Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Bulan Domain Mencapai Da 30, Begini Caranya


Tips Menaikan DA/PA Blog Dengan Cepat Bagi Pemula


Assalamu'alaikum :)

Jadi, ceritanya beberapa hari lalu, saya iseng mengusut nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog ini.
Dan terkejut bahagia, masha Allah, hasilnya tembus juga di angka DA 30.

Kabar tersebut menciptakan saya tergelitik untuk meng-share di insta story akun instagram saya @reyneraea, semacam pamer ke agency (GR banget punya follower agency, lol) bahwa blog si blogger nyubi alias newbie ini, sudah tembus  angka yang biasa diperlukan para agency dalam menawarkan job kerjasama.

Secara, saya aslinya minder sama rekan-rekan blogger senior, khususnya blogger di Surabaya, yang mana hampir semuanya punya DA di atas 30, bahkan ada yang hampir mencapai 50.
Sungguh saya envy dan mupeng.

Eh siapa nyana? yang respon justru beberapa temen blogger, yang rata-rata menanyakan bagaimana cara saya sanggup mencapai DA 30 di usia domain yang belum sampai  bulan, kira-kira 8 bulan lebih lah.


Terkejut dong saya, di awalnya saya minder, eh ternyata apa yang saya capai terlihat wow untuk beberapa orang (iyaaa, meskipun beberapa, tapi tidak mengecewakan bikin saya terharu, wkwkwk)

Memutuskan Membeli Domain Dot Com


Jadi, menyerupai yang terlihat, saya sudah cukup usang menciptakan blog ini, pertama kali buat sekitar April 2013, sehabis sebelumnya rutin menulis di wordpress dan hasilnya mengalah alasannya ialah sering lola alias loading lambat.

Sayangnya sehabis itu, saya jarang banget mengupdate postingan, menyerupai blog-blog lainnya, rasanya blog ini diam membisu, kesepian dipenuhi sarang laba-laba *hadeh bahasanya hahaha.
Nantilah di awal tahun 2018 ini, saya tetapkan untuk menekuni dunia blogger, sehabis berkali-kali mencoba berdiri mengurus bisnis Oriflame, namun sama sekali tidak memungkinkan waktu dan kondisinya.

Setelah mencoba posting dengan lebih sering di bulan Januari 2018, hasilnya di penghujung Februari 2018, saya resmi membeli sebuah domain atas nama sendiri yang sudah semenjak usang saya impikan, namun gak jadi mulu belinya.
Baca : Pengalaman Membeli dan Custom Domain di Rumahweb Indonesia
Dan yaaa.. begitulah, hasilnya blog ini resmi beralamatkan di www.reyneraea.com

Setelah membeli domain, saya jadi semakin serius mengelola blog, terlebih bersamaan dengan itu, datanglah kesempatan permintaan menghadiri event-event blogger yang mana menciptakan saya jadi mengenal banyak blogger lainnya khususnya di Surabaya.

Dan dari itulah awal mulanya saya mulai kenal aneka macam istilah blog, salah satunya DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), yang mana seringkali menjadi syarat dalam berhubungan dengan pihak agency.

Lalu, galaulah saya.
Saat check DA/PA saya, ampun kecil banget, dan sehabis googling-googling, ya iya lah kecil, orang gres ganti domain, hiks.
Lumayan envy dan minder juga ketika kepo ngecek DA/PA blog sobat lainnya, yang rata-rata udah di atas 30.

Usaha Menaikan Menaikan DA/PA Blog



Semakin hari, semakin banyak saja syarat yang diwajibkan bagi seorang blogger dalam berhubungan dengan pihak agency, salah satunya ialah DA yang tinggi, dari yang minimal 20, hingga hasilnya minimal 30. Semakin minderlah saya.

Terlebih ketika membaca sharing dari seorang blogger yang menyampaikan bahwa, hal yang tidak mungkin atau sulit sekali sanggup mencapai DA 30 di usia domain kurang dari 1 tahun.
Sedih deh, masa iya saya harus nunggu setahun lebih gres sanggup ikutan kayak blogger lainnya?

Namun, bukan Rey namanya jika eksklusif mengalah begitu saja.
Penasaran, saya lebih banyak browsing cara-cara menaikan DA/PA blog secara cepat, dan dari keterangan di aneka macam sumber saya dapatin ilmunya, bahwa cara terbaik untuk menaikan DA/PA blog secara cepat ya dengan menambah trafict blog melalui backlink.

Saya juga mulai membaca-baca keterangan di website Moz Pro, dan semakin dibaca, semakin pusing hahaha.

Ya sudah, hasilnya saya tetapkan untuk gak terlalu memusingkan si DA/PA tersebut, gak terlalu mencari tahu bagaimana biar segera naik.
Dan saya mengalokasi waktu yang yang amat sangat terbatas tersebut untuk learning by doing, menyerupai :
  • Rajin update postingan, sebisa mungkin sih ODOP atau One Day One Posting, meskipun hanya bertahan 2 bulan, alasannya ialah berikutnya saya amat sangat kesulitan waktu, sehabis pak suami kerja di luar kota.
Baca : Manfaat ODOP Dalam Ngeblog
Tujuan ODOP, selain biar rangking blog saya lebih baik di mata Google, juga menjaga kepuasan pembaca setia blog ini dengan kisah-kisah yang gres (pede aja dulu udah punya pembaca setia, lol).
  • Rajin blog walking, yang ini agak bikin sedikit bete juga ketika awal-awalnya, yang mana tujuan blog walking kan buat menanamkan backlink melalui komentar kita di postingan orang, dengan harapan, ketika orang tersebut mengunjungi blog kita kembali, maka akan menciptakan trafict dan DA jadi lebih bagus.
Baca : Tentang Blogwalking Dalam Ngeblog, Etika dan Manfaatnya
Sampai hasilnya saya berdamai saja dengan kebetean saya, yang mana sudah capek-capek blog walking eh gak ada kunjungan balik. Dengan tetap blog walking di postingan orang kemudian meninggalkan komen yang panjang lebar, dan Alhamdulillah komen itu ternyata bermanfaat juga menarik perhatian si pengunjung lain di blog tersebut. Makara meskipun saya gak sanggup kunbal dari si empunya blog, saya tetep sanggup poin backlink yang sudah saya tanamkan dari pengunjung lain yang mampir ke blog saya melalui komen tersebut.
Jadi, gak perlu bete jika BW terus gak di BW in balik, niscaya ada kok suatu ketika yang akan ingin tau dengan komentar beda kita, kemudian mengunjungi kita melalui backlink komen tersebut.
Terlebih, sudah sekitar hampir 2 bulan saya bergabung grup-grup chat BW, yang Alhamdulillah, itu menyumbang banget poin trafict dan otomatis menaikan DA/PA blog.
  • Rajin promosi di Google Plus, ketika membaca keterangan di website Moz Pro, selain baclink dari blog orang, ada juga backlink dari Google Plus. Dan alasannya ialah itulah, saya selalu tidak lupa share postingan di Google Plus.
  • Sebisa mungkin menciptakan backlink dari website lain menyerupai Kompasiana. Selain backlink dari Google Plus, backlink dari Kompasiana juga banyak yang masuk ke blog saya, dan tercatat di website Moz Pro, hal tersebut yang menciptakan saya kembali mempedulikan akun Kompasiana saya yang usang tidak terurus itu, hehehe

Selain cara-cara yang disinyalir sangat membantu saya dalam meningkatkan DA/PA blog ini, beberapa cara pula saya lakukan secara rutin akhir-akhir ini, menyerupai : 
  • Gencar share postingan di media sosial, setiap kali habis posting, sebisa mungkin saya sempatkan untuk share postingan tersebut di semua media sosia yang saya punya, baik melalui instagram story, share di twitter baik eksklusif maupun dengan mengetag beberapa akun komunitas blogger yang biasanya dengan baik hati akan meretweet postingan saya, sehingga sanggup dibaca pula oleh follower-nya yang bejibun.
Pun juga share di fanpage saya, akun facebook saya, hingga akun linkedIN saya (yang ini gak rutin, kadangnya lupa hahaha).
Tidak lupa pula share di aneka macam grup komunitas blogger di facebook yang saya ikuti, serta melalui story WA.
  • Gencar branding, selain rajin share postingan ke aneka macam media sosial, sebisa mungkin saya juga gencar branding wacana diri saya melalui medsos, entah melalui status facebook, caption instagram, maupun dengan sering berinteraksi dengan banyak sobat di media sosial. Dengan demikian orang-orang mulai ngeh wacana saya, dan pelan-pelan kepo dengan postingan saya di blog setiap hari.
 Baca : Personal Branding,
Demikian cara sederhana saya sehingga Alhamdulillah sanggup mematahkan mitos bahwa usia domain kurang dari setahun sulit menembus DA 30.
Sorry banget, mengenai klarifikasi ilmiahnya saya kurang mengerti, malas cari tau tepatnya, eh belum punya banyak waktu untuk cari tau lebih tepatnya hahaha.

Intinya bagi saya, gak peduli bagaimana klarifikasi ilmiahnya, alasannya ialah learning by doing bagi seorang blogger emak IRT tanpa ART dengan 1 bayi dan 1 anak SD dan sering ditinggal lembur suaminya kayak saya, itu sangat penting..






So... JUST DO IT!

Jadi... ada yang mau nambahin cara cepat menaikan DA blog? atau yang punya pengalaman serupa?
Bisikin di komen dong :)

Semoga bermanfaat.


Sidoarjo, 19 November 2018

Wassalam

Reyne Raea