Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jenis-Jenis Media Sosial

Media sosial yaitu bab dari media online Pengertian  Jenis-Jenis Media Sosial
Media sosial yaitu bab dari media online. Apa bedanya dengan jejaring sosial? Apa saja jenis media sosial?

MEDIA Sosial (social media) adalah yaitu susukan atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). 

Tanpa batas ruang dan waktu, para penggunanya dapat dengan gampang berpartisipasi, berbagi, dan membuat isi mencakup blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media umum yang paling umum dipakai oleh masyarakat di seluruh dunia. (Wikipedia).

Ciri utama media umum yaitu pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper (editor), serta para pengguna dapat berkomentar bahkan menghapus pesan yang tidak disukainya.

Sejarah & Perkembangan Media Sosial

Six Degree (1997-2001) tercatat sebagai media umum atau situs jejaring sosial (social networking) pertama di dunia. Sebelumnya, tahun 1995 muncul Class Mates namun lebih merupakan ajang reuni online lulusan Sekolah Menengan Atas di Amerika Serikat.

Revolusi terjadi tahun 1999 semenjak kemunculan media umum berupa blog yang memfasilitasi semua orang untuk membuat situs langsung (personal website).

Setelah itu bermunculan media-medis sosial lainnya, mulai Friendster (2002), jejaring sosial kalangan profesional LinkedIn (2003),  MySpace (2003),  Facebook (2004),  Twitter (2006), hingga Google+ (2011), Path, Instagram, hingga belasan medsos gres yang muncul tahun 2015.

Media sosial yang semula sebagai media komunikasi dan interaksi personal, sekarang menjelma sarana bisnis online dan publikasi informasi nyata yang menyemarakkan jurnalisme warga (citizen journalism).

Jenis-Jenis Media Sosial

Secara umum media umum mempunyai kemudahan yang sama, yakni berteman, chatting, berkukar info, foto, video, dan pean pribadi.

Berikut ini 6 jenis media umum berdasarkan praktisi marketing online Tim Grahl:

1. Social Networks3
Mengubungkan orang-orang atas dasar kesamaan minat dan latar belakang, menyerupai Facebook and LinkedIn.

2. Bookmarking Sites
Menyediakan layanan penyimpanan, penyusunan, dan pengelolaan tautan ragam situs web dan membaginya, menyerupai Delicious dan StumbleUpon.

3. Social News
Memungkinan semua orang memposting semua jenis isu dan link menyerupai Digg and Reddit.

4. Media Sharing
Pengguna dapat mengupload dan menyebarkan ragam media menyerupai gambar dan video, menyerupai YouTube dan Flickr.

5. Microblogging
Layanan online gratis yang fokus pada update ringkas (short updates) yang dipublikasikan dan dibagi kepada orang lain yang mengikuti (follow) atau berlangganan, menyerupai Twitter.

6. Blog Comments and Forums
Situs-situs langsung berbasis platform blog gratis menyerupai Blogger dan Wordpress.

Perbedaan Media Sosial vs Jejaring Sosial

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara media umum dan jejaring sosial.

Media sosial yaitu sarana. Jejaring sosial yaitu pemanfaatan sarana itu untuk membangun jaringan pertemanan dan bahkan bisnis.

Ada juga yang menggabungkan kedua istilah itu menjadi "Social Media Networking" (Jaringan Sosial Media). Wasalam. (www.baticmedia.com).*


Sumber https://baticmedia.blogspot.com/