Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Media Online Jenis-Jenisnya

Online ialah saluran penyampaian pesan dan anutan yang hanya sanggup diakses melalui Pengertian Media Online  Jenis-Jenisnya
Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Online.


MEDIA Online ialah saluran penyampaian pesan dan anutan yang hanya sanggup diakses melalui jaringan internet.

Secara bahasa, media online terdiri dari dua kata: media dan online.

Media --bentuk plural dari kata medium-- artinya saluran atau sarana. Online artinya terhubungn dengan komputer, jaringan komputer, atau internet.

Dari pengertian media online secara bahasa, maka secara umum, segala jenis media komunikasi yang memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya, baik dari sisi komunikan maupun sisi komunikator, dinamakan media online.

Business Dictionary mengartikan media online sebagai "digital media, which includes photos, video and music, distributed over the Internet, which are either non-copyrighted or copyrighted materials provided either freely or for a fee."

Media Baru

Media online --disebut juga media digital, media siber (cyber), dan media internet-- merupakan media gres (new media) sehabis media cetak (suratkabar, majalah, tabloid) dan media elektronik (radio, televisi, film).

Dalam pengertian media online secara umum, yang termasuk media online antara lain email --termasuk mailing list (milis), situs werb (website), blog, WhatsApp, Line, We Chat, Facebook, Twitter, Path, Instagram, serta media umum atau jejaring sosial (social networking).

Selain hanya sanggup diakses melalui internet, yang membedakan media online dengan media konvensional (cetak) ialah konten multimedia --teks (huruf), gambar (foto), audio (suara), video (gambar bergerak), dan link (tautan).

Elemen konten media online yang sama sekali gres ialah link atau hyperlink, yaitu tautan ke informasi lain yang sanggup diakses dengan sekali "klik", "touch", atau "tap".

Jenis-Jenis Media Online

Jenis-jenis media online yang kita kenal ketika ini sanggup diklasifikasikan menjadi

1. Mesin Pencari (Search Engine).

Situs web yang menjadi pintu masuk menuju aneka macam informasi yang diinginkan atau dicari, menyerupai Google, Bing, dan Yahoo.

2. Portal.

Website yang menyediakan beraneka ragam informasi, yaitu portal berita (news portal) atau situs informasi menyerupai CNN, BBC, Detik, Republika Online, Okezone, dll.

3. Media Sosial (Social Media) atau Jejaring Sosial (Social Networking). 

Situs web yang menjadi lembaga online untuk berinteraksi, berteman, mengembangkan informasi, ngobrol atau bertegur sapa, menyerupai Blog, Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Instagram, Linkedin, MySpace, Path, dll.
Situs-situs lembaga, instansi, perusahaan, yayasan, organisasi, dan situs pribadi (personal website) termasuk media umum alasannya ialah bertujuan utama "sosialisasi" kebijakan, produk, jasa, aktivitas, program, dan --untuk situs pribadi--berbagi pemikiran dan pengalaman serta membangun jaringan, klien, konsumen, kenalan, kawan bisnis, dll.

4. Aplikasi Chatting.

Yaitu software atau acara yang memungkinan orang-orang mengobrol secara online tanpa batas geografis, menyerupai Skype, Yahoo Messenger, WhatsApp, Line, We Chat, dll.

5. Surat Elektronik (Electronic Mail, Email). 

Akun di sebuah situs web yang menyediakan sarana bertukar pesan atau informasi melalui internet, menyerupai Yahoo Mail dan Google Mail (Gmail).

6. Perdagangan Elektronik (Electronic Commerce, e-commerce)

Situs jual beli online, bisnis online, berupa penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran, serta transaksi barang dan jasa yang dilakukan secara online, termasuk Marketplace menyerupai Kaskus, Berniaga, Bukalapak, OLX (d/h Toko Bagus).

Jenis-Jenis Media Massa Online (Pers)

Selain jenis-jenis media online secara umum, ada juga pembagian terstruktur mengenai media online dalam pengertian media massa (pers) online, yaitu media komunikasi massa yang mempublikasikan karya jurnalistik (berita, feature, opini), termasuk foto dan video.

  1. Edisi Online media cetak surat kabar, tabloid, atau majalah, menyerupai Republika Online dan Kompas Cyber Media.
  2. Situs Berita Online murni --tidak menyediakan edisi cetak, menyerupai Detik, Okezone, Viva News, Antara News.

Karakteristik Media Online

  1. Kapasitas luas --halaman web sanggup menampung naskah sangat panjang
  2. Pemuatan (posting) dan editing naskah sanggup kapan saja dan di mana saja.
  3. Jadwal terbit (publikasi informasi terbaru) sanggup kapan saja bisa, setiap saat.
  4. Cepat, begitu di-upload eksklusif sanggup diakses semua orang.
  5. Menjangkau seluruh dunia yang mempunyai susukan internet.
  6. Aktual, berisi info faktual alasannya ialah kemudahan dan kecepatan penyajian.
  7. Update, pembaruan informasi terus dan sanggup dilakukan kapan saja.
  8. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya kemudahan kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  9. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan sanggup ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan kemudahan ”cari” (search).
  10. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Demikian Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya yang tentu saja "debatable" (bisa diperdebatkan).

Yang jelas, media online ialah media yang tersaji di internet dan hanya sanggup diakses dan berfungsi melalui perangkat komputer atau gadget yang terkoneksi dengan internet. Wasalam. (www.baticmedia.com).*


Sumber https://baticmedia.blogspot.com/