Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Extension Unity Sering Dipakai (Menurut Saya)


Unity merupakan tools serba sanggup untuk berbagi game. Unity sanggup dipakai untuk berbagi banyak sekali jenis game antara lain Role Playing Game (RPG), First Person Shooter (FPS), Racing, dsb. Dalam Unitypun sudah didukung banyak sekali library atau tools yang cukup ampuh unutuk mendukung pembuatan game. Sebut saja component physics NVidia Phisx secara default akan disematkan di dalam Unity untuk mempermudah mengaplikasikan hukum-hukum fisika pada sebuah object. Selain itu di dalam Unity juga disematkan banyak sekali tools lain yang amat sangat membantu dalam pembuatan game menyerupai Character Controller, Pathfinding, Lighting, Sound, dan masih banyak tools-tools lain yang sanggup dimanfaatkan.

Dengan segala bentuk kesaktiannya bukan berarti Unity sanggup melaksanakan segala hal. Masih ada banyak hal yang tidak sanggup dilakukan di Unity, sehingga seorang programmer harus membuatnya dari awal dengan tools-tools yang tersedia. Sebut saja 2D sprite manager, Unity (sampai versi Unity 4) setahu saya belum memperlihatkan fitur untuk menjalankan sprite 2D di enginenya. Oleh alasannya yaitu itu seorang programmer harus bersusah payah untuk menciptakan sprite manager biar sanggup menciptakan game 2D di Unity. 

Dari keterbatasan di atas untungnya unity menyediakan fitur package dalam exstensi .unitypackage yang memungkinkan seorang pengembang pihak ketiga menciptakan sebuah project library pemanis untuk meningkatkan kesaktian engine ini. Mungkin cukup dulu basa basinya, dan berikut yaitu beberapa lib yang berdasarkan saya sangat bermanfaat untuk berbagi game :
 
Augmented reality (realitas tertambah)
Vuforia SDK (free) >> disini

2D Sprite Manager (tools untuk menciptakan sprite dalam berbagi game 2D)
Orthello (free & berbayar) >> disini
2DToolkit (berbayar) >> http://www.unikronsoftware.com/2dtoolkit/

Path Finding (mencari rute jalan)
Arongranberg (Metode A*, free & berbayar) >> disini

Mungkin sekian yang sanggup saya berikan.. Semoga bermanfaat. Jika ada pemanis silahkan comment yah… Terus berkarya dan terima kasih ^^
Sumber http://duniadigit.blogspot.com/