Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Otak Insan Dan Fungsinya, Lengkap Klarifikasi Dan Gambar

Otak Manusia merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang menjadi pusats dari sistem saraf manusia. Kecerdasan, emosi, kreativitas, pergerakan badan dan ingatan merupakan beberapa bab yang diatur oleh otak. Otak terletak di bab kepala dan dilindungi oleh selaput otak (meninges) sebagai lapisan pembungkus dan tengkorak sebagai penutup. Otak terdiri dari 100 miliar lebih sel saraf dan sejumlah jaringan pendukung yang saling terhubung dengan triliunan koneksi yang disebut sinaps. 

Otak memerintah dan mengatur seluruh badan insan dengan cara mendapatkan masukan dari organ sensoris dan mengirimkan output ke otot yang kemudian menghasilkan sebuah tindakan. Pada bab dasar atau bawah, otak terhubung ke saraf tulang belakang yang disebut dengan sistem saraf sentra (SSP). Saraf tulang belakang berfungsi mengirim sebuah informasi dari dan menuju otak. Sistem saraf sentra bersama sistem saraf perifer bertugas memberikan sebuah informasi dari otak ke seluruh tubuh. 

Otak tidak hanya berupa satu entitas, tetapi ada beberapa bab otak yang bertanggung jawab untuk  mengatur banyak sekali fungsi tubuh. Nahh... Pada pembahasan kali ini kami akan membahas perihal bagian otak insan dan fungsinya secara lengkap, mulai dari struktur otak manusia, bagian-bagian otak insan serta fungsi otak manusia. Untuk selengkapnya, mari pribadi saja kita simak pembahasan dibawah ini.

 merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang men Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
Otak Manusia

Struktur Otak Manusia

Otak insan terdiri dari dua sel, yaitu neuron dan glia. Sel yang melapisi neuron atau sel pelindung neuron disebut glia. Neuron ialah sel saraf yang membawa semua informasi yang diharapkan dari badan ke otak. Informasi yang dibawa neuron dalam bentuk potensial aksi. Antara satu neuron dengan neuron yang lain saling berhubungan, ibarat rantai yang tidak bisa terputus.

Dari neuron yang satu ke neuron yang lainnya akan membawa informasi dalam bentuk potensial agresi serta membawa neurotransmitter (suatu materi kimia). Neurotransmitter kemudian dibawa dan dikirim melalui suatu celah antara neuron yang disebut sinapsis. Semua makhuk hidup, termasuk insan mempunyai ratusan hingga jutaan neuron yang saling berafiliasi untuk membawa banyak sekali macam informasi ke otak.

Bagian-Bagian Otak Manusia

 merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang men Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
Bagian-Bagian Otak Manusia

Otak mempunyai 3 bab utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brainstem). Selain itu, terdapat bab penting lainnya dari otak yaitu meninges, cairan serebrospinal, corpus callosum, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, ventrikel, saraf kranial dan sistem limbik. Berikut bagian-bagian otak beserta fungsinya :

Otak Besar (Cerebrum) 
Cerebrum ialah bab otak yang terbesar. Cerebrum dibedakan menjadi dua bab yaitu otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Keduanya terhubung dengan serabut saraf di bab bawahnya. Pada umumnya, otak sebelah kanan berfungsi untuk mengontrol sisi kiri tubuh, sedangkan otak sebelah kiri berfungsi untuk mengontrol sisi kanan tubuh.

Permukaan luar cerebrum dinamakan Cerebral Cortex (grey matter) yang merupakan area otak dimana sel saraf membuat sebuah koneksi yang disebut dengan sinaps. Sinaps ialah sistem saraf yang mengontrol kegiatan otak. Pada bab dalam cerebrum terdapat sel-sel saraf yang terbungkus mielin yang berfungsi memberikan informasi antara saraf tulang belakang dan otak. Cerebrum dibedakan menjadi 4 bab yang disebut dengan lobus, yaitu lobus frontal (depan), lobus temporal (samping), lobus parietal (atas), dan lobus oksipital (belakang).

 merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang men Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
Bagian Otak Besar
  • Lobus frontal merupakan bab terdepan dari sturktur otak besar atau bagian otak yang terletak di belakang dahi. Lobus ini berfungsi untuk mengendalikan ucapan, gerakan, memori,  perilaku, kepribadian, emosi serta fungsi intelektual, ibarat penalaran, proses berpikir, pemecahan masalah, perencanaan dan pengambilan keputusan, gerakan, kepribadian, proses intelektual serta interaksi. 
  • Lobus oksipital merupakan bab dari sturktur otak besar yang terletak paling belakang. Lobus ini berafiliasi dengan penglihatan (visual) manusia, sehingga badan sanggup membedakan banyak sekali hal yang dilihat oleh mata. Lobus ini berfungsi untuk menerima, memproses, dan menerjemahkan informasi sensoris. 
  • Lobus parietal merupakan bab dari sturktur otak besar yang terletak di bab tengah. Lobus ini bertanggung jawab terhadap lima indra manusia. Lobus ini berfungsi untuk mengendalikan orientasi spasial (pemahaman mengenai bentuk, ukuran dan arah) serta mengendalikan sensasi, ibarat tekanan, sentuhan, nyeri dan suhu.
  • Lobus temporal merupakan bab dari sturktur otak besar yang terletak di bab samping kanan dan kiri otak. Lobus ini berfungsi untuk mengatur input sensoris, produksi bahasa dan ucapan, persepsi pendengaran, serta daya ingat. 

Otak Kecil (Cerebellum) 
Otak kecil atau cerebellum terletak di bab bawah otak besar, tepatnya di bawah lobus oksipital. Seperti halnya otak besar, otak kecil juga mempunyai dua belahan otak, yaitu yang berwarna abu-abu dan putih. Otak kecil berfungsi untuk mengatur keseimbangan, gerakan, mengatur sikap, posisi atau  postrur tubuh, hingga koordinasi otot. Cerebellum berperan penting dalam kemampuan seseorang untuk melaksanakan suatu tindakan dengan cepat dan berulang, ibarat bermain video game. Selain itu, cerebellum juga berperan penting dalam mengendalikan gerakan halus, ibarat orang yang sedang melukis, atau pada dikala dokter melaksanakan mekanisme bedah.

Cerebellum dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  • Spinoserebelum, ialah bab otak kecil yang berfungsi untuk mengendalikan kemampuan otot dan gerakan tubuh.
  • Vestibuloserebelum, ialah bab otak kecil yang berfungsi untuk mengendalikan dan menjaga keseimbangan pergerakan mata.
  • Sereberoserebelum, ialah bab otak kecil yang berfungsi untuk menyimpan memori, melaksanakan perencanaan, dan menginisiasi gerakan yang disadari.

Batang Otak (Brainstem)
Batang otak merupakan serangkaian jaringan saraf di dasar otak. Brainstem berperan sebagai stasiun pemancar yang menghubungkan cerebrum dengan saraf tulang belakang. Selain itu, brainstem berfungsi untuk mengirim dan mendapatkan pesan dari banyak sekali bab badan dan otak.  Batang otak mempunyai saraf kranial yang berkhasiat untuk mengendalikan pendengaran, menelan, gerakan mata, dan gerakan pada otot wajah, leher, bahu, serta lidah. Saraf kranial untuk penglihatan dan penciuman berasal dari otak besar. Brainstem terdiri atas tiga struktur utama, yaitu sebagai berikut :
 merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang men Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
Batang Otak (Brainstem)
  • Otak tengah (Midbrain) merupakan sentra gerak okular yang penting yang menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil. Otak tengah berkaitan dengan proses penglihatan pada manusia.
  • Medulla oblongata ialah titik awal dimulainya saraf yang akan menuju ke tulang belakang, kemudian akan diteruskan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata berfungsi untuk mengendalikan fungsi pernapasan, irama jantung, tekanan darah dan menelan. Medulla oblongata berkaitan dengan proses pengendalian fungsi otomatis organ-organ pada manusia.
  • Pons ialah bab batang otak yang berada di bawah medulla oblongata. Pons berfungsi untuk mengatur dan meneruskan seluruh informasi ke bab otak yang lain. Pons berkaitan dengan koordinasi gerakan wajah dan mata, menangkap sensasi di bab wajah, telinga serta keseimbangan.

Meninges
Maninges merupakan membran tipis atau lapisan yang berfungsi sebagai epilog dan pelindung otak serta saraf tulang belakang. Maninges mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan luar paling tebal (dura mater), membran tengah dan tipis (lapisan arachnoid) dan lapisan dalam (pia mater).

Cairan Serebrospinal
Cairan Serebrospinal merupakan cairan jernih dan bening yang mengelilingi serta melindungi otak dan saraf tulang belakang. Cairan ini berfungsi untuk menghilangkan produk limbah atau sisa metabolisme dari otak, membawa nutrisi melalui darah ke otak, membasahi serta melindungi otak dan saraf tulang belakang. Cairan ini bersirkulasi melalui bilik yang dinamakan ventrikel yang berada di otak. Banyaknya jumlah cairan ini dikontoleh otak. Cairan serebrospinal berasal dari Pleksus koroid yang berada di bab ventrikel di otak.

Corpus Callosum
Corpus Callosum merupakan serangkaian serabut saraf yang terletak diantara dua belahan otak. Serabut saraf ini menghubungkan atau mengkomunikasikan antara kedua belahan otak kanan dan otak kiri.

Kelenjar Pituitari
Kelenjar pituitari merupakan kelenjar endokrin yang berada pada bab paling bawah dari otak besar, tepatnya terletak pada bab sela tursika (lekuk kecil dasar otak) dibawah hipotalamus. Kelenjar pituitari terdiri atas dua lobus, yaitu lobus anterior dan lobus posterior. Kelenjar pituitari ini memproduksi banyak sekali hormon yang berfungsi untuk mengontrol kelenjar-kelenjar lain yang berada di seluruh badan manusia, ibarat kortikotropin, prolaktin dan hormon pertumbuhan.

Kelenjar Pineal
Kelenjar Pineal merupakan kelenjar yang berukuran sangat kecil yang terletak di bab ventrikel ketiga pada otak. Kelenjar ini berperan dalam perkembangan seksual serta memproduksi hormon melatonin yang sanggup memengaruhi teladan berdiri dan tidur.

Ventrikel
Ventrikel merupakan suatu ruangan yang berisi cairan di dalam otak. Cairan di dalam ventrikel disebut dengan cairan serebrospinal. Terdapat empat ventrikel, yaitu dua ventrikel lateral yang terletak di belahan otak besar, ventrikel ketiga yang terletak di tengah otak serta dikelilingi oleh hipotalamus dan talamus, dan ventrikel keempat yang terletak di belakang otak, antara otak kecil dan batang otak. Ventrikel satu dengan ventrikel lainnya saling terhubung oleh serangkaian tabung.

Saraf Kranial
Ada 12 pasang saraf kranial dengan fungsi khusus pada area leher dan kepala. Satu pasang saraf kranial pertama terdapat di otak besar, sementara 11 pasang lainnya terdapat di batang otak. Saraf kranial mempunyai banyak fungsi, diantaranya yaitu mendeteksi cahaya dan penglihatan oleh pupil mata, pendengaran, penciuman, mengunyah, pelebaran pupil dan kelopak mata, gerakan mata, sensasi wajah, ekspresi wajah, keseimbangan, indera perasa di bab depan lidah, bicara, refleks muntah, mengendalikan otot-otot organ internal, mengangkat bahu, pergerakan leher, dan mengatur gerakan lidah.

Sistem Limbik
Sistem Limbik bertanggungjawab atas perasaan atau emosi. Sistem ini terdiri dari hipotalamus, talamus, amigdala dan hippocampus.
 merupakan salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam badan insan yang men Bagian Otak Manusia Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
Sistem Limbik

1. Hipotalamus
Hipotalamus merupakan bab otak yang terletak di bab batang otak, yaitu di diencephalon. Bagian ini mempunyai fungsi penting yaittu sebagai sentra koordinasi sistem saraf autonom (sistem kelenjar dan hormon pada manusia) yang mengontrol  selera makan, kestabilan suhu tubuh, lapar dan haus, metabolisme karbohidrat dan lemak, tekanan darah, tingkah laku, mengatur keseimbangan jumlah cairan, hingga teladan tidur. Selain itu, hipotalamus juga bisa mengendalikan fungsi tertentu pada kelenjar pituitari yang berada di bawah otak. Fungsi hipotalamus diantaranya yaitu :
  • Memonitoring serta mengontrol banyak sekali macam kegiatan tubuh. 
  • Mengatur serta mengontrol hormon endokrin untuk memelihara homeostasis tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh, cairan tubuh, emosi, nafsu makan dan perilaku. 
  • Mengatur fungsi sekretorik pada anterior dan posterior kelenjar hipofisis.

2. Talamus
Talamus ialah bab otak yang berukuran 1 inch dan berwarna abu-abu yang berada di bab sentra otak insan (di atas diencephalon dan di bawah otak besar). Talamus merupakan struktur dari otak tengah yang mepunyai dua lobus. Talamus berperan sebagai pemancar informasi yang tiba serta berjalan di antara seluruh sistem saraf di badan dan otak. Bagian otak ini mempunyai fungsi motorik dan sensorik. Dimana hampir semua informasi sensorik dari panca indra (kecuali penciuman) memasuki pada bab ini untuk diproses, dan kemudian dikirim ke area sensori yang ada di cerebrum. Dengan demikian talamus berperan sebagai sentra penerus impuls dari panca indra (kecuali penciuman)  ke cerebrum. Fungsi lain dari talamus antara lain yaitu :
  • Mengatur kewaspadaan, kesadaran, serta tidur.
  • Menyampaikan signal motorik dan sensorik kepada kortek selebral.

3. Amigdala
Amigdala atau maygdalae ialah sekumpulan saraf yang mempunyai bentuk ibarat kacang almond yang terdapat di bab medial temporal lobe. Amigdala merupakan bab dari sistem limbik yang mempunyai fungsi untuk mengolah ingatan, pengambilan keputusan dan reaksi emosi. Selain itu, amigdala juga bab dari bangsal ganglia. Amigdala mempunyai fungsi sebagai berikut :
  • Membentuk dan menyimpan memori yang berkaitan dengan insiden emosional. 
  • Mengirimkan proyeksi ke hipotalamus, inti thalamic retikuler, thalamus dorsomedial, locus coeruleus, area ventral tegmental, tegmental inti laterodorsal, serta inti saraf trigeminal dan saraf wajah.
  • Mengatur konsolidasi memori di kawasan otak yang lain.

4. Hippocampus
Hippocampus ialah komponen utama dari otak insan ataupun jenis vertebrata yang mempunyai peranan penting dalam navigasi spasial, serta konsolidasi informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Pada otak insan hippocampus berada di bawah kortek selebral, sedangkan pada otak primata hippocampus berada pada lobus temporal medial, tepatnya dibawah permukaan kortikal. Hippocampus memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Membentuk memori spasial dan navigasi.
  • Membentuk kenangan gres yang berafiliasi dengan insiden yang telah dialami, baik itu memori yang bersifat otobiografi atau episodik dengan cara mendeteksi tempat, insiden baru, dan rangsangan. 

Baca Juga : Pengertian Memori Manusia Lengkap Fungsi, Jenis, Teori, Proses dan Usaha Meningkatkan Kemampuan Memori

Fungsi Otak Manusia

Otak ialah salah satu organ terpenting dalam badan manusia. Manusia tidak sanggup hidup dan berkembang kalau tanpa otak. Berikut ialah beberapa fungsi otak manusia, diantaranya yaitu :
  • Sebagai alat sensor terhadap perasaan, ibarat tekanan, tertekan, menghasilkan rasa sakit dan merespon sentuhan. 
  • Sebagai sentra regulasi untuk bergerak atau beraktivitas, merangsang kreativitas pada manusia, kognisi, sanggup menuntaskan masalah, sanggup membuat perencanaan, mengontrol perasaan, menunjukkan penilaian, sanggup berbahasa secara umum serta sanggup mengontrol sikap yang berafiliasi dengan seksual.
  • Sebagai sentra masuknya banyak sekali informasi visual yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk penglihatan yang sama dengan aslinya. 
  • Sebagai alat penerjemah verbal, sehingga seseorang sanggup mendengar, sanggup memahami bahasa dalam bentuk suara, serta sanggup memahami dan memaknai informasi. 
  • Sebagai alat penerjemah visual manusia, ibarat membesarkan atau memperkecil pupil mata menurut cahaya yang masuk, menggerakkan bola mata, serta mengatur gerakan badan manusia. 
  • Sebagai sentra yang mengatur gerakan koordinasi antar otot badan dan keseimbangan, sehingga seseorang bisa bergerak sebagaimana insan bergerak dan tidak terjatuh. 
  • Mengontrol fungsi otomatis otak, ibarat mengatur sirkulasi peredaran darah, mengatur detak jantung, mengatur sistem pencernaan, serta mengatur pernafasan. 
  • Menghasilkan perasaan, pengaturan produksi hormon, pengaturan emosi, memelihara homeostasis, membuat rasa lapar, membuat rasa haus, merangsang perasaan untuk senang, menciptakan harapan perihal seks, mengatur memori jangka panjang insan dan mengatur metabolisme tubuh.
  • Sebagai penjaga badan ketika dalam keadaan tertidur atau terjaga. 

Sekian artikel mengenai Bagian Otak Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi teman baik untuk mengerjakan kiprah maupun untuk sekedar menambah pegetahuan seputar apa itu otak manusia, struktur otak manusia, bagian-bagian otak insan serta fungsi otak manusia. Terima kasih atas kunjungannya. 

Bagian Otak Dan Fungsinya, Lengkap Penjelasan Dan Gambar
MARKIJAR : MARi KIta belaJAR


Sumber http://www.markijar.com/