Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Pola Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar? Bagi para joob seeker, pengangguran dan fresh graduate, mendapat kerja merupakan sesuatu yang diinginkan. Ketika menempuh pendidikan, pada kesannya melamar kerja yaitu suatu keniscayaan yang dilakukan oleh kalian. Kecuali kalian buka perjuangan sendiri atau mempunyai orang dalam.

Jadi, Ada beberapa orang yang tidak perlu untuk melamar kerja dan eksklusif mendapat posisi yang sesuai dengan keinginannya di suatu perusahaan. Ini memang lumrah terjadi alasannya bisa jadi beliau mempunyai kenalan atau justru perusahaan tersebut yaitu milik keluarganya

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Namun Disini mimin tidak akan membahas kemungkinan terkecil tersebut. Karena perbandingannya 1 : 100.000. Kita akan lebih fokus untuk membahas bagaimana cara menciptakan lamaran kerja yang baik dan benar sekalipun tanpa adanya lowongan.

Kok bisa? Ya benar saja tanpa adanya lowongan kerja kau tetap bisa menyatukan lamaran di perusahaan harapan kamu. Tentunya sobat juga harus memenuhi persyaratan tertentu sehingga kau bisa diterima kapan pun, sekalipun perusahaan tersebut bahwasanya tidak sedang membuka rekrutmen karyawan baru.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar

Melamar kerja tanpa lowongan memang susah-susah gampang. Karena kau butuh yang namanya surat lamaran yang berkualitas serta kurikulum vitae dan berkas pendukung lain. Dan sobat kosngosna juga bisa mengirim surat lamaran tersebut eksklusif ke perusahaan atau via email memakai scan dan dalam format Doc atau PDF

Selain kelengkapan berkas kau juga harus mempunyai pengalaman serta skill atau kemampuan yang baik dan relevan dengan pekerjaan yang akan kau lamar nantinya. Seperti contohnya apabila kau Ingin melamar dalam posisi akuntan maka sobat kosngòsan harus mempunyai yang namanya pengalaman magang di kantor pajak atau pernah bekerja sebagai konsultan keuangan, misalnya.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Cara Penulisan Surat Lamaran tanpa Lowongan


Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja tanpa lowongan. Surat lamaran ini bahwasanya sama saja dengan surat kerja pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan yaitu tujuan maksud surat dan juga lampiran dokumennya.

Sobat kòsngosan, intinya harus mengetahui format surat lamaran pada umumnya menyerupai apa. Bisa dilihat dibawah, ini merupakan format umum surat lamaran yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi yang belum mengetahui menyerupai apa surat lamatan itu.

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Langkah satu

Sobat buatlah lembar kerja gres di ms word terbaru dengan margin 3-3-3-3 atau bisa juga 4-3-3-3 dengan font 12 dan jenis arial atau times new roman. Ini yaitu format surat formal yang biasa diterapkan.

Langkah dua

Ketik bab cover yang terdiri dari tanggal pembuatan surat lamaran pada kanan atas, tujuan surat, nama dan kawasan perusahaan yang akan dilamar nantinya.

Langkah tiga

Tulislah paragraf pembuka yang menyatakan sobat kosngòsan mendapat isu pekerjaan dari mana, akan melamar posisi apa serta dilanjutkan dengan mengatakan diri untuk bekerja dengan baik.

Disinilah dijelaskan kau akan bersedia menunggu berapa pun lamanya, alasannya ini yaitu tanpa lowongan, maka sobat bisa saja dipanggil bisa tidak. Pada prinsipnya yaitu perusahaan akan memanggilmu begitu satu atau dua karyawan mereka berhenti, atau mereka memang membutuhkan satu atau dua pemanis karyawan gres lagi, tanpa susah susah membuka rekrutmen lowongan lagi.

Langkah empat

Berikan paragraf inti yang menjelaskan pencantuman daftar biodata singkat mengenai diri kamu, lalu bercerita sedikit mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif sobat kósngosan yang masih relevan dengan pekerjaan tersebut.\

Langkah lima

Sebutkan daftar yang sudah kau lampirkan selain surat lamaran dalam amplop lamaran mu. Hal ini sebagai syarat umum yang diperlukan. Untuk mengetahui syarat apa saja itu, sobat bisa baca 10 berkas dokumen yang harus di persiapkan untuk lamaran kerja

Langkah enam

Tulislah paragraf terakhir yang menyatakan bahwa sobat sangat menginginkan pekerjaan ini dan kau akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melaksanakan tes atau tahapan seleksi selanjutnya, apabila diminta oleh perusahaan.

Terakhir sobat bisa mengatakan tanda tangan dan diakhiri dengan nama lengkap serta gelar akademik, bila ada. Sobat juga bisa menyertakan materai 6000 kalau diperlukan.

Contoh surat lamaran tanpa lowongan


Seperti biasa kali ini akan mengatakan pola surat lamaran tanpa lowongan dengan format DOC yang bisa diedit memakai Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan kamu. Sobat bisa melihat previewnya di bawah ini sebelum mengklik tombol download.

Preview embed dokumen




Preview langsung


17 September 2020

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Kosngosan Sejati

Dengan hormat,
Saya yang berjulukan Ucok Pardomuan bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama PT Kosngósan Sejati. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud yaitu sebagai Supervisor Marketing atau posisi lain yang dibutuhkan.

Berikut data singkat saya :


  • Nama : Ucok Pardomuan Siregar
  • Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
  • Pendidikan terakhir : S1 Ilmu Komunikasi
  • Alamat : Jl. Garuda Sakti, Buluh Cina, Simpang Baru, Pekanbaru
  • Telepon : 0823902579**
  • Status : Lajang


Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, rajin mencar ilmu dan sanggup bekerja secara tim dan individual. Walaupun belum tersedia lowongan, saya akan bahagia apabila diberikan kesempatan untuk magang terlebih dahulu. Sebagai materi pertimbangan, saya melampirkan :


  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
  3. Fotocopy Sertifikat Pendukung
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto terbaru


Saya berharap Bapak / Ibu bersedia mengatakan kesempatan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, apabila memang membutuhkan pemanis karyawan baru. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap

Tekan tombol download


Kamu bisa mendapat pola file surat lamaran menyerupai di atas dengan menekan tombol download DISINI.

Kamu juga bisa mendapat pola kurikulum vitae (CV) yang baik dan benar dengan menekan tombol download DISINI

Setelah itu kau akan dibawa ke halaman save Link dan tunggu beberapa detik untuk memunculkan tombol download kedua, sesudah itu tekan dan sobat akan dibawa ke Google Drive.

Penutup


Pada dasarnya surat lamaran tanpa lowongan yaitu surat lamaran umum yang kau berikan kepada perusahaan yang bahwasanya belum membuka lowongan pekerjaan alasannya memang mereka belum membutuhkan karyawan baru.

Hanya saja surat ini akan disimpan dan nantinya akan dibaca lagi Apabila mereka membutuhkan karyawan baru, dan itu sobat kósngosan harus menunggu secara tidak pasti. Sehingga disini saran mimin adalah, kau harus mengirim surat lamaran menyerupai ini sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesempatan mau mendapat kerja lebih cepat

Baca juga : Cara Scan Berkas Lamaran Lewat HP

Terakhir mimin doakan kepada kalian yang sedang mencari kerja untuk segera mendapat pekerjaan yang diinginkan nya. Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa untuk mendapat hasil yang maksimal. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini demi membantu teman-teman pengangguran lainnya
Sumber https://www.kosngosan.com/