Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TESIS S2 SAYA....


ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN  ISLAMIC CORPORATE  GOVERNANCE (ICG) DAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP DISIPLIN PASAR DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING  (Studi Empiris pada Bank Syariah di Negara-Negara QISMUT)


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Islamic Corporate Governance (ICG) dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) terhadap disiplin pasar dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening. Besarnya pengungkapan ICG dan ICSR diukur dari skor pengungkapan yang disusun berdasarkan standar IFSB, AAOIFI, dan penelitian terdahulu yang relevan. Disiplin pasar diukur dengan rasio pertumbuhan deposito. Sedang kinerja keuangan diukur dengan rasio profitabilitas berupa ROA dan ROE. 

Sampel yang digunakan 42 bank syariah dari 6 negara QISMUT yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) model trimming. 

Hasil analisis isi (content analysis) terhadap laporan tahuan bank syariah periode 2013-2015 menunjukkan tingkat pengungkapan ICG dan ICSR cukup baik yaitu masing-masing sebesar 62% dan 60%. Hasil pengujian empiris dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan ICG dan ICSR berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dan disiplin pasar bank syariah.  Namun kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap disiplin pasar, sehingga kinerja keuangan tidak mampu menjadi variabel penghubung pengungkapan ICG dan ICSR terhadap disiplin pasar bank syariah. 

Kata Kunci : ICG, ICSR, kinerja keuangan, disiplin pasar, bank syariah



NB : Yang berminat versi lengkap dari TESIS saya diatas bisa meninggalkan alamat email di kolom komentar, 

terimakasih :)


Sumber https://gustani.blogspot.com/