Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Memulai Perjuangan Rt/Rw Net Bagi Pemula

Bagaimana Memulai Usaha RT/RW Net bagi Pemula

Gambar dikutip dari : http://www.mikrotik.co.id


Di Era kini hampir setiap orang memiliki gadget untuk membantu aktifitas kehidupan mereka baik itu hanya sekedar alat komunikasi, alat untuk mendapat informasi, transaksi online dan berjualan.
Dari sini muncul pandangan gres bagaimana untuk mendapat laba dari issue tersebut, munculah beberapa hotspot-hotspot berbayar dengan harga yang murah.
Berikut saya akan mencoba mengembangkan pengalaman bagaimana membangun RT/RW net bagi reakan-rekan yang ingin mencoba perjuangan ini.
* Modal
ya yang Utama dalam memulai perjuangan yaitu modal, bagaimana kita ingin memulai perjuangan tanpa ada modal?.
Sesuaikan modal dengan perjuangan yang ingin kita bangun, jikalau modal sudah ada kita menuju ketahapan berikutnya.
* Lahan
yaitu tempat yang nanti kita gunakan untuk mendirikan tower / tiang untuk RT/RW net kita.
* Alat-alat yang dibutuhkan
- ISP : ISP sendiri yaitu abreviasi dari Internet Service Provider, dimana jikalau kita ingin memulai perjuangan ini kita membutuhkan sumber internet untuk nantinya kita bagi dan dijual kembali. Banyak yang menyediakan ISP ini menyerupai teladan : Indih*me, Bisn*t, CitraN*t dan masih banyak yang lainnya. Silahkan rekan-rekan cari warta di kawasan kalian yang menyediakan ISP ini.
- Modem : Biasanya jikalau kita berlangganan ISP provider sudah menunjukkan modem secara GRATIS.
- RB  (RouterBoard) / Management Bandwith : Alat ini biasanya dipakai dalam mengatur kemudian lintas data yang masuk dan keluar.ex: mikrotik RB450
- AP (Access Point) : dipakai sebagai pemancar sinyal.
- Kabel UTP : dipakai untuk menggabungkan devices /alat.

Jika semua sudah terpenuhi kita sanggup lanjut ketahap berikutnya dimana kita sanggup memulainya dengan mendirikan tower dan memasang Alat-alat yang kita butuhkan

Setelah mendirikan Tower lanjut kita untuk melaksanakan setting Modem, AP, dan RB (Router Board).

Yang terakhir kita akan melaksanakan testing untuk luasan kawasan / covered area dari AP kita, seberapa jauh jangkauan yang sanggup di cover oleh alat pemancar kita.

Selanjutnya jikalau sudah selesai, langkah terakhir yang kita lakukan yaitu memilih paket dan menciptakan voucher untuk Hotspot kita.

NB : Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya sendiri gunakan Jasa Setting yang terpercaya.

Sekilas Gambaran yang sanggup saya berikan mengenai Bagaimana cara kita untuk memulai perjuangan RT/RW Net supaya bermanfaat.