Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Kamu? Inilah 11 Fakta Menakjubkan Perihal Linux Yang Akan Mengejutkan Anda


Tahukah kamu? Inilah 13 Fakta Menakjubkan Tentang Linux yang Akan Mengejutkan Anda


Secara perlahan, pengguna komputer mulai memakai Linux sebagai system operasi yang digunakan. Salah satu hal yang mendasari pengguna pindah ke linux ialah alasannya ialah Linux gratis. Selain gratis, linux juga open-source, dan juga linux sebagai pilihan teratas bagi para developer. Selanjutnya Ngademin akan bercerita singkat ihwal sejarah terciptanya Linux.

Sejarah Singkat Linux

Pada awalnya sisitem operasi Linux dibentuk dengan nama sistem operasi berjulukan UNIX, yang diciptakan dan juga dikembangkan ada tahun 1968 oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie di Amerika. Pada dikala pertama kali dikembangkan, UNIX sudah menarik perhatian alasannya ialah merupakan salah satu sistem operasi yang keseluruhan source code nya memakai bahasa C, yang menciptakan sistem operasi ini gampang untuk diimplementasikan pada banyak sekali platform apapun.

Singkatnya, sesudah sisitem operasi UNIX banyak dipakai dan juga berkembang, mulai banyak banyak sekali jenis dari sistem operasi UNIX, yang salah satunya ialah sistem operasi MINIX, yang diciptakan oleh A.S Tanenbaum. MINIX mempunyai source code yang lalu dimodifikasi dan diimplementasikan oleh seoran gmahasiswa berjulukan Linus Torvalds sebagai acuan menciptakan sebuah sistem operasi gratis, dimana seluruh source code yang dimilikinya sanggup diakses oleh banyak orang.

Setelah Lunis Torvalds menambahkan jadwal dan juga software yang berlisensi GNU, maka mulai dikenalkanlah sistem operasi tersebut, yang diberi nama Linux. Linux versi pertama, yaitu Linux 0.01 dikembangkan pada tahun 1991, yang lalu pada tahun yang sama, Linux versi 0.02 diluncurkan.

Hingga dikala ini, Linux sudah menjadi salah satu sistem operasi UNIX yang sangat lengkap, sehingga multitasking dan juga mendukung banyak fungsi, menyerupai fungsi jaringan, software development, dan juga memungkinkan untuk dipakai sebagai sistem operasi pada PC pribadi. Linux memilki hampir semua komponen dan juga perangkat lunak yang harus didukung oleh sebuah sistem operasi, menyerupai konektivitas, dan juga software utilitas lainnya.

Tahukah kamu? Bahwa ada fakta yang mengejutkan ihwal linux yang jarang kalian ketahui, apa saja faktanya? Simak berikut..

#1 Ketika Linus Trovald memulai proyeknya, Kernel Linux hanya mencapai ukuran 65KiloBytes

#2 Berkat komputasi cepatnya, Linux memberdayai New York Stock Exchange

#3 Kernel Linux mempunyai lebih dari 18 juta baris source-code dalam versi 3.18 pada tahun 2015 dan tingkat perkembangan Linux tidak tertandingi. Perbaikan yang diterima ke kernel Linux per jam ialah 7.71, yang jumlahnya sekitar 1.300 perubahan setiap minggu.

#4  Departemen Pertahanan AS juga memakai Linux secara ekstensif. Red Hat Linux lah yang menjalankan kapal selam nuklir Negara.

#5 Linux disukai oleh raksasa teknologi juga. Untuk layanan web dan cloud, Linux ialah pilihan pertama untuk Google, Amazon, dan Facebook.

#6. Kalian sanggup menjalankan Microsoft Windows dan kernel Linux secara berdampingan pada komputer yang sama memakai software yang disebut Cooperative Linux (coLinux).

#7. Bullet Trains di Jepang memakai Linux untuk memelihara dan mengelola sistem Kontrol Kereta Api yang canggih. Juga, teknologi In-Vehicle-Infotainment (IVI) di dalam Toyota dan kendaraan beroda empat lain memakai platform Linux.

#8. Kernel Linux telah berkembang secara besar-besaran semenjak pertama kali dimasukkan ke dalam kategori open source. Sekarang, instruksi yang dibentuk Linus Torvalds hanya menyumbang sekitar 2% dari total instruksi di kernel.

#9. Dari 500 superkomputer tercepat di dunia, Linux dengan variannya menyalurkan 498 mesin-mesin komputer yang badass. Tidak heran Linux disebut sebagai raja superkomputer.

#10. Smartphone Android memakai Kernel Linux

#11. Efek visual Titanic dan Avatar dikembangkan dalam aplikasi 3D di platform Linux memakai FOSS Software.

Ini hanyalah beberapa aplikasi dan fakta ihwal Linux, Memiliki sesuatu untuk ditambahkan? Beritahu kami di komentar di bawah ini.


Sumber http://agakgaptek.blogspot.com/