Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompor Listrik Magic Com Bekas

A.Latar Belakang

Pelajaran IPA merupakan pelajaran yang penerapannya berbagai dalam kehidupan sehari-hari. Peranan IPA sangat lebih banyak didominasi untuk memotivasi penerima didik semoga penerima didik terbuka wawasannya untuk mempelajari tenytang insiden alam dan memanfaatkannya dengan baik untuk kesejahteraan hidup.

Pelaksanaan pembelajaran di kelas hampir seluruh KD terdapat indicator yang mengharapkan aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Pada materi perubahan bentuk energi maka guru kreatif, inovatif menunjukkan banyak pola karya penelitian yang telah berhasil guna menimbulkan minat siswa untuk berfikir membuat sesuatu yang bermanfaat. Guru dan siswa yang kreatif mencoba membuat penelitian dan membuat alat.

Kompor listrik dari magic com bekas merupakan salah satu karya inovatif yang memanfaatkan barang bekas dan merubah energy listrik menjadi energi panas dan sanggup dijadikan kiprah sanggup bangkit diatas kaki sendiri tak terstruktur bagi penerima didik.

B.Rumusan Masalah

Karena majic com bekas banyak yang terbuang, maka penulis ingin melaksanakan percobaan “ Apakah majic com bekas sanggup diubah menjadi kompor listrik “.

C.Tujuan

Sesuai dengan perumusan problem yang telah dikemukakan, maka karya ini bertujuan untuk mengetahui apakah majic com bekas sanggup terpakai lagi dengan menambahkan alat=lat dan difungsikan sebagai kompor listrik.

D.Manfaat

  1. Dapat memanfaatkan magic com bekas menjadi kompor listrik.
  2. Dimanfaatkan untuk memasak dan menghangatkan makanan.
  3. Dapat dijadikan sumber ekonomi bagi orang yang mendalami carea membuat produk ini.
  4. Dapat digunakan sebagai media pada materi ( perubahan energi, perambatan kalor dan lain-lain )


E. Landasan Teori

Magic Com merupakan suatu alat yang digunakan untuk memasak, terutama untuk memesak nasi. Dibandingkan memasak menggunakan kayu api, maka majic com memiliki banyak ke unggulan dan manfaat, terutama bagi masyarakat yang berada di kota-kota. Namun sehabis usang menggunakan alat ini terjadilah kerusakan, contohnya jikalau memasak panasnya tidak maksimal, sehingga waktu untuk memasak lebih lama.

Alat ini ada juga yang otomatisnya tak berfungsi normal lagi, sehingga nasi jadi gosong dsbnya. Dengan demikian alat ini tak digunakan lagi. Majic com yang tak digunakan lagi termasuk bekas dan tak sanggup dimanfaatkan lagi dinamakan alat bekas dan menjadi sampah, merupakan problem pada ketika ini, terutama sampah plastic dan logam. Majic Com yang terbuat dari plastik dan logam yang sulit terurai,merupakan problem besar terhadap lingkungan.

Oleh alasannya ialah itu timbulah pemikiran bagaimana memanfaatkan lagi dan ingin tahu bagaimana potongan mana yang tidak berfungsi pada alat tersebut. Maka saya melaksanakan percobaan bagaimana memanfaatkan alat itu kembali. Sehingga sanggup mengurangi sampah dan sebagian dari alat itu digunakan lagi untuk dijadikan kompor listrik.

Pada percobaan ini sanggup menerapkan konsep fisika perihal energy panas, perubahan energy listrik menjadi energy kalor dan perpindahan kalor secara konduktor.

F. Pelaksanaan Inovasi

Kompor listrik termasuk alat listrik yang digunakan untuk pemanas. Pada alat pemanas terdapat elemen pemanas yang menjadi alat penting. Elemen pemanas terbuat dari materi konduktor.

Elemen pemans pada magic com bekas yang sudah dimodifikasi dihubungkan dengan sumber tegangan listrik. Untuk membatasi semoga jangan terlalu panas diberi saklar otomatis setrika yang menggunakan bimetal.

Bimetal ialah dua keeping logam yang berbeda angka muainya dikelingkan menjadi satu. Bila bimetal dipanaskan, maka bimetal melengkung kea rah logam yang angka muainya kecil.

Alat dan Bahan

  • Tang, obeng, lem karet, bor, gergaji listrik (gerinda ), spidol, kunci 8 T, palu kecil.
  • Magic com bekas, dinding kabel bekas, otomatis sterika, baut, kabel, saklar, rolen.

Cara Pembuatan


Langkah-langkah dalam pembuatan kompor listrik dari magic com bekas :

1. Sediakan magic com bekas.


2. Bongkar dan pisahkan potongan magic.


3. Bersihkan potongan yang digunakan.
4. Buat pola pada potongan yang akan dijadikan tungku.



5. Potong potongan yang akan dijadikan tungku dengan gergaji sesuai dengan pola.


6. Lipat potongan kaki tunggu dengan tang.


7. Satukan elemen dengan tungku menggunakan baut.


8. Rapikan potongan potongan pola tungku.
9. Pasang otomatis setrika dengan baut.


10. Lubangi kaki tungku.


11. Pasang salah satu kabel listrik ke saklar engan kabel satunya lagi ke elemen.


12. Sambungkan kabel dari saklar ke otomatis.


13. Sambungkan kabel dari otomatis ke elemen.
14. Untuk menghidupkan lampu indikator pada saklar, hubungkan kabel dari kabel listrik yang eksklusif ke elemen.
15. Lubangi papan ganjal sejajar dengan stelan otomatis.
16. Ambil kabel besar keras sepanjang 5 cm dan beri ruas di tengah-tengah kabel.
17. Sambungkan kabel tadi dengan stelan otomatis dengan kulit kabel. Lalu ikat dengan pengikat kabel.
18. Lubangi rolen ditengah-tengahnya.
19. Tempelkan saklar di bawah papan ganjal dengan lem karet.
20. Pasang rolen dengan tungku secara bersamaan dengan baut.
21. Tekukkan kabel keras tadi.
22. Hasil sebuah kompor listrik siap digunakan.


Cara Pemeliharaan Alat

Kompor listrik dari magic com bekas ini disimpan di kawasan yang kondusif semoga tidak dipegang oleh belum dewasa waktu digunakan dan disimpan ditempat yang kering.

Cara Kerja Alat

Alat disambungkan ke sumber arus dan eksklusif dimanfaatkan untuk memasak.


G. PEMBAHASAN

Dari percobaan yang penulis lakukan dengan mengambil potongan dari mejic com bekas yang digunakan dalam pembuatan kompor listrik dengan menambahkan beberapa alat yang diharapkan dengan gampang sanggup dikerjakan dan eksklusif sanggup dimanfaat sebagai alat untuk memasak. 

Dibanding dengan alat masak lain kompor listrik dari mejic com bekas ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya sanggup diperoleh dengan harga yang murah, sanggup memanfaatkan barang bekas, dan mengurangi sampah terutama sampah logam yang sulit dihancurkan serta memiliki ukuran yang kecil.

Berikut ini ialah gambar kompor listrik dari mejic com bekas :



PENUTUP

Kesimpulan :

Kompor listrik dari mejic com bekas sangat bermanfaat, sanggup menggunakan barang bekas, harga murah dan gampang di bawa kemana-mana serta yang paling penting menghemat daya listrik.

Saran

Karya inovatif ini sanggup memotivasi penerima didik untuk menciptakan.

Great thanks : Sulastri, SP.d

Sumber https://pedialuqman.blogspot.com/