Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Biaya Transfer Realtime Online, RTGS, Kliring / LLG

Pengguna internet dan mobile banking gak usah pada bingung, kalau mau transfer ke bank lain cukup pilih opsi; transfer online realtime.  Duit yang dikirim akan diterima saat itu juga. Beres!

Selesai deh bahasan sampai disini. Silahkan pergi.... ..

**
Karena saya masih mau main-main disini, biar saya catat perbedaan transfer online realtime, Kliring (lalu lintas giro/ LLG) dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Toh ini si Lenka juga masih mau nemenin. Dari tadi bolak-balik aja lagunya;  The Show, Everything At Once dan  Trouble Is A Friend,  padahal gak ngerti juga ini bahasanya wkwkwwkk…....

Saya bikin perbedaan sederhana, mudah-mudahan bisa di mengerti (kalau pakai penjelasan baku saya gak paham), kalau nantinya ada yang salah atau kurang tolong di koreksi dan ditambahkan

Perbedaan Transfer Online, RTGS dan LLG

Item
Kliring (LLG)
RTGS
Online Realtime

Eksekutor
BI
BI                   
Provider ATM

Settlement (penyelesaian akhir)
Jam 10, 12, 14, 16, secara bersamaan,
Hari kerja

Setiap saat,
Hari kerja

Saat itu juga


Sarana / prasarana
Kantor cabang,
Mobile banking,
internet banking,
Kantor cabang,
Mobile banking,
Internet banking
Mesin ATM,
Mobile banking,
SMS Banking,
Internet banking,
Phone banking
Minimum Rp
?
100 juta
Variatif sesuai ketentuan masing2 bank
Maksimal Rp
?
?
variatif
Biaya Rp
5000-15000
25.000 - 50.000
6500-7500                           






Dari table diatas moga  jadi jelas.  Transfer realtime online paling cepat . Tidak perlu nunggu berjam-jam apalagi berhari-hari sampai rekening tujuan. Memang ada batasannya, tapi itu sudah cukup untuk perorangan yang perlu mengirim uang tidak dalam jumlah besar. Lain cerita kalau untuk keperluan korporasi yang membutuhkan nominal transfer besar.

Semoga table diatas juga dapat menjawab jika ada pertanyaan; transfer antar bank LLG berapa hari sampe, atau transfer RTGS berapa lama.

Transfer Antar Bank Online Realtime
Kalau transfer ke rekening lain masih pada bank yang sama maka yang di gunakan adalah system yang dibangun oleh bank itu sendiri.  Makanya biaya transfer kesesama bank adalah gratis.(kecuali BRI, transfer ke sesama BRI ada biaya )

Tapi kalau transfer ke rekening lain  beda bank, maka yang di gunakan adalah system komunikasi data yang dibangun provider ATM atau yang di sebut juga perusahaan switching ( ini juga berlaku untuk tarik tunai di atm bank lain). Maka untuk menggunakan layanan ini ada biaya interkoneksi yang di bebankan pada nasabah. Biaya yang kita keluarkan  itu kemudian di bagi  (menjadi keuntungan ) antara bank dan perusahaan pengelola ATM. Saat ini, di indonesia  ada empat  perusahaan pengelola ATM  ; Bersama, Prima,  Alto dan Link

Saat ini, transfer antar bank realtime tidak hanya bisa dilakukan  pada sesama anggota jaringan. Karena semua provider ATM sudah saling terhubung. Jadi transfer ke bank mana saja bisa. Transfer dari bank  mandiri ke BCA atau sebaliknya, dari BNI ke BII, dari BTN ke OCBC NISP,  BRI ke bukopin, bahkan dari satu kartu atm BRI Syariah keberbagai bank : BCA, permata,  sinarmas, panin, bank mega, mayapada, muamalat, mandiri dsb.

Transfer ke rekening bank lain via ATM, SMS banking atau phone banking di perlukan kode Bank sebelum pengetikan nomor rekening tujuan. Daftar kode bank bisa dilihat pada halaman berikut : daftar kode bank untuk transfer antar bank.

Yang kadang jadi bahan pertanyaan saya malah ketika bank tersebut tergabung dalam beberapa jaringan, entah jaringan mana yang jadi prioritas.

Misalnya begini;
Saya transfer dari BII Maybank ke CIMB Niaga melalui internet banking atau ATM. Kadang yang di gunakan jaringan ATM bersama kadang juga ATM Prima.  Itu yang saya maksud  jaringan mana  jadi prioritas  pertama (gak penting banget ya mikirin yang kayak gini..... Yang penting duit aman sampai tujuan juga sudah beres)

Untuk di ketahui, BII tergabung dalam jaringan ATM Prima, alto, dan bersama, sementara CIMB niaga dalam jaringan Prima dan Bersama.  Jadi kalau masih ada mau mikirin seperti saya silahkan lanjut.

Biaya Interkoneksi
Sejak 1 november 2014 tarif interkoneksi  telah diperbaharui. Yang tadinya Rp 5000 untuk penarikan di atm bank lain, dan transfer ke bank lain, sekarang beda.

Tabel dibawah adalah biaya interkoneksi. Biaya ini tidak sepenuhnya sama, karena setiap bank memiliki kebijakan tariff tersendiri. Ada yang menggratiskan dengan syarat tertentu, ada yang juga  gratis dalam masa promosi

Transaksi
ATM Bersama
ATM
Prima
ATM
Alto
ATM
Link

Penarikan di atm
7500
7500
7500
7500

Transfer di atm             
7500
6500
7500
7500

Cek saldo di atm
3000  s.d   4000

Transaksi gagal karena saldo tidak cukup
3000  s.d   4000
Transfer internet banking
7500
6500
7500
7500

Transfer  mbanking

7500
6500
7500