Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seo Blogger: Seni Administrasi Dan Cara Meningkatkan Pagerank

SEO Blogger: Strategi Dan Cara Meningkatkan PageRank - Pada prinsipnya platform Blogger.com  sudah mempunyai fitur/faktor yang mendukung pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization (SEO) yang sengaja di desain untuk menunjang/meningkatkatkan PageRank situs blog. Akan tetapi mungkin sebagian blogger pemula kurang mengerti bagaimana seharusnya memaksimalkan penggunaan fitur yang ada pada blogger biar situs mempunyai reputasi (PageRank) yang baik di search engine atau penelusur dan bisa bersaing di laman hasil penelusuran menyerupai Google, Bing, Yahoo dan Yandex.

Apa Yang Dimaksud Dengan PageRank?

PageRank yaitu istilah yang digunakan untuk menentukan/mengukur tingkat popularitas dan reputasi situs web. PageRank meliputi 3 hal penting yaitu Domain Authority (DA), Page Authority (PA) dan Backlink (tautan balik). Jika tiga faktor ini baik maka PageRank situs web juga akan baik, kini pertanyaannya yaitu bagaimana cara meningkatkan DA dan PA situs web?
  1. Memperbanyak konten original yang sesuai dengan niche situs
  2. Buat konten yang fresh (konten dengan bahan pembahasan yang baru)
  3. Bersaing di keyword (kata kunci) yang minim kompetitor
  4. Pelajari "Cara menciptakan konten berkualitas"
  5. Pelajari wacana SEO (search engine optimization)
  6. Dapatkan Backlink berkualitas
Yang paling cepat untuk meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) konten original yang fresh, situs web gres mungkin akan mengalami banyak kesulitan jikalau bersaing di kata kunci (keyword) dengan nilai kompetitor yang tinggi. Oleh alasannya yaitu itu sangat disarankan untuk bersaing di kata kunci yang low competition terlebih dahulu. Tujuannya yaitu untuk mendongkrak DA/PA secara drastis sehingga dikala PageRank sudah mulai naik/bagus, situs akan lebih gampang bersaing di laman hasil pencarian meskipun dengan kata kunci high competition (daya saing tinggi).

Selanjutnya yaitu mempelajari wacana SEO "Mengoptimalkan situs web dan konten di laman pencarian" kemudian disusul dengan backlink di final pembahasan. Kaprikornus eksklusif saja menuju trik seo pada platform blogger dan beberapa faktor seo lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan pagerank situs web/blog. Berikut langkah-langkah pengoptimalan/optimasi seo yang harus dilakukan.
faktor yang mendukung pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization  SEO Blogger: Strategi Dan Cara Meningkatkan PageRank
SEO Blogger: Strategi Dan Cara Meningkatkan PageRank

Optimasi Header Blog

Buatlah nama dan domain unik untuk situs blog anda contohnya "Borisinil" dan url yang digunakan borisinil.blogspot.com atau borisinil.com untuk custom domain.

Kemudian setting dan aktifkan <meta> Description dan isi deskripsi blog dengan kalimat yang mengandung kata kunci yang memperlihatkan citra wacana judul dan niche situs.
faktor yang mendukung pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization  SEO Blogger: Strategi Dan Cara Meningkatkan PageRank
Meta description blogger
Meta description berfungsi untuk menampilkan cuplikan "keterangan" wacana informasi sebuah laman web di laman hasil pencarian. Cuplikan atau snippet paragraf pendek yang ditampilkan pada deskripsi url/situs sangat membantu untuk meningkatkan jumlah klik tayang (trafik dari search engine).
faktor yang mendukung pengoptimalan mesin telusur atau Search Engine Optimization  SEO Blogger: Strategi Dan Cara Meningkatkan PageRank
Search Engine Analyst
Pada dasarnya fungsi deskripsi yaitu untuk memperlihatkan informasi yang lebih terang kepada user mengenai url web yang mereka lihat di laman hasil pencarian, terkadang mesin pencari juga memanfaatkan kata kunci yang ada pada deskripsi jikalau kata kunci yang cari oleh user tidak ditemukan di dalam laman web.

Mengoptimalkan Konten Blog

  1. Buatlah judul konten "artikel" dengan kalimat yang terang dan singkat
  2. Gunakan permalink untuk menciptakan url yang ringkas dan deskriptif
  3. Hindari penggunaan kata yang berulang pada judul artikel.
  4. Hindari penggunaan URL yang terlalu panjang pada url konten/artikel.
  5. Sisipkan kata kunci pada judul artikel, URL dan deskripsi artikel.
Dan sebaiknya saya anjurkan untuk mengenali kompetitor anda sebelum menciptakan konten dengan kata kunci yang sudah anda pilih supaya kau sanggup memilih langkah-langkah pengoptimalan konten berikutnya menyerupai taktik penulisan dan isi bahan yang lebih deskriptif.

1. Teknik Penulisan Artikel Agar SEO Friendly

Konten "Artikel" yang SEO Friendly mempunyai 3 ciri khas yaitu; Deskriptif, Informatif dan Fresh atau inspirasi baru, jikalau 3 ciri tersebut sudah terpenuhi 80% artikel sudah seo friendly, untuk mendapat nilai atau ranking yang lebih di search engine sedikit perhiasan teknik seo perlu diterapkan untuk mengoptimalkan konten / artikel, berikut klarifikasi lengkap nya;
  • Buatlah konten atau artikel dengan klarifikasi yang lengkap dan tidak bertele-tele.
  • Gunakan "bullet list" untuk mengumpulkan poin-poin materi.
  • Gunakan long tail keyword untuk mendukung kata kunci utama artikel.
  • Buat deskripsi artikel dengan kalimat terang (deskriptif) dan berisi kata kunci
  • Gunakan subheading (heading tag) pada artikel yang panjang
  • Hubungkan antar artikel yang mempunyai keterkaitan yang sangat akrab dengan memakai tautan.
  • Gunakan atribut "nofollow" pada url pihak ketiga atau external links yang ada halaman artikel untuk mencegah pentransferan pagerank.
Pelajari secara khusus cara menciptakan konten berkualitas dan seo friendly disini.

2. Optimasi Multimedia "Gambar atau Image"

Salah satu perayap google yang paling kuat terhadap indexing dan crawling situs web yaitu googlebot-image, Itu sebabnya di dalam sebuah artikel hendaknya disertakan multimedia pendukung contohnya menyerupai gambar, tujuan-nya biar artikel lebih gampang dikenali dan sanggup ditemukan di laman hasil pencarian dengan banyak cara.

Untuk memaksimalkan perayapan "googlebot-image" terhadap laman web atau artikel perlu dilakukan beberapa pengoptimalan pada gambar artikel yaitu;
  • Tambahkan Caption dan Tag Alt Image pada gambar yang di upload kedalam artikel
  • Sisipkan kata kunci utama artikel pada teks Caption dan Tag Alt Image
  • Gunkan file gambar yang sesuai dengan standard web (PNG, JPG, GIF, and SVG)
  • Hindari penggunaan gambar diatas 500kb
Selain memaksimalkan konten di mesin telusur, penggunaan gambar dengan size yang lebih kecil juga bermanfaat untuk menjaga kecepatan pemuatan "loading" situs. Tentu saja itu akan kuat besar dalam meningkatkan pagerank situs web/blog.

SEO Strategy

Mengapa SEO membutuhkan strategy? Selain mengoptimalkan konten dan keyword artikel, diharapkan juga Strategy SEO biar konten yang sudah dioptimalkan lebih gampang ditemukan di mesin telusur dan berikut ini yaitu beberapa strategy yang harus diterapkan dalam Optimasi SEO Blogger.

1. Membuat Navigasi Situs Yang Jelas
  • Kelompokkan artikel dengan memakai tag label
  • Hindari penggunaan tag label yang berlebihan (Ideal nya 1 sampai 2 tag label)
  • Hindari penggabungan tag label yang berlawanan contohnya "SEOCooking", yang benar yaitu "SEO, Blogging".
Fungsi tag label intinya yaitu untuk menciptakan kategori artikel/mengelompokkan konten menurut kategori, kemudian didukung dengan Breadcrumb akan memudahkan mesin pencari menemukan konten atau artikel menurut kategori (tag label).

2. Optimasi Blog di Sosial Media

Mengapa harus mengoptimalkan blog di sosial media? Dalam dunia blogging sosial media merupakan alat promosi situs/konten yang paling efektif, secara tidak eksklusif grafik kemudian lintas (trafik) yang diperoleh melalui sosial media juga mensugesti "memberikan dampak baik" terhadap rating konten dan situs itu sendiri di search engine dan yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan situs web di sosial media adalah;
  • Setting thumbnail share posts dan header blog biar lebih menonjol di Sosial Media (Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn dan sebagainya)
  • Membuat laman sosial media yang serupa dengan nama (judul situs web), ini bertujuan biar keyword situs sanggup mendominasi halaman hasil penelusuran search engine "google".
  • Kaitkan laman sosial media dengan situs blog untuk membangun backlink positif
  • Bagikan setiap post yang di publikasikan di situs blog ke laman sosial media, untuk mendongkrak keterlihatan (Fanspage Facebook, Twitter, Gplus, Pinterest, LinkedIn dsb) dilaman hasil pencarian search engine.
Sebagai pola meningkatkan secara optimal SEO dengan memanfaatkan sosial media, cobalah ketikkan Keyword "Halaman Kepri" di penelusur anda, hampir 100% laman hasil pencarian dikuasai sepenuhnya oleh situs tersebut.

3. Memaksimalkan Kecepatan Pemuatan Situs
  • Asynchronous bundling javascript yang memblokir rendering halaman (Optimasi PageSpeed Insights)
  • Kurangi penggunaan inline css pada html situs
  • Minify JavaScript, CSS dan HTML Situs
  • Gunakan Tag DNS Prefetching, atau
  • Gunakan template AMP jikalau memungkinkan.
Prioritas utama google pada mesin pencari yaitu mengutamakan kenyamanan kepada pengguna-nya khususnya pengguna mobile device. Oleh alasannya yaitu itu google mengajak semua pengembang situs untuk menciptakan website yang mobile friendly (ramah seluler), Dan bukan diam-diam umum jikalau google memprioritaskan situs yang lebih cepat di mesin pencarian nya.

4. Membantu Penelusur Menemukan Konten Situs
  1. Hindari pencekalan perayapan yang berlebihan oleh robots.txt
  2. Submit sitemap atau peta situs ke webmaster tools "Google Search Console"
  3. Tambahkan Breadcrumb ke situs web/blog
  4. Aktifkan/Buat Tag lokasi untuk mengoptimalkan konten di pencarian lokal
  5. Gunakan meta keyword blogger
  6. Perbaiki markup structured data situs web/blog.
Lakukan hal serupa "submit sitemap" pada webmaster bing, yahoo dan yandex biar konten situs (artikel) sanggup ditemukan di laman hasil penelusuran mereka.

5. Membangun Backlink Secara Berkala

Setiap konten situs blog yang sudah di index oleh perayap google umumnya sudah mendapat backlink (tautan balik) dari google, namun itu belum cukup untuk meningkatkan rating situs lantaran situs web lain juga mendapat backlink serupa, berikut tips membangun backlink situs;
  • Upload file video atau gambar original ke dalam konten situs (file original merupakan umpan untuk mendapat backlink berkualitas dikala file dipinjam oleh situs lain)
  • Berkomentar di situs-situs terkenal secara terencana dan pilih situs yang memakai kolom komentar dengan link situs (Forum profile).
  • Menulis di blog guest posts atau forum-forum terbuka.
Terakhir kaitkan situs blog dengan Google Analytics, pecahan ini bersama-sama hanya untuk menganalisa kinerja situs baik performa maupun keberadaan situs di laman hasil penelusuran, melalui data analisa tersebut kita sanggup tetapkan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang perkembangan situs "meningkatkan pagerank" dan pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Manfaat dan Tujuan SEO (Search Engine Optimization)
  • Meningkatkan volume trafik organik
  • Menargetkan konten ke audiens (calon pengunjung) yang tepat
  • Meningkatkan dan Mempertahankan PageRank (Ranking/Reputasi) situs secara terus-menerus
Tutorial diatas merupakan adonan teknik SEO On-Page dan SEO-Off  Page, jikalau diterapkan dengan benar maka situs blog dan konten/artikel sudah tergolong seo friendly dan bisa bersaing di laman hasil penelusuran atau SERP (Search Engine Result Page)

Demikian "Teknik SEO Blogger 2018" untuk meningkatkan pagerank (reputasi) situs blog di search engine dan pengguna anda, saya harap artikel ini sanggup membantu anda dalam mengoptimalkan blog di mesin telusur (Search Engine Optimization). Berikan bantuan anda wacana teknik SEO Blogger untuk menyebarkan blogging di indonesia melalui kolom komentar jangan lupa Subscribe sebelumnya.