Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas

Saat hamil ibu hamil harus banyak makan makanan yang bergizi kaya akan zzat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya nasi dan lauknya. Ibu hamil juga harus rajin mengonsumsi buah dengan kadar yang cukup biar janin yang ada dlam kandungan cukup mendaapatkan vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah tersebut. 

Banyak sekali macam-macam buah yang sanggup dikonsumsi oleh ibu hamil, menyerupai jeruk, apel, pisang, pir, dan buah-buahan lain. Namun, tidak sedikit juga ibu hamil yang sangat gemar pada buah nanas, dan merasa tidak akan terjadi apa-apa meskipun tetap mengonsumsi nanas. 

Benarkah demikian?

Baca Juga : Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Jamu

Buah nanas yaitu buah yang berasal dari brazil yang mengandung vitamin A dan vitamin C, magnesium, fosfor, kalsium, dekstrosa, juga enzim bromelain yang mempunyai kegunaan mencerna makanan di lambung dan mencegah adanya sel kanker. Dalam buah nanas juga terdapat serat yang cukup banyak yang sanggup melancarkan buang air besar. Hal-hal yang sanggup diakibatkan nanas ketika dikonsumsi oleh ibu hamil :


Keguguran
Nanas mengandung bromelain yang sanggup melemahkan serviks atau leher rahim sehingga akan membahayakan apabila dikonsumsi secara berlebihan . anda boleh tetap memakan buah nanas, kalau memang anda suka, tetapi jauhi nanas yang masih muda dengan kulit yang berwarna hijau, dan jangan terlalu banyak. 

Mengganggu kesehatan janin
Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat sakit maag dan gastritis lebih baik tidak mengonsumsi buah dengan rasa sedikit masa mini biar tidak membahayakan kondisi ibu dan janin yang sedang di kandung. Meskipun buah ini kaya akan kandungan vitamin C tetapi anda harus benar-benar selektif dalam menentukan buah yang cocok untuk tetap dikonsumsi selama masa kehamilan.

Menyebabkan diare
Jika anda mengonsumsi nanas dalam jumlah yang besar maka mungkin saja anda akan menderita sakit diare. Kandungan bromelain memang membantu untuk melancarkan sembelit, tetapi kalau terlalu banyak akan menciptakan anda terkena sakit diare. Dan alasannya yaitu efeknya juga yang sanggup melemahkan leher rahim anda juga sanggup saja melahirkan secara prematur alasannya yaitu terlalu banyak mengonsumsi nanas.

Meningkatkan kadar gula darah
Bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat kelainan diabetes gestasional atau diabetes yang diderita selama kehamilan dianjurkan untuk menjauhi buah nanas, alasannya yaitu buah nanas mengandung gula alami yang sanggup memicu kenaikan gula darah. 

Jika ibu hamil, tetap menentukan untuk mengonsumsi buah nanas, maka jangan kaget apabila terjadi hal-hal yang tidak diperlukan menyerupai keguguran atau kelahiran bayi sebelum waktunya (prematur)

Mendorong kelahiran prematur
Kandungan bromelain dalam buah nanas sanggup melemahkan leher rahim dan menyebabkan kontraksi dan kelahiran sebelum waktunya. Tapi hal ini gres sanggup terjadi kalau ibu hamil mengonsumsi minimal 6 buah nanas dalam sehari. Tapi alasannya yaitu tingkat kekuatan leher rahim tiap ibu hamil berbeda-beda, alangkah baiknya kalau tetap menjaga kadar konsumsi buah nanas, meskipun tidak hingga 6 buah dalam sehari.

Itulah tadi hal-hal yang sanggup diakibatkan dari konsumsi nanas yang berlebihan. Ibu hamil tetap sanggup mengonsumsi nanas, dengan kadar sedikit biar tidak berbahaya. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi nanas ketika sudah memasuki trimester kedua dan ketiga untuk menghindari resiko melahirkan secara prematur. 

Jika ibu hamil ngidam dan ingin sekali makan buah nanas ketika perut sudah membesar anda sanggup menggantinya dengan jus nanas dalam kemasan, alasannya yaitu biasanya kandungan bromelainnya lebih sedikit daripada buah nanas segar.