Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanfaatkan Media Umum Untuk Berdiri Gambaran Diri Konkret Dan Pengembangan Karier

Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier
KEKUATAN media umum seakan tidak dapat dibendung dan dihindari. Media pertemanan atau jejaring sosial ini terbukti efektif menyebarluaskan informasi, promosi, bahkan untuk pengembangan bisnis.

Tips mencari kerja via media sosial).

Dalam diskusi Linkedin Media Forum di Jakarta, Selasa 2 Agustus 2016, Head of Southeast Asia, Talent Solution Linkedin, Frank Koo, membagikan tips untuk membangun gambaran diri yang baik di media sosial. 

Dilansir Viva, secara khusus tips membangun gambaran diri nyata di media umum ini juga ditujukan bagi para "generasi milenials" (usai 18-34 tahun) untuk mencari dan membuatkan karier.

Untuk menerapkan tips ini, Anda harus punya akun media umum Linkedin yang dikenal sebagai situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama dipakai untuk jaringan profesional.

1. Otimalisasikan Profil di Linkedin

Menurut Frank, hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun gambaran diri yang baik malui sosial media ialah dengan mengoptimalisasikan profil dari Linkedin. 

Linkedin berbeda dengan media umum lainnya. Jadi, susunlah profile Linkedin seprofesional mungngkin. "Jangan hanya menuliskan poin-poin, tapi juga ceritakan dengan narasi yang baik, dan juga visual yang menarik," katanya.

Selain itu, Linkedin juga mempunyai fitur yang dapat dipakai untuk membagikan ide-ide atau penemuan yang dapat menarik perhatian para calon perekrut kerja. 

2. Sajikan Prestasi & Skills

Frank juga menyarankan untuk para milenial dapat menyajikan prestasi, keahlian dalam pekerjaan yang telah dimiliki dan dicapai. 

"Buatlah aneka macam bahan yang dapat Anda bagikan sesuai dengan keahlian dimana Anda mempunyai passion,"tambahnya.

3. Jaringan Pertemanan Sespesifik
Sebagai sosial media untuk para profesional, buatlah jaringan pertemanan sebaik dan sespesifik mungkin dengan pekerjaan, minat, dan talenta yang dimiliki. 

"Linkedin tidak menyerupai media umum pada umumnya, jadi pilihlah pertemanan hanya dengan orang-orang yang benar-benar Anda kenali, atau yang dapat dijadikan role model untuk karier,"lanjutnya.

Setelah mempunyai jaringan pertemanan yang baik, manfaatkanlah jaringan tersebut untuk menggali ilmu dan berguru dari pengalaman dari jaringan yang dimiliki. 

"Banyak berguru dari akun-akun profesional yang seusai degan passion. perusahaan juga akan melihat apa yang Anda bagikan melalui laman Linkedin Anda," jelasnya.

Demikian tips Memanfaatkan Media Sosial, dalam hal ini via LinkedIn, untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier. (http://www.baticmedia.com).*


Sumber https://baticmedia.blogspot.com/