Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Memasang Iklan Adsense Amp-Ad Di Amp Blogger

Tutorial Lengkap Cara Memasukan Iklan AdSense pada Template AMP Blogger

AdSense merupakan salah satu jaringan iklan untuk publisher yang paling banyak dipakai oleh para pemilik website. Produk dari Google ini memang menjadi pilihan utama bagi para webmaster untuk memonitize websitenya. 

Google AdSense support hampir disemua bahasa pemograman, termasuk untuk website yang berbasis Google AMP HTML. Namun, untuk menempatkan iklan AdSense pada AMP, dibutuhkan isyarat yang berbeda, sesuai aliran dari AMP HTML.

Kali ini aku akan menjelaskan beberapa penerapan iklan AdSense pada AMP Blogger, beserta pilihan Layout untuk amp-ad.

Namun sebelum melaksanakan penerapan amp-ad pada Blogger, pastikan anda sudah meletakan komponen amp-ad di bawah ini, sebelum isyarat </head> pada template AMP Blogger anda.

 <script async='async' custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js"></script>


Responsive

Contoh isyarat iklan amp-ad responsive untuk Adsense:

 <amp-ad width="100vw" height="320"   type="adsense" 
  data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
  data-ad-slot="1234567890"
  data-auto-format="rspv"
  data-full-width=''>
    <div overflow=''></div> </amp-ad>

Contoh di atas yakni untuk penerapan iklan AdSense dengan dimensi responsive, di mana tinggi maksimal dari iklan yakni 320 piksel. 

atribut width='100vw' artinya iklan akan mengisi keseluruhan ruang pada container, termasuk mengisi margin. Untuk itulah, iklan AdSense responsive ini jangan ditanam pada parent div atau container biar iklan tampil optimal. Jika container anda mempunyai margin:0, itu sama saja dengan width='100%'.  

Fixed-Height Ad


Contoh isyarat iklan fixed-height amp-ad seperti  referensi di bawah ini:

 <amp ad layout='fixed-height'
  data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
  data-ad-slot="1234567890"
  height='250'>
</amp-ad>

Iklan layout='fixed-height' ini tidak memerlukan atribut width, di mana lebar iklan akan menyesuaikan format iklan banner yang dipilih. Atribut layout amp-ad ini direkomendasikan untuk kau yang menentukan iklan native AdSense.

Fixed Ad

Contoh penerapan iklan dengan Layout Fixed:

 <amp ad layout='fixed'
  data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
  data-ad-slot="1234567890"
  height='280' width='336'>
</amp-ad>


Layout='fixed' membutuhkan atribut width dan height pada penerapannya. Kode ini dipakai untuk anda yang memakai iklan AdSense dengan ukuran tertentu, referensi iklan banner 336X280.


Kenapa Iklan Saya Tidak Muncul di Blog AMP?

Google AdSense cukup ketat dalam menayangkan iklan AdSense, berikut ini beberapa alasan kenapa iklan tidak muncul pada AMP Blogger.
  • Iklan AdSense AMP-AD dihentikan ditempatkan pada parent container yang mempunyai position fixed.
  • Jika iklan tidak muncul pada artikel baru, ini wajar. Anda hanya perlu menunggu sampai 10 menit sesudah artikel diterbitkan.
  • Iklan ditempatkan pada parent container yang mempunyai tinggi tetap (fixed). Hal ini akan menciptakan iklan merusak layout blog anda, dan iklan tidak akan muncul. 
  • Blog anda tidak disetujui untuk menempatkan iklan AdSense.

Sebenarnya masih ada beberapa style dan type iklan AdSense yang dapat anda terapkan pada AMP Blogger Template. Antara lain amp auto ads, parallax style, iklan sticky ad, dan lainnya. Silahkan baca artikel di bawah ini: