Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Andengine, Library Imut Yang Tangguh Untuk Menciptakan Game 2D Berplatform Android


 mungkin hanya sedikit dari anda yang tahu Andengine, Library Imut Yang Tangguh Untuk Membuat Game 2D Berplatform Android

Andengine, mungkin hanya sedikit dari anda yang tahu. Bahkan mungkin juga sebagian besar dari anda gres mengenal kata ini sesudah anda membaca artikel ini. Memang, aku sendiri juga sangat awam perihal hal ini. Mulanya aku juga tidak tahu apa itu Andengine, hingga pada suatu dikala alasannya yaitu tuntutan aku harus menggunakan library ini untuk membuatkan suatu permainan yang aku buat bersama teman-teman saya. Mungkin jikalau berkenan anda sanggup membaca sedikit pengalaman aku dikala menciptakan game dengan menggunakan library ini disini.

Sebenarnya aku sendiri merasa kurang pantas jikalau menjelaskan perihal Andengine, alasannya yaitu aku sendiri juga gres sekali memakainya. Tapi apalah artinya ilmu jikalau tidak diterapkan dan dibagikan, untuk itu pada artikel kali ini aku akan sedikit memaparkan apa itu Andengine dan apa kelebihan kelemahan dari library ini.

Andengine merupakah suatu library kecil yang dibentuk untuk memudahkan kita menciptakan game pada device Android. Pada library ini sudah terdapat kelas-kelas yang sanggup mempermudah pembuatan game, misal kelas Animasi, Sound, Physic, dsb. Sebenarnya, ada banyak library yang sanggup anda gunakan selain andengine, misal rokon, libgdx, dan masih banyak lagi. Library ini bersifat free open source, jadi tidak perlu khawatir perihal biaya pembuatan game. Seperti layaknya pemrograman Android, pengembangan game dan aplikasi menggunakan library ini menggunakan bahasa pemrograman java.

Sedikit membandingkan dengan salah satu game engine Unity yang pernah aku review disini, memang kemampuan Andengine masih kalah jauh. Pada engine unity akan disajikan tampilan visual dalam pembuatan game, namun untuk Andengine anda harus mengandalkan Eclipse IDE untuk menciptakan game anda yang tentu saja tidak ada tampilan grafik dari rancangan game anda. Yang ada hanyalah sederetan baris kegiatan yang mungkin sukses menciptakan anda pusing. Namun aku rasa hal ini yaitu sangat wajar, mengingat harga lisensi unity android yang selangit, sedangkan andengine sanggup anda dapatkan secara gratis dan ukurannya tak lebih dari 10MB.

Mungkin bagi anda yang pemula atau gres akan mencar ilmu menciptakan game android, library ini mungkin sanggup menjadi salah satu pilihan anda. Namun bagi anda yang punya modal besar dan serius akan mendirikan perusahaan game, mungkin aku rasa pemakaian Unity akan lebih masuk akal. Meski begitu jangan remehkan library ini, rahasia library ini banyak dipakai oleh para developer dan kesannya luar biasa. Aplikasi hasil dari andengine inipun sudah banyak menyebar luas di android market. Jika anda ingin tahu aplikasi apa saja yang dibentuk menggunakan Andengine bisa anda cek disini.

Sedikit yang aku sukai dengan library ini, seorang programmer tidak perlu mengetahui keseluruhan method dari Andengine. Anda diperkenankan menentukan sesuai style pemrograman anda sendiri, apakah anda akan menggunakan method andengine ataukah method standard. Saya beri sedikit contoh, anda akan menggunakan sensor accelerometer pada device anda. Maka anda sanggup menggunakan method accelerometer yang telah disediakan andengine, ataukah dengan method standard java untuk memperoleh nilai accelerometer pada umumnya. Keduanya akan sama-sama menghasilkan value, dan anda sanggup mengolah valuenya. Namun pada umumnya method yang disediakan andengine akan jauh lebih singkat dan lebih sederhana jikalau dibandingkan anda menggunakan method standard.
Berikut yaitu kelebihan dari Andengine :
  1. Free.
  2. Relatif gampang digunakan.
  3. Terdapat banyak sekali extension yang bisa digunakan, misal Physics extension, multitouch extension, multiplayer extension, bahkan AR extension. Selain itu masih banyak extension yang lainnya.
  4. Komunitas yang menggunakan AndEngine tidak mengecewakan banyak, jadi lebih gampang untuk mencari acuan di komunitas ini.
Selain banyak sekali kelebihan di atas, tertnyata AndEngine juga mempunyai banyak sekali kelemahan. Diantara kelemahan AndEngine yaitu sbb :
  1. Hanya suport game 2D.
  2. Dokumentasi sangat kurang, namun hal ini sanggup diatasi alasannya yaitu banyaknya komunitas Andengine yang siap menjawab pertanyaan anda.
  3. Terkadang masih ditemui bug dalam library ini, jadi jangan heran jikalau kegiatan anda error padahal script anda sudah benar. Tai jangan khawatir, selama pengalaman aku bug selalu ada solusinya koq… ^^
Untuk situs remi andengine bisa anda kunjungi di http://www.andengine.org/.
Berhubung jam laptop telah menawarkan angka 23.33, mungkin aku cukupkan artikel aku kali ini, untuk cara install dan cara menggunakan Andengine mungkin akan aku bahas pada artikel selanjutnya. Mohon maaf jikalau terdapat kesalahan kata. Monggo silahkan komen jikalau ada pertanyaan atau request artikel selanjutnya. Terus berkarya..!!! Sekian, terima kasih ^^


Sumber http://duniadigit.blogspot.com/