Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Info

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan acara orang yang memakai teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem warta yang sering dipakai merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini dipakai untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi warta dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang menciptakan perbedaan yang terang antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem warta yang berbeda dari teknologi warta dalam sistem warta biasanya terlihat menyerupai mempunyai komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem warta juga berbeda dari proses bisnis. Sistem warta membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.
Alter beropini untuk sistem warta sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja ialah suatu sistem di mana insan dan/atau mesin melaksanakan pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem warta ialah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Dengan demikian, sistem warta antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem acara di sisi lain. Sistem warta ialah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem warta juga sanggup dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung insan dalam pengambilan keputusan dan tindakan.
Sistem warta merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.
Sistem warta ialah adonan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan mengembangkan warta dalam organisasi.
Sistem warta ialah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan seni administrasi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Sistem informasi  ialah kumpulandari  sub-sub  sistem baik phisik maupun non phisik yang  saling berhubungan  satu sama  lain dan bekerja  sama secara serasi untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem warta ialah menghasilkan informasi. Sistem warta ialah data yang diolah menjadi bentuk yang berkhasiat bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup sanggup dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk sanggup berguna, maka warta harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: sempurna kepada orangnya atau relevan (relevance), sempurna waktu (timeliness), dan sempurna nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak sanggup dikatakan sebagai warta yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

Komponen

Komponen mekanisme dalam SI berkaitan dengan mekanisme manual dan mekanisme berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi warta yang berguna. Suatu mekanisme ialah urutan langkah yang dilakukan untuk menuntaskan satu atau lebih acara pengolahan informasi. Pengolahan warta ini sanggup dikerjakan dengan pengguna, atau kombinasi pengguna dan staff TI. Suatu bisnis terdiri dari banyak sekali macam mekanisme yang digabungkan secara logis untuk membentuk suatu sistem. Sebagai teladan sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi ialah sistem penggajian, personalia, akuntansi, dan gudang.
Ini terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, insan dan prosedur.
SI sanggup dikategorikan dalam empat bagian:




-Berbagi Ilmu Itu Lebih Baik-



Sumber http://fanirahmsari.blogspot.com/