New Ui System Unity 4.6 Menciptakan Ui Image Sederhana
Halo teman bloger.. Sudah usang sekali sepertinya saya tidak mengupdate isi blog ini. Terlihat artikel terakhir yakni Juli 2014, hampir 1 tahun yang lalu. Kalau diibaratkan sebuah rumah mungkin blog ini sudah dipenuhi dengan bubuk dan sarang laba-laba karena hampir tidak pernah di urus.
Ok cukup basa basinya, kali ini saya akan sedikit membahas sebuah fitur gres Unity yang muncul semenjak Unity 4.6. Mungkin sedikit terlambat berbicara fitur gres unity sekarang, mengingat dikala artikel ini dibentuk sudah muncul Unity 5 dengan fitur new audio system nya. Tapi tak apa lah, kata orang bijak lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :)
Ok pribadi saja, Unity 4.6 dirilis sekitar awal 2015 atau bila tidak simpulan 2016. Saya sedikit lupa kapan rilisnya. Terlepas dari kapan rilisnya unity 4.6 dipersenjatai dengan fitur gres yang cukup menjadi gebrakan dibanding dengan versi Unity sebelumnya. Apakah fitur itu? Fitur tersebut yakni sebuah UI System.
Berbeda dengan UI System sebelumnya berupa GUITexture dan OnGUI, kalau saya bilang UI System ini memakai konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get). Kenapa? Karena UI System gres ini sangat minim memakai code, kau cukup mendesain UI pada canvas yang telah disediakan. Apa yang kau lihat pada canvasmu, itulah yang akan kau dapatkan ketika game di build.
Object UI ini sanggup dibentuk pada sajian Game Object >> UI. Adapun UI yang di ada pada Unity secara default yakni panel, button, text, image, raw image, slider, scrollbar, toggle, input field, canvas, dan event system. Mungkin satu per satu akan kita bahas pada post berikutnya
Adapun object UI yang di buat secara otomatis akan diletakkan sebagai child dari Canvas yang secara otomatis dibentuk oleh Unity bila object canvas ini belum ada.
Berikut akan sedikit saya jelaskan bagaimana menciptakan UI sederhana menampilkan sebuah image.
Langkah 1. Siapkan image
Pertama siapkan image yang akan kita tampilkan untuk menciptakan UI. Pada pola ini saya memakai logo unity yang saya beri nama Unity Logo.png
Langkah 2. Import image
Langkah kedua mirip biasa import image dengan cara drag & drop file image ke dalam unity
Pada penggalan inspector pastikan sebagai sprite. Pada umumnya untuk project 3D ketika sebuah texture di import secara default image bertype texture. Gantilah menjadi sprite sebab UI hanya mendapatkan image dengan type sprite. Jangan lupa untuk mengklik button Apply.
Langkah 3. Buat object UI image
Untuk menciptakan object image klik Game Object >> UI >> Image
Seperti dijelaskan sebelumnya object image akan muncul sebagai child dari Canvas
Lakukan drag & drop sprite untuk mengisi image. Anda juga sanggup menekan Set Native Size untuk mengatur ukuran sesuai aslinya.
Langkah 4. Pengaturan
Lakukan pengaturan posisi sesuai cita-cita Anda. Pada artikel berikutnya kita akan bahas perihal anchor untuk menciptakan image ini sanggup responsive mengikuti ukuran layar
Dapat dilihat pada gambar di atas penggalan kiri yakni desain UI pada canvas, sedang kanan yakni tampilan pada window game. Dapat dilihat apa yang ada pada canvas tampak sama dengan yang ada di game. Tanpa code, tanpa config macam2, cukup mudah.
Akhirnya selesai sudah artikel ini. Cukup gampang bukan menciptakan UI memakai System UI gres pada Unity 4.6. Bayangkan bagaimana Anda menciptakan mirip ini memakai GUITexture atau OnGUI. Pasti akan sedikit lebih susah. Pada artikel berikutnya kita akan membahas responsive UI dimana UI sanggup menyesuaikan ukuran layar.
Ok mungkin cukup sekian dari saya, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan. Tetap semangat dan terus berkarya :)