Cara Import Model 3D .Blend Ke Unity (Cara 1 - Dasar)
Model 3D seperti merupakan bab yang tak terpisahkan dalam setiap game 3D. Hampir pada setiap game selalu membutuhkan model 3D. Model 3D sendiri sanggup dibentuk dengan menggunakan aneka macam tools yang tersedia di pasaran, ibarat 3ds Max, Maya, Blender, Sketchup, dsb. Namun saya langsung lebih sering menggunakan blender alasannya sifatnya yang open source dan kemampuannya juga tidak kalah dengan tools lainnya.
WARNING : Penggunaan toosl Sketchup memang sangat gampang untuk menciptakan model bangunan dan sejenisnya, namun saya langsung tidak menganjurkan pemakaian Sketchup sebagai tools untuk menciptakan model 3D yang dipakai untuk tujuan game development alasannya hasil model 3D dari Sketchup akan menghasilkan vertex yang sangat banyak, bahkan untuk model-model sederhana. Akibatnya akan menciptakan performa game akan jatuh sehingga menjadikan lag yang cukup parah.
Nah... Pada tutorial kali ini kita akan mencar ilmu mengimplementasikan model 3D ke dalam game dengan menggunakan game engine Unity. Adapun model 3D yang kita pilih ialah model 3D dalam format .blend yaitu format standar yang dipakai pada tools Blender.
Pada dasarnya secara umum pada hampir setiap tools model 3D terdiri dari empat bagian, yaitu :
1. Mesh >> Merupakan kumpulan titik (vertex) pada koordinat 3D yang membentuk suatu model 3D
2. Texture >> Merupakan image 2D (biasanya dalam format .png) yang mewarnai mesh dalam model 3D
3. Material >> Komponen model 3D yang melaksanakan mapping antara texture dalam format 2D ke mesh dalam format 3D
4. Animasi >> Komponen animasi pada model 3D
Untuk mengimport model 3D maka seharusnya kita mengimport keempat elemen tersebut biar model sanggup terimport secara sempurna. Secara default dikala kita mengimport dengan drag & drop biasa ke Unity elemen yang terimport hanya mesh, material, dan animasi. Adapun texture harus diimport secara manual. Jika tidak diimport maka model akan berwarna putih tak bertexture. Untuk itu bagaimana cara mengimport model 3D dengan benar mari simak tutorial step by step di bawah.
Pertama tentu kita siapkan terlebih dahulu alat dan materi untuk memulai tutorial ini. Dan berikut alat dan bahannya :
1. Unity, dalam hal ini saya menggunakan Unity 4.2x. Unity sanggup di download disini
2. Blender, merupakan software 3D. Blender sanggup di download disini
3. File 'Rumah Lawas.blend', kita gunakan sebagai file untuk mengikuti tutorial ini. Dapat di download disini
Ok... Setelah alat dan materi sudah terkumpul mari kita lanjutkan tutorialnya di bawah
Berikut ialah model 3D saya gunakan sebagai contoh. Model tersebut berformat .blend dengan nama file 'Rumah Lawas.blend' dan dibuka dengan tools Blender. Adapun model ini sanggup di download disini.
Kemudian lakukan drag & drop file "Rumah Lawas.blend" ke dalam Unity
Kemudian drag & drop model 3D dari window project ke window scene. Hasilnya ialah bentuk rumah tanpa texture sehingga berwarna putih.
Sampai disini kita telah berhasil mengimport model 3D tanpa texture. Untuk mengimport sekalin texturenya yang perlu kita lakukan ialah meng-extract texture dari model 3D dan mengimportnya secara manual, kemudian memasukkan texture pada material.
Langkah selanjutnya ialah meng-extract texture dari model 3D .blend. buka file 'Rumah Lawas.blend' dengan menggunakan Blender. Kemudian kita akan melaksanakan split area. Klik kanan pada tepi toolbar atas, klik 'Split Area'.
HAsilnya ibarat apda gambar di bawah. Layar akan terbagi menjadi dua di kanan dan di kiri
Selanjutnya layar kanan akan kita fungsikan sebagai UV Image Editor. Tinggal klik sesuai gambar di bawah
Kemudian kita pilih texture yang akan kita extract dari file .blend ibarat pada gambar di bawah.
Kemudian simpan copy file texture, klik Image >> Save a Copy
Tentukan lokasi penyimpanan dan nama file, kemudian klik Save An Image
Cek hasilnya, disini kita sudah mendapat texture Depan.jg
Lakukan ekstraksi texture untuk texture lainnya, ibarat texture genteng, lantai, tembok, dsb, hingga kita memperoleh keseluruhan texture. Caranya kurang lebih sama dengan cara sebelumnya, select texture dan Save a Copy.
Kemudian buat folder 'Textures' di project Unity
Kemudian kita drag & drop seluruh texture yang telah kita dapatkan ke dalam folder Textures
Hasilnya kirang lebih ibarat pada gambar di bawah, seluruh file texture telah terimport ke Unity.
Kemudian kita tinggal mengisi material yang kosong sesuai texture yang kita inginkan. Klik mesh pada rumah, kita isikan materialnya dengan cara drag & drop.
Kemudian kita beri Ditrectional Light biar lebih keren, dan jadinya ibarat pada gambar di bawah.
Nah... Sudah selesai bukan import model 3D nya.. Sobat sanggup lebih berkreasi dengan aneka macam model 3D lainnya. Cara import yang dibahas pada artikel ini ialah cara dasar melaksanakan import untuk model 3D. Texture kita extract satu per satu dan kita link-kan satu per satu. Penting untuk mempelajari ini biar Sobat terlebih dahulu tahu apa saja komponen dari model 3D. Sebenarnya masih ada cara lain biar kita sanggup mengimport sekaligus antara model, material, dan texturenya sehingga jauh lebih praktis. Mungkin cara berikutnya akan saya tulis pada artikel berikutnya.
Kesimpulan : Model 3D minimal terdiri dari tiga bagian, Mesh, Texture, dan Material. Satu bab lagi ialah Animation, ini optional dan tidak selalu ada pada setiap model. Untuk sanggup melaksanakan Import Sobat harus mengimport ketiganya biar sanggup terimport secara sempurna.
Sekian dulu tutorial saya.. Mohon maaf jikalau masih terdapat kesalahan dalam menawarkan tutorial. Maklum saya sendiri juga masih newbie yang ingin sekedar berbagi, Ok.. Sekian dulu dari saya, terima kasih telah membaca, tetap semangat dan terus berkarya ^^ Sumber http://duniadigit.blogspot.com/