Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Pabrik Buruh Yang Baik Dan Benar

Apakah kau sedang mencari pola surat lamaran untuk bekerja sebagai buruh di pabrik? Bekerja di pabrik atau industri pengolahan memang mempunyai honor yang cukup besar, namun dengan jam kerja yang cukup panjang. Kamu sanggup mengirim lamaranmu ke kota kota industri di Indonesia menyerupai Batam, Karawang dan sebagainya. Dan kali ini akan mengatakan pola surat lamaran yang sanggup membantu mu dalam proses rekrutmen.

Apakah kau sedang mencari pola surat lamaran untuk bekerja sebagai buruh di pabrik Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Pabrik Buruh yang Baik dan Benar

Bekerja sebagai buruh di pabrik memang membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Saat ini, berbagai tenaga kerja di Indonesia masuk dalam kategori buruh. Dan kalau kau memang tertarik untuk mencoba pentungan sebagai buruh kau sanggup menciptakan surat lamaran kerja untuk pabrik incaranmu. Karena buruh juga digaji cukup tinggi, sesuai standar UMR dan pabrik masing masing.

Lowongan kerja buruh memang menjadi solusi bagi tingginya angka pengangguran dikala ini. Disaat banyak perusahaan multi nasional yang gulung tikar, pabrik besar atau pabrik skala rumah tangga yang menghasilkan produk siap pakai sanggup memperkerjakan para buruh dengan honor yang lumayan.

Baca juga : Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha

Kita niscaya sering mendengar istilah buruh, pekerja, tenaga kerja dan juga karyawan. Istilah tersebut bergotong-royong sama. Di indonesia sendiri profesi buruh selalu dipersepsikan dengan pekerjaan rendahan, bernafsu dan membutuhkan tenaga lebih ketimbang karyawan atau pekerja. Bila dibandingkan dengan buruh, jauh lebih tinggi.

Seperti contohnya buruh pabrik sepatu yang ada di kota Batam. Mereka di honor menurut UMR kota Batam dengan waktu kerja yang bergotong-royong sangat berat kalau dibandingkan dengan waktu kerja para karyawan kantoran.

Hal ini lah yang menciptakan profesi buruh hanya di gandrungi oleh mereka yang kurang mempunyai skill atau latar belakang pendidikan yang rendah menyerupai tamatan Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Tapi menjadi buruh tidaklah terlarang dan justru akan mengatakan pengalaman terbaik untuk kamu.

Bila nantinya honor dari profesi buruh tersebut sanggup kau kumpulkan, kau tentunya akan lebih bahagia membuka perjuangan atau bisnis sederhana bukan? Ini lebih baik dan lebih bebas dalam bekerja. Tidak mengalami keterikatan dan kita bebas bekerja kapan pun kita mau.

Lamaran Kerja Buruh


Cara menciptakan lamaran kerja pabrik


Pada dasarnya menciptakan surat lamaran kerja untuk buruh pabrik sama saja dengan menciptakan surat kerja pada umumnya. Hanya saja yang membedakan yakni tujuan maksud surat serta persyaratan dokumen yang lebih lengkap.

Kamu harus mempersiapkan hal hal sebagai berikut :

Apakah kau sedang mencari pola surat lamaran untuk bekerja sebagai buruh di pabrik Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Pabrik Buruh yang Baik dan Benar

Langkah pertama, buatlah lembar kerja gres di word atau aplikasi pengolah kata lainnya. Buat margin 3-3-3-3 dengan ukuran font 12 dan jenis font arial atau times new roman. tentunya ini tidak baku, sesuai dengan selera kau atau usul pabrik (bila ada).

Langkah kedua, mulailah mengetik bab kepala surat yang terdiri dari tanggal pembuatan surat pada kanan atas, tujuan surat, nama pabrik dan tempat pabrik.

Langkah ketiga, berikan paragraf pembuka yang berisi pernyataan kau mendapat info pekerjaan itu dari mana, akan melamar posisi apa dan selanjutnya memperlihatkan diri untuk bekerja yang diikuti dengan pencantuman list biodata singkat mengenai diri kamu.

Langkah keempat, berikan paragraf inti yang bercerita mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif mu yang masih berkolerasi dengan pekerjaan ini.

Langkah kelima, cantumkan poin per poin untuk syarat dokumen yang diharapkan atau dokumen yang kau lampirkan bersamaan dengan surat lamaran ini.

Langkah keenam, tulis paragraf terakhir yang menyatakan bahwa kau sangat menginginkan posisi ini dan kau akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melaksanakan tes atau tahapan seleksi selanjutnya.

Kemudian diakhiri dengan bubuhan tanda tangan yang diakhiri nama lengkap mu. Kamu juga sanggup menyertakan materai 6000 apabila diminta.

Baca juga : Tips Melamar Kerja Lewat Aplikasi Line Jobs

Contoh lamaran kerja pabrik


Seperti pada gambar diatas, kau sanggup melihat pola form surat lamaran kerja pabrik untuk buruh eksklusif yang mimin sematkan dalam dibawah ini dalam format word :



Batam, 17 Agustus 2020

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pemilik Pabrik

Pabrik PT. Kosngosan

Dengan hormat,

Sesuai dengan info lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari situs penyedia lowongan kerja, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama Pabrik Kosngosan. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud yakni sebagai buruh bab packing. Berikut merupakan data diri saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : Sekolah Menengah kejuruan Teknik Mesin
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823902579**
Status : Lajang

Saya mempunyai pengalaman sebagai buruh pabrik pengolahan cpo di tempat Riau, dikala ini saya mempunyai kesehatan yang baik, bahagia mencar ilmu dan sanggup bekerja secara individu maupun dalam tim. Sebagai materi pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Fotocopy KTP
4. Pas foto terbaru
5. Fotocopy Kartu Kuning (AK/1)
6. Fotocopy SKCK
7. Fotocopy Surat Kesehatan

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia mengatakan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap

Sobat sanggup mengunduh file word -nya dengan mengunjungi tautan surat lamaran kerja pabrik disini.

Penutup


Setelah kau Klik tombol download di atas kau akan dibawa ke halaman safelink tunggu beberapa detik sehingga tombol download muncul, dan kau akan dibawa ke media penyimpanan Google Play.

Selamat mendownload agar pola file diatas sanggup membantumu dalam mengirim surat lamaran lebih cepat sehingga kau diterima bekerja sebagai buruh di perusahaan atau pabrik idamanmu.

Baca juga : Contoh pembuatan surat pengunduran diri kerja atau resign

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh lamaran kerja pabrik sebagai buruh kali ini, agar sanggup membantu mu dalam mendapat pekerjaan yang kau impikan. Jangan lupa bersyukur dan teruslah mencari kerja. Bagikan goresan pena ini kepada sobat sahabat mu yang lain.
Sumber https://www.kosngosan.com/