Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbarui Layanan Google Play Di Android Dengan Mudah

Ingin mempelajari cara memperbarui layanan Google Play. Jika Play Services tidak memperbarui, Anda mungkin tidak sanggup memakai banyak aplikasi favorit Anda. Ini berarti ponsel Anda hampir tidak berguna, jadi Anda harus menjalankan pembaruan layanan Google Play sesegera mungkin.

Mari kita lihat apa itu layanan Google Play dan bagaimana memperbaruinya dengan benar, dan mengapa Anda adakala tidak sanggup memperbaruinya.

Apa itu Layanan Google Play
Pertama, inilah klarifikasi singkat perihal apa bergotong-royong layanan Google Play itu.

Layanan Google Play yaitu aktivitas yang memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dengan perangkat lunak Google, menyerupai Gmail, Google Search, dan Google Play Store. Tanpa layanan Google Play berjalan, Anda tidak sanggup memakai salah satu aplikasi pihak pertama Google.

Mereka yang tidak sanggup memperbaruinya sanggup memakai pasar aplikasi Android alternatif, menyerupai App Store Amazon, F-Droid, dan lainnya. Lihat artikel kami 4 Alternatif Google Play Terbaik untuk Mengunduh Aplikasi Android Jika ponsel Anda tidak akan memperbarui ke versi terbaru Google Play, Anda seringkali sanggup memperoleh aplikasi yang Anda butuhkan melalui proses yang dikenal sebagai sideloading.

Tetapi sebelum Anda berhenti memasang layanan Google Play, berikut ini cara menjalankannya di sebagian besar tablet Android, TV Box, dan ponsel cerdas (dengan beberapa pengecualian).

Cara Memperbarui Layanan Google Play
Sebagian besar waktu, layanan Google Play harus diperbarui sendiri tanpa masalah. Anda hanya perlu melihat pembaruan aplikasi layanan Google Play jikalau ada yang macet.

1. Periksa Koneksi Internet Anda
Koneksi internet yang tidak stabil yaitu penyebab utama Play Services tidak memperbarui. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil dikala Anda mencoba memperbarui.

Jika Anda masih mengalami masalah, mulai ulang perangkat Anda untuk menuntaskan problem sementara. Gagal itu, Anda harus reboot router Anda.

2. Hapus Cache Layanan Google
Menyeka lokasi penyimpanan file sementara layanan Google Play, atau cache, yaitu cara terbaik untuk menuntaskan problem pembaruan. Untuk melaksanakan ini, lakukan langkah-langkah berikut (yang mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android dan perangkat Anda).

Pertama, buka Settings > Apps & notifications. Selanjutnya, ketuk See all apps 

Dari daftar, temukan dan ketuk Google Play services. Kemudian pilih Storage & cache dari daftar opsi pada halaman aplikasi-nya. Terakhir, tekan Clear cache pada sajian yang dihasilkan.

Setelah selesai, mulai ulang perangkat Anda. Jika tidak membantu, ulangi langkah-langkah di atas tetapi pilih Clear storage.

3. Memaksa Pembaruan Layanan Play
Setelah memulai ulang, Anda harus mencoba untuk memaksa pembaruan Layanan Play. Anda tidak perlu melaksanakan ini dalam banyak kasus, tetapi patut dicoba jikalau Anda terus mengalami masalah.

Untuk melaksanakan ini, kunjungi entri layanan Google Play di Pengaturan menyerupai yang disebutkan di atas. Luaskan penggalan Advanced dan ketuk App details untuk membuka halamannya di Play Store. Jika Anda memakai ponsel, Anda sanggup membuka halaman Google Play layanan Play Store untuk eksklusif menuju ke sana. Tombol hijau akan menampilkan Deactivate jika Anda terbaru dan Update jika Anda sanggup menginstal versi baru.

Anda juga sanggup melaksanakan ini dengan mengunjungi Play Store di browser web dan masuk dengan akun Google Anda. Buka tautan di atas ke halaman layanan Google Play di Google Play, dan periksa pembaruan di sana.

Untuk Pengguna Lanjut: Instal Google Play Services Beta
Di atas harus bekerja dalam kebanyakan situasi. Tetapi jikalau Anda putus asa, menginstal versi beta (pembaruan eksperimental yang belum sepenuhnya diuji) dari layanan Google Play sanggup memaksa pembaruan.

Kami tidak merekomendasikan opsi ini kecuali sebagai pilihan terakhir. Paling-paling, ini sanggup menciptakan perangkat Anda berfungsi kembali. Tetapi jikalau metode ini berhasil, itu tidak akan memperbarui Anda ke versi terbaru dari layanan Google Play. Alih-alih itu akan diperbarui ke versi eksperimental dari perangkat lunak yang sanggup merusak banyak aplikasi Anda.

Baca Juga


Prosesnya sederhana, dan paling baik dilakukan pada desktop atau laptop kawasan Anda masuk ke akun Google utama yang dikaitkan dengan perangkat Anda. Pertama, navigasikan ke halaman Program Program Beta Publik Google Play. Di halaman itu, ikuti tautan di bawah Berlangganan memakai tajuk URL keikutsertaan dan Anda akan melihat di bawah. Klik Jadi penguji untuk bergabung.

Setelah mendaftar, Google akan mendorong layanan Play versi beta ke perangkat Anda secara otomatis. Anda sanggup mencoba memaksa mereka dengan mengikuti langkah ketiga dari proses di atas.

Jika Anda berubah pikiran, Anda sanggup meninggalkan aktivitas kapan saja. Kunjungi halaman beta-out layanan Google Play untuk keluar. Namun, ini mungkin mengharuskan Anda menghapus Play Services sebelum berfungsi normal kembali.

Ketika Anda Tidak Dapat Memperbarui Layanan Google Play
Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori ini, ponsel Anda mungkin tidak akan sanggup memperbarui layanan Google Play memakai metode yang diuraikan di atas.

Android 4.0 dan ke Bawah Ini Tidak Dapat Memperbarui Layanan Google Play
Pada 2018, Google tidak lagi mendukung Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau lebih rendah. Itu berarti jikalau Anda mempunyai perangkat Android yang menjalankan salah satu versi ini, Anda tidak sanggup menginstal atau memperbarui layanan Google Play. Ini menjadi Alasan untuk Menginstal Custom ROM Android  atau mencoba mengesampingkan alternatif Google Play Store menyerupai yang disebutkan sebelumnya.

Telepon Tidak Terdaftar Tidak Dapat Memperbarui  Apa Pun Perangkat Lunak Google
Jika Anda membeli perangkat Anda di India, Cina, Filipina, Vietnam, atau di kawasan lain di Asia Timur atau Tenggara, ada kemungkinan ia tiba dengan layanan Google Play versi yang tidak berlisensi (atau tidak resmi). Google baru-baru ini memblokir saluran ke Play Store untuk banyak pengguna ini.

Namun, perusahaan juga membiarkan pintu terbuka untuk pendaftaran. Namun, proses registrasi membutuhkan melompat melalui beberapa lingkaran. Langsung ke penggalan Registrasi Perangkat di bawah ini untuk isu perihal cara melaksanakan ini.

Perangkat Android yang Dimodifikasi engan Berat
Jika Anda telah menginstal versi khusus Android atau memodifikasi direktori sistemnya melalui rooting, ada terlalu banyak variabel untuk dipertimbangkan ketika terjadi kesalahan. Penyedia arahan di sini tidak akan banyak membantu.

Registrasi Perangkat: Memperbaiki Kesalahan "Perangkat Tidak Terdaftar Dengan Google"
Untuk memakai perangkat lunak Google, menyerupai Google Play, Gmail, dan Google Kalender, produsen perangkat harus mendapat izin Google. Beberapa produsen tidak peduli dengan hal ini, dan sebaliknya menginstal salinan perangkat lunak Google yang tidak sah pada smartphone mereka. Google mulai menindak praktik ini pada perangkat beberapa waktu lalu.

Versi Android tanpa izin masih sanggup memperbarui layanan Google Play. Namun, Anda harus mendaftarkan perangkat Anda terlebih dahulu ke Google. Prosesnya mudah; itu memerlukan mengunjungi halaman Pendaftaran Perangkat Tidak Bersertifikat Google.

Setelah Anda di sini, Anda harus mendapat Framework Android ID perangkat Anda. Cara termudah untuk melaksanakan ini yaitu memakai aplikasi (Cara Memasang Aplikasi Dari Luar Google Play Store)

Setelah Anda mengambilnya dari aplikasi, masukkan Framework Android ID  Layanan Google ke halaman Pendaftaran Perangkat Tidak Bersertifikat. Prosesnya tidak langsung; mungkin butuh beberapa jam. Setelah terdaftar di Google, Anda harus sanggup menginstal Layanan Google Framework secara manual, yang akan memungkinkan Anda untuk terus memakai (dan memperbarui) layanan Google Play.

Mengunduh APK Layanan Google Play
Semoga ini membantu Anda memperbarui Layanan Play tanpa banyak kesulitan. Jika Anda memerlukan lebih banyak isu daripada sekadar memperbarui layanan Google Play, kami mempunyai panduan lain yang mungkin membantu Anda.

Lihat petunjuk terperinci kami untuk 5 Perbaikan Sederhana Masalah Umum Google Play Store


Sumber https://bintalahe.blogspot.com/