Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Mata Kuliah Ilmu Kelautan Dan Perikanan Yang Wajib Kau Ambil

Apa saja materi pelajaran yang harus kau kuasai untuk bisa lulus sebagai sarjana ilmu kelautan dan perikanan? Kuliah jurusan ilmu kelautan dan perikanan yaitu bidang yang jarang diminati oleh siswa SMA. Padahal kalau kau jeli melihat peluang, prospek pekerjaan untuk lulusan ini cukup cerah dan banyak diharapkan dunia kerja.

Ada banyak sekali sekolah tinggi tinggi ternama dengan kuliah terbaik di jurusan ilmu kelautan menyerupai IPB, Undip, Unpad, Unsri, UB, Unri, Unhas dan masih banyak lagi. Nah kali ini akan membahas mengenai mata kuliah apa saja yang akan kau pelajari kalau mengambil jurusan ini. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Apa saja materi pelajaran yang harus kau kuasai untuk bisa lulus sebagai sarjana ilmu kel 15 Mata Kuliah Ilmu Kelautan dan Perikanan yang Wajib Kamu Ambil

Ada begitu banyak materi dan mata kuliah wajib yang harus kau ambil kalau ingin menjadi sarjana lulusan ilmu kelautan. Namun yang terpenting yaitu kau harus benar benar mempunyai tekad dan niat yang sungguh-sungguh untuk menuntaskan perkuliahan mu nantinya

Apa yang akan kau dapatkan ketika kuliah jurusan ilmu kelautan dan perikanan? Kamu akan berguru mengenai teknis dan teoritis ilmu kelautan. Tidak hanya teori saja, kau akan dibekali dengan praktikum dan magang di tempat tempat pembudidayaan ikan dan perushaan yang bergerak di kelautan.

Lihat juga : 10 Mata kuliah wajib jurusan kedokteran yang harus kau tahu

Mengapa jurusan ini begitu prospektif di indonesia? Karena kita khususnya untuk tempat timur mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar. Akan tetapi banyak pelajar sekolah menengah atas yang enggan berkarier di indonesia timur.

Hal ini yang menjadi problematika pembangunan perikanan dan ke lautan untuk tempat timur indonesia. Tidak hanya wilayah timur saja, akan tetapi seluruh wilayah Indonesia yang dikeliling lautan sejatinya selalu membutuhkan ratusan ribu lulusan fakultas atau jurusan perikanan dan kelautan.

Mata kuliah yang dipelajari pada studi ilmu kelautan


Lalu kalau sahabat ternyata tertarik untuk mencoba dan mendalami jurusan ini, apa yang harus kau persiapkan? setidaknya kau sudah harus mengenal mengenai mata kuliah apa saja yang akan sahabat pelajari nantinya.

Oleh alasannya yaitu itu kali ini mimin akan memperkenalkan mu kepada beberapa mata kuliah wajib yang akan kau pelajari ketika menentukan kuliah di jurusan ini. Mari simak beberapa diantaranya :

1. Mata kuliah biologi umum


Seperti yang sahabat ketahui, perikanan dan kelautan sangat bersahabat hubungan nya dengan biologi secara umum. Kamu akan mempelajari dasar dasar ilmu biologi. Hal ini berkhasiat untuk mengkalibrasi lagi disiplin ilmu dari banyak sekali mahasiswa yang berasal dari banyak sekali ilmu semenjak sekolah menengah atas.

2. Mata kuliah pengantar ilmu perairan


Pengantar ilmu perairan yaitu mata kuliah yang harus sahabat ambil pada semester awal yang bertujuan untuk memperkenalkan ilmu perairan secara umum dan mendasar. Mata kuliah yang menjelaskan mengenai teori dan materi perairan yang mengarah kepada mata kuliah lanjutan.

3. Mata kuliah budidaya perikanan


Mata kuliah ini mempelajari ihwal teknik budidaya ikan air tawar dan air asin, budidaya rumput maritim dan udang-udangan. Selain itu kau juga akan mendapat sesi praktikum yang nantinya akan digelar sehabis pertemuan teori berlangsung.

4. Mata kuliah teknologi hasil perikanan dan perairan


Mata kuliah ini mempelajari teknik dan cara pengelohan hasil tangkapan atau budidaya perikanan menjadi produk yang bernilai lebih tinggi dan hemat yang siap konsumsi dan di ekspor ke banyak sekali negara.  Selain teori, sahabat juga akan diselingi dengan praktikum yang akan memantabkan pemahamanmu terhadap teknologi yang mendukung industri perikanan.

5. Mata kuliah administrasi sumberdaya perairan dan perikanan


Mata kuliah ini membahas banyak sekali hal yang berafiliasi dengan sumberdaya yang terdapat di lingkungan perairan maritim menyerupai problem lingkungan dan pencemaran, hukum, dan sosial masyarakat pesisir. Penting untuk dipelajari alasannya yaitu Indonesia mempunyai sumber daya maritim yang melimpah, sehingga membutuhkan lulusan perikanan yang kompeten dan bisa mengelola maritim nasional.

6. Mata kuliah oseanografi


Kamu sudah niscaya pernah mendengar istilah ini. Secara sederhanan mata kuliah ini mempelajari ihwal kelautan. Ilmu ini bukan ilmu murni, akan tetapi mempunyai sub disiplin ilmu lagi yang terdiri dari Fisika Oseanografi, Geologi Oseanografi, Kimia Oseanografi dan Biologi Oseanografi.

7. Mata kuliah ilmu penyakit ikan


Mata kuliah ini begitu penting alasannya yaitu memang ikan merupakan objek hemat yang akan dikelola oleh para lulusan sarjana ilmu kelautan dan perikanan ketika lulus nanti. Oleh alasannya yaitu itu mengetahui dan menguasai penyakit yang sering menyerang ikan yaitu suatu keharusan. Selain itu sahabat juga akan mengetahui solusi dari setiap penyakit yang melanda ikan sehabis berguru mata kuliah ini.

8. Mata kuliah administrasi kualitas air


Selain ikan, air dan perairan yaitu salah satu media yang paling penting untuk dipelajari. Mata kuliah ini berfokus terhadap bagaimana mengelola dan menjaga kualitas air semoga tetap bisa dimanfaatkan untuk kepentingan budidaya perikanan.

9. Mata kuliah penangkapan ikan


Ketika mempelajari mata kuliah ini, sahabat akan mengerti bagaimana menangkap ikan yang direkomendasikan dan benar benar legal. Teknik penangkapan ikan yang disetujui oleh peraturan internasional dan banyak sekali teori pendukungnya. Ilmu ini cukup penting semoga nantinya para lulusan bisa menerapkan bisnis perikanan yang berkelanjutan.

10. Mata kuliah limnologi


Masih aneh mendengar istilah limnologi? Kamu harus tahu bahwa ilmu ini khusus mempelajari produk­tivitas perairan tawar dalam segala aspek menyerupai perairan menggenang danau, rawa, dan waduk. Selain itu juga mempelajari potensi ekonomi dari perairan mengalir menyerupai sungai dan mata air.

Update terbaru

11. Mata kuliah Ichtiologi


Ichtiologi merupakan mata kuliah yang mempelajari mengenai ikan dengan segala aspek kehidupannya baik itu ditinjau sebagai binatang ataupun prospeknya sebagai materi makanan dan sumber pendapatan manusia. Ichtiologi dibagi menjadi Ichtiologi sistematika dan fungsional.

12. Mata kuliah Hukum Laut dan Perikanan


Sebagai seorang mahasiswa yang akan menyandang gelar sebagai sarjana perikanan dan ilmu kelautan maka sahabat seharusnya sudah mengetahui mengenai aturan dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan maritim dan Perikanan. Oleh alasannya yaitu itu mata kuliah ini hadir untuk menawarkan pengetahuan aturan dan aturan legal yang mengatur ihwal hal tersebut

13. Mata kuliah Metode dan Analisis Survey Kelautan


Sebagaimana umumnya seorang mahasiswa untuk bisa tamat dan mendapat gelar sarjana haruslah menjalani proses pembuatan kiprah tamat berupa karya tulis ilmiah menurut serangkaian penelitian ilmiah. Nah bagi kalian yang jurusan perikanan dan ilmu kelautan wajib mengambil jurusan metode dan analisis survei kelautan ini

14. Mata kuliah Sistem Informasi Geografis


Mata kuliah ini disingkat GIS, merupakan ilmu yang mempelajari pengelolaan data isu spasial atau sistem komputer yang mempunyai kemampuan untuk membangun menyimpan mengelola dan menampilkan isu geografis dalam sebuah database. Tentunya materi ini sangat penting untuk sahabat kuasai sebagai lulusan ilmu kelautan dan perikanan

15. Mata kuliah Selam


Nah yang terakhir bisa dikatakan merupakan suatu kegiatan praktikum menyelam bagi setiap mahasiswa Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini merupakan acara bertahan di bawah air untuk melaksanakan serangkaian penelitian atau pengamatan mengenai biota laut. Kaprikornus apabila sahabat belum berilmu berenang, segera berguru renang terlebih dahulu dan mulailah untuk menyelam, apabila sudah pandai.

Kesimpulan


Sebenarnya ada lebih banyak lagi mata kuliah untuk fakultas kelautan dan perikanan ini. Kamu bisa cek eksklusif di berbagaai situs resmi sekolah tinggi tinggi yang menyediakan jurusan ini. Bagaimana, apakah sahabat masih tertarik mengambil jurusan ilmu kelautan dan perikanan?

Baca juga : 10 Jurusan pendidikan keguruan yang paling diharapkan dunia kerja

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa mata kuliah wajib ilmu kelautan yang harus kau ambil. Semoga kau yang ketika ini sudah menjadi mahasiswa ilmu kelautan bisa segera lulus dan mendapat pekerjaan yang kau idam idamkan ya!
Sumber https://www.kosngosan.com/