Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk: Definisi, Pengembangan, Dan Klasifikasi

 Produk ialah segala sesuatu yang sanggup ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keingina Produk: Definisi, Pengembangan, dan Klasifikasi


Pengertian Produk

Produk ialah segala sesuatu yang sanggup ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi impian atau kebutuhan konsumen. Produk juga sanggup diartikan sebagai segala sesuatu penawaran dari seorang atau perusahaan yang mempunyai manfaat, baik berupa benda faktual maupun benda aneh yang tidak berwujud, yang tujuanya memuaskan impian dan kebutuhan konsumen.


Lihat juga:


Pengembangan Produk


Pengembangan suatu produk baiknya dilakukan dengan cara yang terkonsep atau terjadwal sebab setiap produk mempunyai umur yang berbeda (life cycle), maka dari itu pengembangan produk akan memberi kemungkinan kepada produsen untuk mengeluarkan produk penganti terlebih dahulu sebelum umur dari produk yang usang habis atau mengalami penurunan (decline). Pengembangan pada suatu produk sanggup membentuk: Produk yang 100% baru, perubahan desain (redesign) produk, pengemasan (packaging), dll.

Adapun tahap-tahap pengembangan produk yang sanggup memuaskan pelanggan terdiri dari beberapa hal, antara lain:
  1. Identifikasi pelanggan potensial
  2. Identifikasi atribut yang penting bagi pelanggan
  3. Identifikasi peluang-peluang supaya sanggup melaksanakan pengambangan pada produk yang telah ada
  4. Pelaksanaan perbaikan proses

Klasifikasi Produk


Dalam menyebarkan seni administrasi pemasaran produk dan jasa, produsen harus menyebarkan beberapa pembagian terstruktur mengenai produk. Pemasaran biasanya mengklasifikasikan produk menurut macam-macam karakteristik produk seperti:
  1. Menurut Sifatnya, antara lain:
    • Durable goods (barang tahan lama), ialah barang yang berwujud yang biasanya sanggup dipakai dalam waktu yang relatif lama. Contohnya: handphone.
    • Nondurable goods (barang tidak tahan lama), ialah barang berwujud yang biasanya dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pengguna. Contohnya: Pasta gigi, Sabun mandi, dll.
    • Jasa, ialah acara layanan yang ditawarkan produsen atau perusahaan pada konsumennya, menyerupai Jasa Travel, Bengkel motor, dll.

  2. Berdasarkan tujuan pembeliannya adalah:
    • Produk konsumsi, (customer product), ialah produk atau barang–barang yang dibelikan atau disewa oleh konsumen untuk kepentingan pribadinya.
    • Produk industri, ialah produk atau barang yang disewa atau dibeli oleh konsumen, baik perorangan maupun organisasi untuk dipakai dalam proses produksi lebih lanjut pada proses bisnis lainnya.