Loyalitas Pelanggan: Definisi, Karakteristik, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Suatu perusahaan yang ingin mendapat loyalias atau kesetiaan dari konsumen perlu seni administrasi pemasaran yang sempurna dan kompleks. Konsumen cenderung akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkannya dengan harga yang wajar. Selain itu, penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk jikalau produk tersebut gampang didapatkan dikala dibutuhkan. Dan yang tidak kalah penting, loyalitas akan sanggup terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengomunikasikan banyak sekali keunggulan produknya.
Lihat juga:
- Merek: Definisi, Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, Dan Strategi Perluasan
- Produk: Definisi, Pengembangan, Dan Klasifikasi
- Harga: Definisi, Peranan, Tahapan Dan Strategi Penetapan Harga
Pengertian Loyalitas Pelanggan
Loyalitas yaitu suatu akad yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten di masa yang akan datang, sehingga sanggup mengakibatkan pengulanggan pembelian merek yang sama walaupun ada imbas situasi dan banyak sekali perjuangan pemasaran yang berpotensi untuk mengakibatkan tindakan perpindahan merek.
Pelanggan loyal yaitu pelanggan yang sangat puas dengan produk atau jasa tertentu yang mereka dapatkan sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkan kepada siapa pun yang mereka kenal. Berikutnya pada tahap selanjutnya, konsumen yang loyal tersebut akan memperluas kesetiaan mereka kepada produk atau jasa lain dari produsen yang sama.
Karakteristik Loyalitas Konsumen
Konsumen yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan, hal ini sanggup dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Konsumen yang loyal mempunyai beberapa karakteristik, di antaranya:
- Melakukan pembelian secara teratur Loyalitas lebih mengacu pada wujud sikap dari unit-unit pengambilan keputusan untuk melaksanakan pembelian secara terus menerus terhadap barang atau jasa suatu perusahaan yang dipilih. Tingkat kepuasan terhadap suatu perusahaan akan mempengaruhi mereka untuk membeli kembali.
- Membeli di luar lini produk atau jasa Membeli di luar lini produk dan jasa artinya keinginan untuk membeli produk dan jasa lainnya yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Pelanggan yang sudah percaya pada perusahaan dalam suatu urusan, maka mereka akan percaya juga untuk urusan lain.
- Merekomendasikan produk ke orang lain. Pelanggan yang loyal dengan sukarela merekomendasikan produk dari suatu perusahaan kepada teman, keluarga dan yang lainnya.
- Menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing. Tidak gampang terpengaruh oleh tarikan persaingan perusahaan sejenis lainnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
Seseorang sanggup dikatakan sebagai pelanggan apabila orang tersebut mulai membiasakan diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Kebiasaan tersebut sanggup dibangun melalui pembelian berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Apabila dalam jangka waktu tertentu tidak melaksanakan pembelian ulang, maka orang tersebut tidak sanggup dikatakan sebagai seorang pelanggan tetapi hanya sebagai seorang pembeli. Seseorang pelanggan dikatakan setia atau loyal apabila pelanggan tersebut melaksanakan sikap pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan sikap membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu.
Ada 5 faktor yang sanggup mengakibatkan konsumen loyal terhadap produk yang digunakannya, di antaranya:
- Nilai merek Yaitu nilai dari suatu produk yang ditawarkan ke pasar. Apabila merek suatu produk telah dikenal, maka produk tersebut telah mempunyai nilai merek. Sehingga konsumen sanggup mengakibatkan merek dari produk tersebut sebagai pilihan utama pada dikala ingin membeli suatu produk sebab produk tersebut sudah mempunyai nilai.
- Karakteristik konsumen Yaitu suatu karakteristik yang dimiliki konsumen dengan banyak sekali macam tipe seperti: konsumen yang setia untuk menggunakan suatu produk, atau konsumen yang sudah bosan dengan suatu produk dan gampang berpindah kemerek produk lain.
- Switching barrier Yaitu kendala yang akan dihadapi oleh konsumen yang ingin pindah dari satu produk ke produk lainnya. Hal tersebut sanggup dikarenakan pengalaman konsumen yang pribadi mengunakan produk tersebut, ibarat penggunaan produk yang sangat baik sehingga konsumen enggan untuk menggunakan produk lainnya.
- Customer satisfaction (Kepuasan pelanggan) Yaitu merupakan balasan dari pelanggan yang merupakan penilaian purna beli yang dilakukan oleh konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang telah didapatkanya (kinerja produk) yang dibandingkan dengan impian yang diperlukan oleh konsumen.
- Lingkungan yang kompetitif Yaitu lingkungan atau situasi yang dihadapi produsen dimana produsen bersaing dengan ketat dan sehat untuk mendapat pelanggan atau konsumen.