ok.. Langsung saja ke TKP kita mulai tutorialnya dibawah :

 Langkah 1 : Download asset
Assetnya saya kasih nama AzharLab. Kenapa saya kasih nama ibarat itu gak penting lah, daripada gak ada nama. Ok eksklusif saja, assetnya sanggup di download disini, download saja versi terbaru. Saya akan selalu berusaha mengupdate asset untuk menambah asset lain atau sekedar perbaikan bug. Dan pastinya, akan selalu saya share secara gratis.

Langkah 2 : Masukkan ke project
Langkah pertama masukkan assetnya ke project. Disini tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, cukup buka project, kemudian double klik Assetnya. Setelah asset masuk ke project, Anda akan melihat script ResponsiveGUITexture.cs ibarat pada gambar di bawah.

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Langkah 3 : Buat dan desain GUITexture
Gak perlu juga lah saya jelaskan panjang lebar, sebagai Unity programmer niscaya sudah hafal. Tinggal  klik Game Object >> Create Other >> GUITexture, kemudian desain tata letaknya. Ini saya beri sedikit pola ibarat di bawah.

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Langkah 4 : Tambahkan script ResponsiveGUITexture di GUITexture
Caranya cukup mudah, tinggal select object GUITexture yang akan dibentuk responsive dan tambahkan scriptnya dengan cara drag & drop.

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Langkah 5 :Sesuaikan ukuran
Sesuaikan EditorWidth dan EditorHeight dengan resolusi dikala melaksanakan desain GUITexture. Jika Anda mendesain GUITexture pada ukuran layar 800x480 maka pada ResponsiveGUITexture harus memasukkan ukuran yang sama, yaitu 800x480. Lihat gambar di bawah

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Jika Anda tidak mengetahui berapa ukuran layar dikala mendesain, dan hanya tertulis 'Free Aspect' maka Anda sanggup menciptakan ukuran custom sesuai keinginan, misal 800x480. Cara membuatnya tampaknya tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Klik saja tulisak 'Free Aspect', di paling bawah ada bab untuk menciptakan ukuran custom.

Langkah 6 : Uji coba
Sampai disini seharusnya GUITexture sudah responsive, kita lakukan saja uji coba. Script hanya berjalan dikala dilakukan Start. Makara jikalau merubah ukuran layar ketika jadwal tidak running atau sesudah jadwal running maka tidak akan ada efeknya. Kemudian bagaimana cara yang benar? berikan scriptnya >> tentukan ukuran layarnya >> jalankan programnya.

Tampilan GUITexture pada resolusi 320x240 sebalum memakai scrip RexponsiveGUITexture / sebelum jadwal dijalankan sanggup dilihat pada gambar dibawah

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Jika sudah dijalankan dan script berjalan maka kesudahannya ibarat pada gambar di bawah

 Sepertinya sudah cukup usang saya tidak menulis artikel Membuat Responsive GUITexture di Unity (GUITexture Auto Resize Menyesuaikan Ukuran Layar)

Nah kesudahannya tampilan GUITexture akan mengecil mengikuti ukuran layar. GUITexture kini menjadi responsive mengikuti ukuran layar. 

Ok.. Mungkin demikian sedikit artikel yang sanggup saya tulis. Jika ada klarifikasi yang kurang lengkap silahkan komen aja. Mohon maaf jikalau ada kesalahan. Terima kasih sudah membaca, tetap semangat dan terus berkarya... :)

Artikel yang mungkin bekerjasama : 

Membuat Button Touch Screen di Unity Berbasis GUITexture (bagi-bagi asset gratis)

 

Sumber http://duniadigit.blogspot.com/