Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Enakan Mana, Bisnis Oriflame Atau Jadi Blogger ?


Assalamu'alaikum :)

Pertanyaan tersebut saya dapatkan beberapa hari kemudian dari seorang sahabat yang awalnya hanya memastikan apakah saya masih berbisnis Oriflame atau enggak?

Harusnya, pertanyaan ini sanggup saya jawab dengan cepat dan gampang serta lantang.
"BLOGGER DONG!"
Namun benarkah?

Ya, mungkin kalau saya jawabnya ketika yang pas, abis kena sindir sebab gak pernah mau kolaborasi di bisnis Oriflame lagi (padahal mah bukannya gak pernah mau, waktunya yang gak ngasih mau *eh).
Saya niscaya bakalan bilang "enakan blogger" .

Secara, saya suka banget nulis, hobi banget pantengin laptop, keliling-keliling di blog orang, baca dan ninggalin jejak, utak atik ilmu blog supaya melejit entah itu SEO or something like that, berbekal otodidak.
Ooohh i am so in love sama kerjaan kayak gitu.

Sedangkan kerjaan ngurus bisnis Oriflame?
Ladenin curhatan donlen 24 jam harus standby, usang balas chat dibilang gak profesional.
Ladenin 'perintah' upline yang juga kudu standby 24 jam, sebab usang balas, itu berarti malu sebagai leader, lol.

Oh ya, perlu di break down gak problem ladenin downline?
  • Mbak Rey, orderanku kok belum sampai?
  • Mbak Rey, tolong orderkan ini ya.
  • Mbak Rey, orderanku sudah hingga tapi yang ini rusak, mascaranya kering, eyeliner bleber.
  • Mbak Rey, konsumenku kesal sebab lipstiknya jelek
  • Mbak Rey, saya salah order, cancelkan dong.
  • Mbak Rey, kok hadiahku gak sanggup diklaim.
  • Mbak Rey, gantikan alamat kirimku dong
  • Mbak Rey, emailku gak sanggup dibuka, paswordnya lupa, benerin dong (dia yang bikin dan tau paswordnya, eykeh yang disuruh ngehack emailnya supaya balik, lol)
  • Mbak Rey, pasword Oriflameku lupa.
  • Mbak Rey, saya kesal sama upline yang itu, ia sukanya nyuruh-nyuruh saja, udah gitu kayak boss pula.
  • Mbak Rey, saya benci upline yang itu, sukanya update status nyindir2 aku.
  • Mbak Rey, bla..bla.. mbak Rey, anakku nangis, Mbak Rey anu, mbak rey, ono.. wakakakaka...
Bagaimana? sudah kejawab gak mengapa kini saya pilih ngeblog dulu? hahaha

Ih mbak Rey, ternyata bantuin downline gak ikhlas.

Oh NO! Saya sangat ikhlas, insha Allah, sebab supaya bagaimanapun, saya sanggup bonus sebab mereka juga. Iyaaa... bonus saya yang gak pernah nyampe sejuta ketika mati-matian kerjain Oriflame dulu, kemudian ketika saya membisu sebab hamilnya mabok berat, qadarullah saya sanggup bonus hingga 1,5 jutaan.
Seneng dong? iya seneng banget , hingga kesannya senep gegara sanggup teguran.
"Rey, kau jangan cuman nikmati bonus saja, kalau gak kerja jangan tupo, supaya gak makan bonus hasil kerja donlen"
Saya yang ..."WHAT???"
Gak kerja katanya?
Itu jaringan sanggup menggurita begitu hanya sim salabim aja gitu, gak pernah saya susun jaringannya pribadi jadi menguat dengan sendirinya?
Itu keluh kesah downline yang orisinil cuman memakan 1/4 dari kerjaan total itu bukan kerjaan saya?

Saya yang semenjak belum jadi manager sudah ngasih persentasi ke jaringan, yang jadi ibu peri nya downline (iyaaa... saya salah sih jadi ibu peri, sebuah bisnis marketing bahwasanya gak boleh jadi ibu peri, tapiiiiiii... plis deh, dengan banyaknya saingan, apalagi yang harus saya lakukan selain melayani donlen dengan baik?)

Dengan 'bijak'nya mereka menuduh saya yummy makan bonus buta padahal SISTEM BISNIS yang bikin saya sanggup punya bonus meski sedang drop atau bedrest di rumah dan gak sanggup fokus urus bisnis.
Sedang ketika saya mati-matian mengambil alih kemudi jaringan kemudian menghasilkan banyak point yang pastinya dinikmati oleh yang di atas saya juga KARENA SISTEM BISNISnya, itu GAPAPA.

What the hell *ops!

OKEH STOP KELUHANNYA REY! Sebelum di serbu orang dengan kata abnormal "MINDSET" lol

Enakan jadi Blogger kan?


Kalau baca curhat colongan saya tersebut, padahal itu gres 1/20 dari total uneg-uneg yang harusnya sanggup saya keluarkan (jika memang dalam bisnis di makruhkan yang namanya curcol, lol)
Seharusnya semua sudah sanggup menebak, saya niscaya jawab "ENAKAN JADI BLOGGER LAH!"

Kaprikornus blogger ituuuu...
  • Terserah saya, mau nulis atau enggak, gak ada yang julid-in
  • Terserah saya mau terima job atau enggak
  • Terserah saya mau besarin meningkatkan secara optimal blog atau enggak
  • Terserah saya pokoknya mau ngapain.
  • Intinya, hidup saya ialah milik saya dan belum dewasa serta suami, bukan milik upline atau downline, lol.
Kalaupun gak sanggup duit, gak bakal ada yang julid in dengan ucapan "jadi manager senior"
Kagak ada pula yang bakal bilang "anak tuh jangan dijadikan alasan buat malas-malasan"

ih sungguh ingin  saya lakban lisan orang yang bilang gitu, tapi gak jadi,  saya ganti aja doain yang kenceng plus khusu' "Ya Allah, orang itu ingin berada di posisi saya ya Allah, hamba tulus kalau ia ingin mencicipi posisi saya, di mana saya yang sudah berjuang keras, tapi belum jodoh rezeki, di mana saya yang memang gak sanggup punya pilihan lain sebab anak saya 2 dan orang renta saya jauh gak sanggup dititipin anak ya Allah, jadi saya tulus dan ridho kok kalau orang itu ngerasain posisi saya ketika ini, aamiin"

Muuahahahaha *evil laugh

Ya ampun, plis maafkan postingan recehan saya ini isinya kagak asyik banget dibaca.

Intinya, kalau dibanding dengan bisnis Oriflame, jadi blogger itu ASYIQUE BANGETTTTT!

Tapi .........


Ada tapinya dong.

Se menyebalkan apapun hal-hal yang terjadi di bisnis Oriflame, sekesal apapun yang ada di hati.
Saya gak sanggup bohongin, kalau saya jadi mirip kini sebab bisnis Oriflame tersebut.

Saya yang dalam dunia blogger masih semacam remahan peyek di kaleng rengginang (loh peyeknya dari mana, kok ngumpul ama rengginang, lol)
Tapi sanggup dengan cepat membaur dengan para blogger kondang.
Saya yang aslinya pemalu (ini serius loh, tanya deh ama si Ade Uny yang ngajak naik ke panggung sayanya udah keder duluan, hahaha), introvert gak suka berteman, tapi liat aja kelakuan saya ketika ada event, SKSD gitu kayak blogger kondang waakakakak.

Semua itu gak bakal terjadi kalau bukan tempaan dari bisnis Oriflame.
Paksaan dari bisnis Oriflame.

Saya yang 'rekrut orang di jalan, sambil nawarin brosur? ih ogah, gengsi!!!'
Tapi di oriflame saya pernah loh, pernah berkali-kali sebar brosur di Taman Bungkul Surabaya, terus SKSD ngajak orang kenalan buat diajak joint Oriflame. Daaannn berhasil sanggup 1 orang yang mau daftar dong, dan Alhamdulillah orang tersebut jadi bersahabat sama saya hingga sekarang, masha Allah, Alhamdulillah.

Kaprikornus kejawab kan, mengapa saya ngaku introvert tapi pas ketemu dan kenal ternyata 'bocor' juga.
Ya sebab tempaan rekrut offline yang aselih saya malu banget tapi saya lawan perasaan tersebut, lama-lama jadi biasa.

Secara umum, banyak hal positif yang bikin saya cepat melejit ketika mendalami blogger, sebab ilmu yang saya dapatkan di Oriflame :
  • Mindset! Eh disebut sendiri deh, hahaha. Iyaaaa... kerennya orang yang pernah masuk ke dalam bisnis jaringan marketing itu, mindsetnya tertempa dengan baik. Kaprikornus kalau saya menentukan menekuni PROFESI blogger, kemudian saya hingga rela cuman tidur 2 jam demi postingan blog, orang awam bilang saya NGOYO, tapi saya cuman senyum mesem-mesem sambil mikir, LAH BLOGGER KAN PROFESI YAK, menyerupai bekerja kantoran, kalau mau sanggup duit ya kerja, duitnya ya mengikuti action kerja kita. Emang sih, rezeki gak ke mana, tapi rezeki juga gak bakal ke mana-mana kalau kita membisu aja hahaha. Kaprikornus kalau ada yang bilang saya NGOYO sebab kurang tidur gegara ngeblog, berarti ada 2 kemungkinan. (1). Orang tersebut, gak tau kalau saya sudah memutuskan ngeblog itu PROFESI SAYA, bukan buat pelepas lelah aja, atuh mah ngeblog itu ngabisin kuota, minimal ialah duitnya buat beli kuota, gak ngabisin uang belanja dari suami untuk kuota (iyaaaa, uang belanja saya gak berlimpah kayak lainnya, hiks). atau (2). Orang tersebut gak tau kalau yang namanya profesi ya DISEDIAKAN WAKTUNYA, BUKAN NUNGGU NANTI ADA WAKTU BARU NGEBLOG.
  • Gak gaptek! Well, saya memang gak se hitech para IT, atau se mastah para pakar dunia internet yang kenal baik ama Google dan segala macam perintilan blog dan sosmed. Tapiiii.... saya gak gaptek-gaktek amat mengenai sosmed. Di bisnis Oriflame saya kenyang di ajarin PERSONAL BRANDING (makanya saya pede aja gitu blog ini tetep nichenya SOOOO REY! lol), saya di ajarin ihwal sosmed dan marketing online. Kaprikornus kayak FB ads, FP dan semacamnya itu, saya mah udah tau semenjak dulu, meskipun belum pernah pribadi utak atik penilaian iklan. Tapi setidaknya saya udah sangat familier dengan social media ads, baik berbayar maupun melalui personal branding. 
  • Lebih calm down dalam berkomunitas. Yang namanya komunitas itu, manis di muka, sepet di belakang mah sudah biasa. Apalah artinya komunitas blogger yang kita semua se kufu atau se pantaran atau apa ya namanya, setara kali yaakk. Nah di oriflame mah kita berkomunitas dengan berjenjang, ada yang upline ada yang downline, terlebih lagi terikat problem bisnis, kalau lagi menguntungkan dipuja-puja, pas udah gak menguntungkan, jangankan disapa, bahkan disindir-sindir gak ada hentinya hahaha. Kaprikornus kalau ada problem dalam komunitas blogger mah saya biasa saja. Gak terbawa baper yang gimana-gimana, soalnya udah khatam problem yang pelik ihwal komunitas di bisnis Oriflame, lol. Kaprikornus gak ada deh yang namanya saya ikut geng sana atau geng sini, semua geng mah saya SKSD in, lol.
See.., sulit dijawab sebenarnya, enakan mana?
Di dunia blogger, kita berjalan sendiri, meskipun ada yang namanya komunitas, tapi gak segreget Oriflame, sebab emang basicnya beda  kan.
Oriflame mah emang basicnya marketing everyday, sedang blogger semacam marketing personal eh apa ya namanya, marketing freelance kali yak, yang mana isinya majemuk tujuan.

Ada yang emang niatnya buat jadi profesi kayak saya, ada yang cuman pelepas lelah, ada yang di antara keduanya.
Ya gitu deh, kurang greget kayak marketing Oriflame yang setiap hari harus berinovasi demi gak kelindas arus persaingan yang semakin membara di Indonesia.

Jadi, enakan bisnis Oriflame? atau Blogger, Rey?


Mmm... ya enakan keduanya kayaknya ya, lol.

Tetap serius di dunia blogger, tapi juga tetap menimba ilmu di bisnis Oriflame.
Enaknya, meskipun gak sanggup dengan gampang megakses ilmu dari jaringan sebab jarang aktif kolaborasi dengan team upline, saya masih sanggup update ilmu-ilmu bisnis dan marketing melalui seminar online ataupun webinar yang di selenggarakan oleh Oriflame.

Jadi, ilmu marketing tetap update dan kepakai banget dalam dunia blogger.
Oppssss... kayaknya kalau goresan pena ini dibaca oleh pebisnis Oriflame ataupun pihak Oriflame, berikutnya bakal dibatasi ilmunya buat konsultan yang serius saja, muahahaha.

Eh tapi saya masih serius loh di bisnis Oriflame, masih menghasilkan poin buat upline.
Bulan kemudian malah saya berhasil mengumpulkan poin hingga 200 BP lebih dan sanggup hadiah jam tangan. HURRAYY!

Pun, meski kata upline saya gak pernah kerja, mereka gak tau aja, belakang layar poin yang muncul di atas itu ada campur tangan saya yang hingga ketika ini MASIH MEMBANTU DOWNLINE-DOWNLINE YANG DULU SAYA REKRUT MAUPUN DAFTAR SENDIRI MELALUI SAYA.

Entah bantuin order, bantuin bikin ini itu, bantuin bayar orderan, bantuin kalau ada masalah.
TAPIIIII, khusus downline yang saya rekrut atau yang daftar melalui saya.
Kalau yang lain mah, mohon maaf yak, waktunya gak memungkinkan temans. hehehe.

Kaprikornus Rey, sekali lagi nih.

ENAKAN BLOGGER ATAU BISNIS ORIFLAME?

Enakan keduanya dong..

Sekali lagi...
ENAKAN BISNIS ORIFLAME ATAU BLOGGER?

Enakan kerjain jadi blogger dengan ilmunya Oriflame juga muahahahaha.

Kalau teman-teman, ada yang pernah ikutan bisnis Oriflame?
I mean, ikut beneran serius ngerjainnya, bukan daftar doang, terus liat caranya kok sulit pribadi babay, hihihi.

Minimal sanggup ikutan hingga jadi manager deh, sebab kalau udah jadi manager, minimal udah tau betapa beratnya kerjaan Oriflame itu.
Berat sebab sarat ilmu hehehe.


Sidoarjo, 11 November 2018

Happy Flash Sale, katanya hari ini ada sale serba 11 ribu di oriflame.
Tapi belum tau produk apa saja.
Kalau mau beli, noh beli sendiri.
Saya gak jualan, kecuali belinya banyak dan gak ada diskon member hahahaha

Reyne Raea



Note : buat sahabat Oriflame yang baca tjurhat gaje ini mohon jangan baper yak, saya tulus kok bantuin teman-teman hingga sekarang, kan saya udah kesepakatan mau bantuin semenjak awal saya merekrut teman-teman, SEMANGATTTT!!!!