Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Untuk Menyidik Keamanan Koneksi Internet Anda

Dengan begitu banyak titik kelemahan potensial dalam jaringan, sulit untuk mengetahui apakah semuanya sudah diamankan dengan benar. Apakah koneksi Anda aman, dan bagaimana Anda tahu di mana letak kelemahannya.

Inilah cara menyidik apakah jaringan Anda kondusif sehingga Anda sanggup mempunyai ketenangan pikiran.

Uji Firewall Anda Untuk Melihat Kelemahan
Pelabuhan panggilan pertama untuk menyidik keamanan internet Anda ialah firewall. Pekerjaan utama firewall ialah melindungi porta pada komputer Anda dari pengunjung yang tidak diinginkan. Karena itu, ada baiknya untuk menguji port ini untuk memastikan koneksi yang tidak sah tidak sanggup masuk.

Untungnya, Anda tidak perlu membayar peretas untuk menyerang firewall Anda. Layanan ibarat Alat Keamanan Komputer dan Antivirus Terbaik untuk Anda pertimbangkan, jadi pastikan untuk memeriksanya kalau kegiatan Anda dikala ini gagal.

Uji Kekuatan Antivirus Anda
Perangkat lunak antivirus mengamankan unduhan Anda untuk memastikan tidak ada yang berbahaya masuk ke sistem Anda. Sebagai hasilnya, merupakan wangsit manis untuk memastikannya aktif dan melaksanakan tugasnya dengan benar. Antivirus yang jelek tidak akan menangkap ancaman dikala muncul dan akan membiarkannya menginfeksi komputer Anda.

Untuk menguji antivirus dengan aman, Anda sanggup mengunduh file EICAR. File EICAR sendiri tidak berbahaya, tetapi antivirus dilatih untuk mendeteksinya seakan-akan itu ialah virus. File EICAR sanggup diunduh sendiri, atau dibundel dalam lapisan file ZIP dalam upaya untuk menyembunyikannya dari antivirus Anda. Ini menciptakan file EICAR cara yang manis untuk menguji antivirus Anda tanpa mengekspos PC Anda terhadap ancaman aktual.

Kami telah membahas lebih banyak Cara Aman Menguji Kemampuan Antivirus Anda. Jika Anda bertanya-tanya apakah antivirus Anda secara normal, pastikan untuk mencoba beberapa metode itu.

Periksa Protokol Anda Saat Menjelajah
Ketika Anda mengirim data ke situs web yang memakai protokol HTTP, itu dikirim sebagai apa yang disebut "plaintext." Ini berarti tidak ada yang mengenkripsi data antara Anda dan server target. Orang-orang sanggup mengintip apa yang Anda kirim dan mencatat isu langsung apa pun. Ini menciptakan HTTP berbahaya untuk dipakai di jaringan publik, alasannya ialah Anda tidak pernah yakin apakah seseorang mencatat data Anda.

Di sisi lain, HTTPS mengenkripsi data Anda. HTTPS biasanya dipakai ketika Anda masuk ke situs web, sehingga isu Anda disembunyikan. Anda sanggup mengetahui apakah situs web memakai HTTPS dengan melihat URL; itu harus dimulai dengan "HTTPS" kalau koneksi Anda aman. Peramban juga sanggup menampilkan ikon di sebelah bilah alamat untuk memberi tahu Anda bahwa data Anda dienkripsi. Google Chrome, misalnya, akan memperlihatkan gembok kecil untuk memberi tahu Anda bahwa itu memakai HTTPS.

Saat Anda masuk ke situs web, pastikan untuk menyidik protokolnya. Jika memakai HTTPS, Anda kondusif untuk masuk. Jika Anda tidak melihat kunci, situs web memakai HTTP dan tidak aman. Jika ini terjadi ketika Anda mengunjungi situs web populer, ada kemungkinan besar bahwa malware telah mengarahkan Anda ke situs web palsu yang terlihat identik dengan yang asli. Ini dilakukan biar para peretas sanggup memperoleh detail login Anda dan masuk ke akun nyata Anda di situs web yang sebenarnya.

Jika Anda tertarik memakai HTTPS di sebanyak mungkin situs web, ada baiknya melihat HTTPS Everywhere. Ini ialah pelengkap yang kompatibel dengan sebagian besar browser terkenal dan memaksa HTTPS di setiap situs web yang mendukungnya.

Baca Juga


Amankan Router Anda Dari Peretas
Router Anda ialah hub sentra untuk koneksi internet rumah Anda. Ini menangani siapa yang bisa dan tidak bisa memakai koneksi Anda, yang menjadikannya sasaran utama bagi peretas. Karena itu, ada baiknya mengamankan router Anda untuk mencegah sakit kepala di masa depan.

Untuk satu, pastikan Anda memakai WPA2 untuk kunci Wi-Fi Anda. Jika Anda mendapatkan router semi-baru-baru ini, ada kemungkinan sangat besar telah memakai WPA2 semenjak Anda membelinya. Model usang akan memakai WPA, atau lebih buruk, WEP. Ada banyak alasan mengapa Anda dilarang memakai WEP, jadi pastikan untuk membeli router gres kalau Anda menggunakannya. Untuk pilihan router terbaik kami lihat Router WiFi Terbaik Untuk Jarak Jauh atau Router Terbaik untuk Game.

Apakah jaringan Anda kondusif dari peretasan kata sandi? Jika Anda tidak yakin, periksa ulang kata sandi yang dipakai router Anda. Ada dua yang perlu Anda periksa: kata sandi untuk mengakses jaringan dan kata sandi yang memberi Anda kontrol admin atas router itu sendiri.

Saat ini, router memakai kata sandi acak untuk setiap model untuk menghentikan peretasan. Namun, model yang lebih usang atau lebih murah, kemungkinan akan memakai nama pengguna dan kata sandi standar, ibarat standar klasik "nama pengguna: admin, kata sandi: admin". Jika Anda mempunyai ini, pastikan untuk segera mengubahnya!

Jika Anda merasa paranoid, Anda juga sanggup mengubah SSID router Anda. Secara default, router Anda menyiarkan nama yang memperlihatkan model apa itu. Jika peretas menemukan kesalahan pada model perute Anda, SSID Anda akan mengungkapkan bahwa Anda memakai perute yang rentan.

Memberi router Anda nama yang menyenangkan menyembunyikan nama model Anda dan mempersulit peretas untuk meretas keamanan Anda.

Periksa Koneksi VPN Anda Untuk Melihat Kebocoran
Apakah koneksi internet Anda kondusif dari kebocoran DNS? Jika Anda memakai VPN, sebaiknya periksa ulang apakah itu membocorkan isu wacana keberadaan Anda yang sebenarnya. Jika istilah "VPN" tidak berarti apa-apa bagi Anda, Anda tidak perlu khawatir wacana langkah ini. 

Jika Anda benar-benar memakai VPN, Anda sanggup menyidik ulang apakah layanan tersebut menyembunyikan Anda memakai IP Leak. Ini akan mendesak kemudian lintas Anda untuk memastikan bahwa koneksi VPN Anda aman, dan tidak "membocorkan" detail nyata Anda. Jika Anda mengunjungi situs web tanpa VPN, itu akan memperlihatkan kepada Anda semua isu yang sanggup disimpulkan dari koneksi Anda.

Ketika Anda mengunjungi kembali situs web sesudah mengaktifkan VPN, itu akan memperlihatkan rincian server VPN, bukan milik Anda. Jika Anda melihat detail Anda, itu berarti VPN Anda tidak mengamankan koneksi Anda dengan baik. Dan untuk mengatur VPV di router Anda lihat panduan kami Cara Mengatur VPN di Router 

Menjaga Koneksi Anda Aman
Ada banyak cara di mana seorang peretas sanggup membahayakan koneksi Anda. Namun, tidak perlu khawatir; dengan melaksanakan beberapa tes sederhana, Anda sanggup memastikan bahwa koneksi Anda kondusif untuk digunakan.

Jika Anda ingin mengambil langkah ini lebih jauh, mengapa tidak mempelajari beberapa tips sederhana Cara Menyembunyikan Jaringan Wifi Anda dan Mencegahnya Tidak Terlihat.


Sumber https://bintalahe.blogspot.com/