Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Derma Adobe Photoshop

Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan. Terrain sanggup dibentuk dengan memakai fitur terrain tool di unity untuk menciptakan gunung, lembah, dsb. Tapi taukah anda jikalau terrain di unity ternyata sanggup juga dibentuk dengan memakai photoshop? Lebih hebatnya lagi sanggup buat generate terrain otomatis loh... Tapi meskipun otomatis balasannya dijamin gak main-main. Lihat saja misalnya di bawah

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop
Pada dasarnya sebuah terrain memang sanggup dibentuk denggan memakai .raw image, yaitu image yang berisi warta heightmap atau kalo saya terjemahkan yaitu peta ketinggian. Pada peta ketinggian suatu tempat digambarkan dengan warna-warna tertentu, biasanya hitam dan putih atau warna lain dengan intensitas gelap / jelas yang berbeda. Pada umumnya semakin putih suatu kawasan pada heightmap maka kawasan tersebut semakin tinggi, semakin hitam maka semakin rendah. Terus darimana kita mendapat heightmap? Heightmap sanggup diperoleh lewat gambaran satelit, atau dari peta-peta yang beredar di pasaran. Informasi selengkapnya perihal heightmap sanggup dilihat disini.

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

 Nah pada artikel kali ini berhubung judulnya "Men-Generate Terrain Otomatis" maka yang akan saya lakukan yaitu menciptakan heightmap ini secara otomatis memakai software Adobe Photoshop, bukan mengambil dari peta maupun gambaran satelit. Lho kok bisa? Ok... Kita ikuti saja tutorial step by stepnya :

Langkah pertama buka Adobe Photoshop dan buat project baru. Pada umumnya sebuah heightmap dibentuk dengan resolusi (2 ^ n) + 1, dengan nilai n terserah. Contoh : 65, 129, 257, 513, 1025, dll

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Jika project sudah dibentuk set background dan foreground menjadi putih dan hitam

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Sekarang kita buat heightmapnya dengan efek cloud. Klik Filter >> Render >> Clouds

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Maka jadinya akan menyerupai ini

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Gambar diatas jikalau eksklusif kita jadikan terrain balasannya akan garang dan kurang mantap sebagai terrain. Makara perlu kita lakukan enhancement dulu pada heightmap kita. Klik Filter >> Render  >> Difference Clouds. Dan balasannya akan menyerupai pada gambar di bawah

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Heightmap diatas jikalau diimplementasikan juga masih sangat kasar, akan banyak tebing-tebing di sekeliling jalan. Untuk itu kita perlu untuk melandaikannya dengan memakai Blur. Klik Filter >> Blur >> Gaussian Blur. dan atur seberapa landai terrain Anda. Semakin tinggi nilai blur maka terrain akan semakin datar, dengan sedikit tebing curam.


Dan berikut yaitu hasil heightmap yang sudah di blur. Tebing-tebing menjadi lebih landai menyerupai gunung-gunung

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Jika sudah, alasannya yaitu pada heightmap yang diharapkan hanya hitam dan putih maka remove semua channel warna. Sisakan hanya satu channel saja.

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop
Kemudian simpan menjadi raw image dalam format .raw
 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Kemudian kita masuk deh ke Unity. Kita buat terrain menyerupai biasa, lalu select terrain, dan import heightmap

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Tunggu proses loading selesai, maka jadinya menyerupai ini deh...

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Sedikit kita poles dengan memberi warna dan cahaya directional light... Nah jadi kan.. Terrain kita yang kita buat heightmapnya memakai adobe photoshop.

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Untuk menghaluskan terrain kita juga sanggup menghaluskan balasannya dengan tools dibawah

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Nah tinggal tambahkan vegetasi deh. Nambahnya vegetasi sanggup otomatis juga loh, pakai saja tool Terrain >> Mass Place Trees

 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop

Naaah... Jadinya menyerupai ini nih....


 Unity sebagai game engine menyediakan fitur untuk menciptakan terrain atau arena permainan Generate Terrain Otomatis Di Unity Dengan Bantuan Adobe Photoshop


Nah... Keren bukan... Sangat cocok untuk yang pengen bikin terrain cepet-cepet'an dan tanpa ribet. Emang sih tutorialnya rada panjang, tapi kalo dipraktekin akan jauh lebih cepet kok daripada bikin terrain dengan cara biasa. Tapi cara ini gak cocok lho untuk bikin terrain yang bener-bener perfect. Untuk projectnya akan saya upload di bawah.

Mungkin sekian sedikit ilmu yang sanggup saya sampaikan. Jika ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar yaaa.... Ok.. Sekian dulu dari saya.. Tetap semangat dan terus berkarya ^_^

DOWNLOAD CONTOH PSD HEIGHTMAP
DOWNLOAD PROJECT (MENYUSUL)




Sumber http://duniadigit.blogspot.com/