Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Artikel Ilmiah Popular Yang Baik Dan Benar


Artikel ilmiah popular yaitu termasuk dari salah satu banyak sekali macam jenis karya tulis atau karya ilmiah. Artikel ilmiah ini pada umumnya dihargai dengan memakai 2 angka kredit. Akan tetapi, artikel ilmiah tersebut sebaiknya memenuhi kriteria tulsian ilmiah untuk pengembangan profesi guru. 

Guru juga bisa menentukan jenis goresan pena atau artikel tersebut sebagai karya tulis di dalam rangka untuk memenuhi angka kredit dari unsur acara pengembangan profesi. Akan tetapi karya ilmiah ini tidak hanya sekedar untuk ditulis hingga bisa menjadi dokumen pribadi. Akan tetapi harus disebarkan dengan melalui media massa. 

Sebaiknya juga dikirim dan dimuat dalam surat kabar atau majalah, tabloid, jurnal dan lain lainnya. Koran artikel potongan yang dimuat pada media cetak menjadi bukti fisik pada ketika mengajukan materi kenaikan pangkat dari seorang guru. Kegiatan menulis ilmiah atau karya ilmiah telah menjadi suatu kewajiban bagi guru.

Jika seorang guru ingin menaikan pangkat/golongan menuju tingkat yang lebih tinggi, guru sebaiknya mengumpulkan angka kredit tertentu dari acara pengembangan profesi. Guru yang tidak melaksanakan acara pengembangan profesi tersebut, menciptakan tulisan/karya tulis ilmiah bisa menjadi suatu duduk kasus kenaikan pangkat menuju tingkat yang selanjutnya. 

Biasanya, tidak disebabkan lantaran tidak mau melaksanakan acara pengembangan profesi, akan tetapi disebabkan oleh hambatan kemampuan menulis ilmiah. Bagi yang mempunyai profesi sebagai seorang guru yang ingin mencoba karya tulis ilmiah kategori goresan pena ilmiah popular. Berikut ini yakni 8 cara membuat artikel ilmiah yang perlu anda lakukan:
1. Memilih tema tulisan
Cara menciptakan artikel ilmiah pertama anda harus menentukan tema tulisan. Tema goresan pena merupakan pokok pembahasan pada sebuah artikel. Pilihlah tema yang gampang dan sudah anda kuasai. Contohnya seperti, motivasi berguru siswa, metode mengajar, prestasi berguru siswa, taktik dan lain sebagainya.

2. Menulis dengan kerangka
Sebaiknya anda terbisa sebelum menulis terlebih dahulu menciptakan kerangka tulisan. Anda harus menyiapkan kumpulan kalimat penting dengan garis besar atau menyiapkan hal-hal apa saja yang hendak ditulis. Contohnya, tema artikel prestasi belajar.

Dengan demikian poin-poin yang dibentuk menjadi kerangka artikel yaitu : menyerupai apa prestasi berguru siswa? Mengapa prestasi berguru siswa tersebut bisa menurun? Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa memperdalam lagi dari tiga kalimat kerangka yang telah disediakan tersebut.

3. Membuat paragraf pembuka dengan baik
Kalimat yang ada di paragaf pembuka, mempunyai tugas yang sangat penting di dalam sebuah artikel. Tujuannya yaitu untuk menarik perhatian calon pembeli. Sama halnya dengan fungsi dari paragraf pembuka dalam sebuah artikel ilmiah.

4. Menuliskan gagasan pokok secara jelas
Tulisan ilmiah popular hanya berkisar antara 2,5 hingga dengan 3,5 halaman. Maka dari itu tuliskanlah gagasan pokok goresan pena pada pecahan awal paragraf. Dengan begitu para pembaca bisa menangkap apa yang akan disampaikan oleh para penulis.

5. Memberikan ilustrasi yang wajar
Apabila pada sebuah blog, ilustrasi yang menarik diperlihatkan berupa gambar maupun dengan foto yang bisa menjadi pendukung ulasan pada artikel postingan.

Akan tetapi dalam goresan pena ilmiah popular, banyak sekali ilustrasi diperlihatkan pada rangkaian kalimat dalam paragraf. Ilustrasi yang dibentuk sebaiknya juga yang masuk akal dan juga logis atau masuk akal.

6. Mempelajari cara dan gaya penulisan
Cara menciptakan artikel ilmiah juga harus mengerti cara menentukan tema, judul artikel dan juga gaya penulisan. Dan sebagai panduan bagi penulis yaitu media cetak mana yang kita pilih di dalam mengirim sebuah tulisan.

Setiap media cetak itu mempunyai cara serta gaya penyajian yang berbeda. Dengan demikian anda harus mempelajari cara dan gaya penulisan media yang akan anda tuju.

7. Menutup artikel dengan paragraf yang kuat
Dalam menciptakan artikel tutuplah dengan paragraph yang kuat. Dalam hal ini anda bisa memakai kalimat yang berupa sebuah kesimpulan dari pembahasan artikel anda itu.

8. Menyunting artikel dengan seksama
Langkah selanjutnya menyunting artikel yang telah berhasil dibuat. Periksa lagi kata keseluruhannya, periksa juga kalimat dan paragraf yang ada. Begitu juga dengan ejaan dan tanda baca. Dengan disunting, artikel akan berkualitas dan juga yummy dibaca.
Sumber : https://www.sahabatartikel.com

===============================================

Selain informasi diatas mengenai cara menciptakan artikel ilmiah,pada ketika acara KKG SD GUGUS II "SARANTANG SARUNTUNG "kami diberi materi cara menciptakan artikel populir juga,yang pribadi sebagai pematerinya yakni bapak Muhammad Yusuf, S.Pd.SD (Ketua KKG) yang sudah ikut training cara menciptakan artikel ini yaitu mengenai “TEKNIK PEMBUATAN ARTIKEL”
Untuk file bisa download

Demikian informasi perihal cara menciptakan artikel ilmiah dan agar bermanfaat bagi guru semua