Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-Dasar Jurnalistik

 dan artikel opini untuk dipublikasikan di media massa Dasar-Dasar Jurnalistik
Dasar-Dasar Jurnalistik untuk Pemula (Basics of Journalism).

JURNALISTIK (jurnalisme) adalah ilmu, seni, dan watak menulis berita, feature, dan artikel opini untuk dipublikasikan di media massa.

Dari pengertian ringkas jurnalistik tersebut, ada enam kata kunci dalam dunia jurnalistik, yakni ilmu, seni, dan etika serta berita, feature, dan opini.

Ilmu, Seni, dan Etika Jurnalistik

Ilmu (knowledge) yakni wawasan, konsep, atau teori ihwal jurnalistik, mulai dari pengertian, asal-usul (sejarah), jenis-jenis jurnalistik, hingga teori pengumpulan data atau materi goresan pena (collecting), penulisan (writing), penyuntingan (editing), dan publikasi (publishing) karya jurnalistik.

Seni (art) yaitu keterampilan (skills) jurnalistik, mencakup kepiawaian dalam mengumpulkan materi berita atau meliput insiden (teknik reportase), menulis berita, mengedit, sampai menyebarluaskannya melalui media massa.

Termasuk dalam seni jurnalistik yaitu penguasaan bahasa jurnalistik dan wawancara.

Etika yaitu menyangkut sikap atau sikap (attitude) dalam acara jurnalistik yang mengacu pada instruksi etik jurnalistik atau watak profesi jurnalis/wartawan.

Di antara instruksi etik jurnalistik yakni cek dan ricek, konfirmasi, verifikasi, cermat (akurat), tidak berdusta, berimbang, tidak menghakimi, dan tidak mencampuradukkan antara fakta dan opini pribadi.

Karya Jurnalistik: Berita, Feature, Opini

Tiga kata kunci lain yang ada dalam pengertian jurnalistik yakni berita, feature (baca: ficer), dan opini.

Berita (News) yakni produk utama jurnalistik. Berita yakni laporan insiden yang bernilai isu --aktual, faktual, penting, dan menarik.

Jenis-jenis isu antara lain berita pribadi (straight news), isu "keras" (hard news), isu ringan (soft news), isu interpretasi (interpretative news), berita mendalam (depth news/indepth reporting), dan isu pemeriksaan (investigative news).

Feature yakni goresan pena yang berisi paduan antara isu dan opini yang ditulis dengan gaya bahasa sastra. Kata-kata atau kalimat yang dipakai berupa kata berona (colorful words) yang indah dan menggugah emosi, layaknya karya sastra (puisi, cerpen, novel).

Pengertian mudah feature yaitu dongeng pendek (cerpen) yang berisi insiden nyata atau kisah nyata tanpa rekayasa alias bukan karangan.

Jenis-jenis feature antara lain feature perjalanan, feature biografi, feature tips, dan feature berisi kisah yang mengandung human interest berupa "fragmen" sebuah insiden aktual.

Opini --sering disebut artikel-- yaitu goresan pena berisi pendapat subjektif penulisnya ihwal suatu problem atau insiden aktual. Artikel yang berisi pendapat redaksi disebut "tajuk" atau "tajukrencana" (editorial).

Artikel yang ditulis pakar di bidangnya disebut "kolom" (column).  Jenis opini lainnya yakni "pojok" dan karikatur.

Demikian ulasan ringkas tentang Dasar-Dasar Jurnalistik yang akan disambung pada posting berikutnya. Insya Allah. Wasalam. (http://www.baticmedia.com).*


Sumber https://baticmedia.blogspot.com/