Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Brokenlink Pada Website Kita

 Pada kesempatan kali ini saya Luqmanul Hakim selaku penulis  Cara Cek Brokenlink pada Website Kita
Image by Brokenlink

Pada kesempatan kali ini saya Luqmanul Hakim selaku penulis akan memperlihatkan panduan singkat mengenai cara cek broken link  pada website kalian dengan mudah. Apabila ada salah satu link yang mati di website, maka kualitas SEO website kalian kurang optimal.

Bahkan, apabila link tersebut memuat artikel yang sangat bermanfaat bagi pengunjung dan sudah bertengger di posisi puncak mesin pencari terlebih pengunjung akan kecewa alasannya artikel yang diharapkan tidak ada pada halaman tersebut.

Jika kalian menjadi pengunjung tersebut tentunya sangat kesal sekali bukan? Nah, oleh alasannya itu mari kita simak cara cek broken link dengan mudah.

Apa sih itu Broken Link?

Sebelum kita masuk ke cara cek broken link, terlebih dahulu kalian harus mengenal apa itu broken link.

Broken Link yaitu sebuah link rusak yang mengarah ke halaman kosong pada suatu blog. Link rusak ini tidak bekerja sebagaimana semestinya yang menampilkan artikel yang ingin dibuka, melainkan menampilkan halaman 404.

Broken link biasanya terjadi dikala kalian menciptakan artikel dengan link yang satu kemudian mengubahnya ke dalam link yang baru.

Misalnya menyerupai ini :

Link lama: https://iartikelindo.blogspot.com/search?q=5-apilikasi-yang-dapat-menghasilkan-duit-dan-terbukti?m=1

Link gres : https://iartikelindo.blogspot.com/search?q=5-apilikasi-yang-dapat-menghasilkan-duit-dan-terbukti?m=1

Ketika kalian mengunjungi link yang usang maka akan muncul halaman kosong atau artikel yang kalian cari tidak ada. Maka link usang yang tadi disebut dengan broken link (link mati).

Meskipun mempunyai sedikit sekali pengaruhnya ke blog, namun sangat besar pengaruhnya di SERP. Artikel yang semula di papan atas mesin pencari google tiba-tiba mengalami penurunan. Hal ini sangat disayangkan apabila tidak segera diperbaiki.

Bagaimana  sih cara mengecek broken link pada website?

Cara mengecek broken link sangatlah mudah. Di internet telah tersebar aneka macam tools yang sanggup kalian gunakan. Kalian juga sanggup cek broken link dengan metode manual.

Terdapat 2 cara yang akan saya bagikan kali ini.

1. Dengan MengeCek broken link memakai brokenlinkcheck

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengunjungi situsnya Brokenlinkcheck terlebih dahulu. Kemudian masukan link blog kalian pada kolom disebelah kanan. Klik “Find Broken Links”.

Setelah kik find broken links, kalian harus memasukan security code dan dihadapkan pada 2 opsi yakni :


  1. Report distinct broken
  2. Report all occurrences of each dead link (may be slower)

Saran saya pilih opsti yang ke 2 meskipun lambat tetapi cara cek broken link ini sangat anggun untuk mengetahui semua link mati yang ada pada blog kalian. Lalu klik “Finds broken links now”.

Selanjutnya tunggu hingga simpulan setiap halaman yang dicek, memakan waktu kurang lebih 3 – 5 menit. Itu pun juga tergantung pada banyaknya jumlah link pada blog kalian.

Kolom “page where found” membuktikan sumber link yang mati tersebut dan pada kolom “server response” membuktikan hasil indeks broken link. Setelah kalian tahu link mana saja yang mati, selanjutnya tinggal hapus dan ganti dengan yang baru.

2. Cara Cek broken link di blog memakai Siteliner

Tidak jauh berbeda dari cara yang pertama, cara cek broken link memakai Siteliner mempunyai fitur yang lebih komplit.

Kalian sanggup melaksanakan cek duplikat konten, cek broken link, halaman redirects, page size, page load speed, jumlah kata per halaman dan masih banyak lagi.

Masukan link blog kalian kemudian klik tombol “Go”.

Tunggulah beberapa menit hingga seluruh laporan mengenai blog kalian muncul. Kemudian klik sajian “Broken Links” di kiri atas.

Disini kalian disajikan halaman yang menampilkan semua broken link yang ada pada situs kalian. Untuk mengetahui lebih detail link mana yang mati, kalian sanggup klik url dan segera hapus broken link tersebut.

Cara Memperbaiki Broken Link memakai Plugin

Setelah kalian tahu mengenai cara cek broken link di blog, langkah yang sangat penting yakni memperbaiki link mati tersebut memakai plugin.

Sebenarnya terdapat aneka macam plugin yang sanggup membantu kalian dalam memperbaiki broken link. Contohnya : Rank Math, Yoast SEO, Broken Link Checker, dan masih banyak lagi.

Kali ini saya memakai plugin Rank Math untuk memperbaiki link yang rusak. Alasan saya memakai plugin ini yaitu akomodasi dalam penggunaannya.

Berikut langkah-langkah memperbaiki broken link memakai plugin Rank Math :


  1. Install Plugin Rank Math, Yoast SEO, atau sejenisnya..
  2. Buka sajian redirections pada rank math di sebelah kiri sajian dashboard wordpress
  3. Klik Add New redirections kemudian masukan link mati dan link gres yang aktif
  4. Pilih redirections type 301 Move Permanent
  5. Pastikan status Activate, kemudian klik Add Redirections.

Sumber https://pedialuqman.blogspot.com/